Langsung ke konten utama

Tetap Hangat, Tetap Dingin Dengan Tumbler

tumblerGelas tumbler memang paling efektif dan efisien untuk membawa minuman panas atau dingin saat bepergian. Tumbler dirancang mirip dengan cara kerja termos yang dapat mempertahankan suhu air di dalamnya tetap sama dalam waktu yang lama. Jika termos biasanya digunakan untuk air panas, gelas tumbler juga sering digunakan untuk menyimpan air dingin.  Bentuknya yang seperti gelas, tutup yang rapat menempel dan mudah dibawa menjadikan tumbler populer digunakan oleh remaja, anak-anak atau pekerja kantor.

Gelas tumbler memiliki ukuran beragam dari yang ukuran 12oz – 20 oz (0.35 – 0.95 ltr).  Kebanyakan bentuknya seperti gelas biasa hanya lebih tinggi dan tutup yang  menekan rapat seperti alat vakum. Sistem kerja tutup gelas ini pun sama dengan termos yaitu mencegah udara masuk ke dalam gelas agar tidak mempengaruhi temperature air di dalamnya. 

Sebenarnya gelas tumbler dulunya tidak seperti tumbler yang kita kenal sekarang.  Beberapa sumber mengatakan kalau gelas tumbler itu adalah gelas dengan permukaan yang tidak datar dan sedikit melengkung. Jadi gelas ini harus selalu dipegang karena akan jatuh jika disimpan di meja.

Saat itu pembuat gelas seperti ini mengatakan kalau ini adalah kesalahan rancangan saja. Tapi ada juga yang bilang gelas ini sengaja dibuat seperti itu agar mereka yang minum bir dengan gelas ini akan terus memesan minuman agar tidak jatuh saat disimpan di meja.

Setelah abad 17 itu, diciptakan gelas dengan permukaan datar dan mudah ditaruh di meja tanpa khawatir jatuh. Muncullah istilah ‘tumble’ atau jatuh. Jadi gelas ini diciptakan agar tidak ‘tumble’. Seiiring waktu tumbler kini lebih menyerupai gelas termos.

Berikut ini ada cara perawatan tumbler agar tetap dapat menahan air tetap hangat atau dingin :

  1. Cuci bersih dulu gelas tumbler setelah membeli. Walaupun berada dalam kemasan tertutup, sebaiknya tetap dicuci untuk menjamin kebersihannya
  2. Untuk menghilangkan aroma tidak sedap yang berasa dari sisa minuman, bisa dicuci dengan air perasan lemon, rendam dengan air panas beberapa menit lalu bilas kembali.
  3. Untuk menghilangkan bekas kerak bisa dilakukan dengan cara yang sama yaitu menggunakan air perasan lemon. Gosok perlahan dengan busa, jangan sampai lapisannya tergores.
  4. Bersihkan tutup gelas dengan benar, jangan hanya bagian luarnya saja. Ada beberapa karet tutup tumbler yang dapat dilepas. Cuci dengan bersih hingga tidak ada sisa minuman. Sisa yang tertinggal akan menimbulkan aroma tidak sedap.
  5. Periksa juga pegangan tumbler. Ada kalanya pegangan tidak tertempel dengan kuat dah mudah terlepas.
  6. Bersihkan sedotan (jika ada) setiap kali digunakan. Bisa juga direndam dengan panas agar sisa-sisa minuman di dalamnya terlepas dan hilang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir

Pernah mengalami pada saat transaksi, saat genting-gentingnya, eh aplikasi perbankan kena blokir karena salah memasukkan PIN ? Ini saya seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu tengah malam saat mau melakukan pembayaran atas suatu invoice. Duh, rasanya pasti males banget kalau harus ngantri ke bank esok harinya kan? Nah, untung saja kejadian ini gak perlu saya harus ngantre ke bank hanya gara-gara reset PIN atas PIN yang terblokir pada malam hari saat kejadian tersebut.  Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari informasi yang saya dapat melalui layar smartphone saya. Kebetulan pada saat kejadian, ada notif yang disarankan oleh aplikasi perbankan dari Bank Permata yang saya gunakan yaitu PermataMobile X untuk menghubungi PermataTel di nomor 1500111. Langsung seketika itu juga saya menghubungi layanan PermataTel di 1500111. Beberapa hal atau step-step Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir Menghubungi PermataTel di nomor 1500111 Setelah tersambung, pilih layanan perban

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.