Langsung ke konten utama

Cara Menjadikan Blackberry Sebagai Modem

Anda yang saat ini sedang menggunakan blackberry, pasti sempat bertanya dalam hati “kira kira blackberry gue bisa gak yah gue jadiin modem”. Blackberry, atau smartphone lainnya seperti nokia, samsung, siemens, dan ponsel lainnya, pada dasarnya adalah bisa digunakan sebagai sarana akses ke internet. Asalkan di fitur ponsel tersebut sudah mendukung fasilitas browser atau koneksi internet minimal GPRS. Untuk menjadikan BlackBerry sebagai modem caranya sangat mudah tinggal setting BlackBerry dan ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini untuk menjadikan BlackBerry sebagai modem untuk internetan.

1. Anda harus menjalankan BlackBery Desktop Manager, lalu hubungkan komputer/laptop anda dengan BlackBerry melalui kabel data yang tersedia. BlackBery Desktop Manager bisa didapat dari CD yang menyertai pembelian BlackBerry Asli, atau dapat didownload di website BlackBerry.

2. Buka Control Panel pada windows, pilih Phone and Modem Options.

3. Pada kotak Phone and Modem Options, klik tab Modem

4. Klik pada Standart Modem – COMxx. Jika anda pernah menginstal modem lain, maka pada The following modems are installed, bisa jadi tidak hanya berisi 1 modem Standart Modem. Kode COMxx adalah menerangkan nomor port COM USB yang menjadi target hubungan antara komputer/laptop dengan BlackBerry anda. Jika anda telah mencolokkan kabel data hubungan tersebut pada salah satu colokan USB pada komputer/laptop anda, maka selanjutnya penggunaan modem Blackberry hanya bisa dilakukan pada colokan USB saat anda menginstal.

5. Klik tombol Properties.

6. Pada kotak dialog Standart Modem Properties yang baru muncul, klik tab Diagnostics.

7. Klik Query Modem

8. Perhatikan informasi yang muncul, jika BlackBerry anda terhubung dengan baik, maka akan muncul informasi ATxx – Research In Motion BlackBerry IP Modem. Jika anda telah menginstal banyak modem, maka informasi yang muncul pun akan banyak sesuai modem yang telah terinstal. Pastikan bahwa Research In Motion BlackBerry IP Modem ada dalam informasi tersebut.

9. Masih pada kotak dialog yang sama, klik tab Advanced. Lalu pada Extra initialization commands, tuliskan kode berikut sesuai dengan kartu provider :untuk Telkomsel :
at+cgdcont=1,”IP”,”telkomsel”untuk XL :
at+cgdcont=1,”IP”,”www.xlgprs.net”
untuk Indosat :
at+cgdcont=1,”IP”,”indosatgprs”
untuk AXIS/IM3/Smart/Esia/dll :
….. belom kuketahui

10. Klik OK

Koneksi ke Internet via BlackBerry di komputer/laptop :
– Buka Control Panel, pilih Network Connection
– Klik Create a new connection
– Pada kotak dialog New Connection Wizard, pilih Connect to Internet
– Klik Next
– Pilih Set up my connection manually
– Klik Next
– Pilih Connect using a dial up modem
– Klik Next
– Pilih modem sesuai dengan settingan awal (diatas) tadi yaitu Standart Modem
– Klik Next
– Tulis untuk nama ISP (ISP Name), misalnya : My BlackBerry Modem
– Klik Next
– Isikan Phone Number dengan nomor *99# atau *99***1#
– Klik Next
– Untuk Username dan Passwoord tidak perlu diisikan.
– Klik Next
– Klik Finish
– Pada Control Panel – Network Connection, icon My BlackBerry Modem (sesuai nama yang anda berikan) bisa dipindahkan atau di-send ke desktop, agar gampang ketika menggunakannya.

Cara Menjalankan BlackBerry sebagai modem
– Jalankan BlackBerry Desktop Manager
– Hubungkan BlackBerry ke komputer/laptop
– Klik icon My Blackberry Modem yang anda buat tadi
– Klik Dial

Oh yah, perlu di ingat bahwa hampir sebagian operator di indonesia, jika anda sudah berlangganan paket blackberry full service ketika anda menggunakan blackberry sebagai modem, anda masih akan tetap dikenakan tarif sesuai dengan hitungan volume. Alias anda akan dikenakan biaya jika menggunakannya sebagai modem, karena disini apn blackberry berbeda dengan apn operator.

Nah, bagaimana? Sudah siap untuk menjadikan blackberry anda sebagai modem?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir

Pernah mengalami pada saat transaksi, saat genting-gentingnya, eh aplikasi perbankan kena blokir karena salah memasukkan PIN ? Ini saya seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu tengah malam saat mau melakukan pembayaran atas suatu invoice. Duh, rasanya pasti males banget kalau harus ngantri ke bank esok harinya kan? Nah, untung saja kejadian ini gak perlu saya harus ngantre ke bank hanya gara-gara reset PIN atas PIN yang terblokir pada malam hari saat kejadian tersebut.  Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari informasi yang saya dapat melalui layar smartphone saya. Kebetulan pada saat kejadian, ada notif yang disarankan oleh aplikasi perbankan dari Bank Permata yang saya gunakan yaitu PermataMobile X untuk menghubungi PermataTel di nomor 1500111. Langsung seketika itu juga saya menghubungi layanan PermataTel di 1500111. Beberapa hal atau step-step Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir Menghubungi PermataTel di nomor 1500111 Setelah tersambung, pilih layanan perban

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.