Langsung ke konten utama

Mengenal QUADCOPTER ‘Helikopter’ Dengan Empat Rotor

QuadcopterBagi yang hobi dengan serba-serbi penerbangan mungkin sudah tidak asing lagi dengan Quadcopter.  Apalagi kini Quadcopter banyak digunakan oleh fotografer-fotografer profesional untuk mengambil gambar dari udara atau para awak media yang  juga memilih Quadcopter agar dapat mengambil gambar sebuah peristiwa secara keseluruhan. Seperti saat ada demonstrasi atau kampanye pemilihan presiden beberapa waktu lalu. Banyak awak media yang menggunakan quadcopter sehingga semua sudut dapat terlihat dengan jelas tanpa perlu susah payah.

Apa itu Quadcopter? Quadcopter adalah pengembangan dari helicopter yang memiliki sebuah rotor.  Quadcopter juga biasa disebut dengan quadrator atau quadrotor. Quadcopter seperti helicopter multirotor yang diangkat dan didorong oleh empat rotor.  Diklasifikasikan sebagai pesawat rotor karena tidak bersayap tapi bias terangkat oleh satu set rotor atau baling-baling yang bergerak vertical.

Teknologi yang digunakan dalam quadcopter ini merupakan sinkronisasi antara keempat rotor dengan rotor depan dan belakang berputar searah jarum jam sedangkan rotor sebelah kanan dan kiri bergerak melawan arah jarum jam.

Ada juga yang menyebut quadcopter sebagai penjelajah udara atau Unmanned Aerial vehicle (UAV) dan termasuk kategori UAV mikro. Saat ini quadcopter sudah banyak digunakan oleh beberapa lembaga atau instansi untuk berbagai keperluan.

Quadcopter juga dilengkapi dengan sensor GPS yang digunakan untuk navigasi, sensor Inertial Measurement Unit (IMU) untuk menghitung kecepatan serta arah pergerakan serta sensor ultra sonic untuk mendeteksi keberadaan benda yang berada di dekatnya.

Quadcopter adalah robot penjelajah udara Unmanned Aerial Vehicle (UAV) yang termasuk kategori UAV micro dan banyak digunakan oleh beberapa lembaga atau instansi. Robot quadcopter merupakan UAV yang memiliki ciri khusus yang mudah dikenali yaitu memiliki empat buah baling-baling motor yang digunakan sebagai penggeraknya.

Apa saja kemampuan quadcopter?

  • Bentuknya yang kecil membuat quadcopter dapat bergerak bebas di tempat-tempat sulit
  • Dapat terbang secara vertical sehingga tidak perlu landasan pacu untuk dapat terbang
  • Dapat manuver dengan mudah mengikuti delapan arah mata angin tanpa perlu memutar terlebih dulu
  • Baling-baling yang kecil sehingga dapat berada pada jarak dekat dengan objek
  • Dapat mengangkat muatan dengan baik tanpa mengganggu keseimbangannya seperti membawa kamera saat mengambil barang dari udara.
  • Quadcopter sering digunakan sebagai model amatir untuk proyek pembuatan pesawat karena kemudahan konstruksi dan kontrol.

Apa saja kekurangan quadcopter?

  • Hanya dapat terbang dalam jangka waktu pendek saja disbanding dengan UAV lainnya karena kapasitas baterai yang tebatas
  • Tidak dapat memuat banyak muatan karena akan mempengaruhi kecepatan terbang juga.

Jadi lebih tau khan sekarang!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Ticket KA Melalui Indomaret

Sejak kemunculan layanan online, PT. KAI terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat terutama pengguna setia jasa kereta api di Indonesia. Salah satunya dengan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre 121 yang bisa dihubungi selama 24 jam penuh. Reservasi ticket melalui contact centre ini memang sudah lama diperkenalkan dan dirilis oleh PT. KAI. Sekarang calon penumpang dengan mudah bisa mendapatkan ticket kereta api tanpa antri hanya dengan menghubungi 121. Setelah calon penumpang melakukan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre kereta api 121. Calon penumpang akan mendapatkan kode booking, kode pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan. Calon penumpang bisa melakukan pembayaran melalui atm atau transfer bank yang ditunjuk. Saat ini sudah hampir semua pembayaran dari bank mana saja bisa dilakukan. Kalau pas lagi gak ada saldo di atm, atau di rekening kita, sekarang ada cara baru lho melakukan pembayaran ticket online kereta api. Yaitu dengan d

IDTicket Pusat Reservasi Ticket Online Dengan Harga Termurah

Mau liburan bingung belum dapat ticket? Mau bepergian tetapi sibuk dengan pekerjaan yang sedang dihadapi? Semua tidak akan terjadi jika anda mempercayakan semua ini kepada IDTicket. IDTicket berdiri sebagai sebuah pusat pelayanan pemesanan ticket pesawat dan kereta api di Indonesia. IDTicket bekerjasama dengan beberapa maskapai penerbangan dan juga PT. KAI. Sebagai salah satu pusat pelayanan pemesanan ticket online, IDTicket hingga saat ini terus memberikan pelayanan terbaik dalam menyediakan ticket sesuai dengan pesanan pelanggan. Mulai dari ticket pesawat ataupun kereta bisa dipesan jauh – jauh hari dari tanggal keberangkatan. Untuk melakukan pemesanan ticket di IDTicket, pelanggan bisa menghubungi layanan customer service yang akan selalu stand by selama 24 jam penuh dalam melayani pemesanan ticket pesawat atau kereta secara online. Untuk layanan pemesanan ticket dilayani IDticket melalui beberapa channel, salah satunya adalah melalui twitter di @IDTicket , selain itu IDTicket juga