Langsung ke konten utama

Tetap Hangat, Tetap Dingin Dengan Tumbler

tumblerGelas tumbler memang paling efektif dan efisien untuk membawa minuman panas atau dingin saat bepergian. Tumbler dirancang mirip dengan cara kerja termos yang dapat mempertahankan suhu air di dalamnya tetap sama dalam waktu yang lama. Jika termos biasanya digunakan untuk air panas, gelas tumbler juga sering digunakan untuk menyimpan air dingin.  Bentuknya yang seperti gelas, tutup yang rapat menempel dan mudah dibawa menjadikan tumbler populer digunakan oleh remaja, anak-anak atau pekerja kantor.

Gelas tumbler memiliki ukuran beragam dari yang ukuran 12oz – 20 oz (0.35 – 0.95 ltr).  Kebanyakan bentuknya seperti gelas biasa hanya lebih tinggi dan tutup yang  menekan rapat seperti alat vakum. Sistem kerja tutup gelas ini pun sama dengan termos yaitu mencegah udara masuk ke dalam gelas agar tidak mempengaruhi temperature air di dalamnya. 

Sebenarnya gelas tumbler dulunya tidak seperti tumbler yang kita kenal sekarang.  Beberapa sumber mengatakan kalau gelas tumbler itu adalah gelas dengan permukaan yang tidak datar dan sedikit melengkung. Jadi gelas ini harus selalu dipegang karena akan jatuh jika disimpan di meja.

Saat itu pembuat gelas seperti ini mengatakan kalau ini adalah kesalahan rancangan saja. Tapi ada juga yang bilang gelas ini sengaja dibuat seperti itu agar mereka yang minum bir dengan gelas ini akan terus memesan minuman agar tidak jatuh saat disimpan di meja.

Setelah abad 17 itu, diciptakan gelas dengan permukaan datar dan mudah ditaruh di meja tanpa khawatir jatuh. Muncullah istilah ‘tumble’ atau jatuh. Jadi gelas ini diciptakan agar tidak ‘tumble’. Seiiring waktu tumbler kini lebih menyerupai gelas termos.

Berikut ini ada cara perawatan tumbler agar tetap dapat menahan air tetap hangat atau dingin :

  1. Cuci bersih dulu gelas tumbler setelah membeli. Walaupun berada dalam kemasan tertutup, sebaiknya tetap dicuci untuk menjamin kebersihannya
  2. Untuk menghilangkan aroma tidak sedap yang berasa dari sisa minuman, bisa dicuci dengan air perasan lemon, rendam dengan air panas beberapa menit lalu bilas kembali.
  3. Untuk menghilangkan bekas kerak bisa dilakukan dengan cara yang sama yaitu menggunakan air perasan lemon. Gosok perlahan dengan busa, jangan sampai lapisannya tergores.
  4. Bersihkan tutup gelas dengan benar, jangan hanya bagian luarnya saja. Ada beberapa karet tutup tumbler yang dapat dilepas. Cuci dengan bersih hingga tidak ada sisa minuman. Sisa yang tertinggal akan menimbulkan aroma tidak sedap.
  5. Periksa juga pegangan tumbler. Ada kalanya pegangan tidak tertempel dengan kuat dah mudah terlepas.
  6. Bersihkan sedotan (jika ada) setiap kali digunakan. Bisa juga direndam dengan panas agar sisa-sisa minuman di dalamnya terlepas dan hilang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan "user ID Anda telah terhubung dengan device lain"
Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email.
Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama.
Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata:

1.Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X.Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah.Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”.Jawab “TIDAK” pada pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID Permata…

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Ticket KA Melalui Indomaret

Sejak kemunculan layanan online, PT. KAI terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat terutama pengguna setia jasa kereta api di Indonesia. Salah satunya dengan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre 121 yang bisa dihubungi selama 24 jam penuh. Reservasi ticket melalui contact centre ini memang sudah lama diperkenalkan dan dirilis oleh PT. KAI. Sekarang calon penumpang dengan mudah bisa mendapatkan ticket kereta api tanpa antri hanya dengan menghubungi 121.Setelah calon penumpang melakukan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre kereta api 121. Calon penumpang akan mendapatkan kode booking, kode pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan. Calon penumpang bisa melakukan pembayaran melalui atm atau transfer bank yang ditunjuk. Saat ini sudah hampir semua pembayaran dari bank mana saja bisa dilakukan.Kalau pas lagi gak ada saldo di atm, atau di rekening kita, sekarang ada cara baru lho melakukan pembayaran ticket online kereta api. Yaitu dengan da…

Bocoran Daihatsu Ayla Terbaru 2020

Sepekan terakhir kabar kehadiran Daihatsu Ayla Facelift makin santer saja. Kabar ini pun juga diikuti dengan kembarannya yaitu Toyota Agya. Dan dikabarkan Daihatsu Ayla Facelift Terbaru 2020 ini rencananya akan dijual mulai bulan Maret ini.
Sejak kehadirannya beberapa tahun silam, Daihatsu Ayla sudah mengalami beberapa ubahan. Dan ubahan demi ubahan ada punya banyak perubahan diberbagai sektor.
Berikut beberapa photo-photo Daihatsu Ayla Terbaru 2020 yang terposting diakun @Indra_Fathan





Mulai dari fender depan, samping, dan belakang ada sedikit ubahan yang terlihat dari sisi eksterior. Velg yang digunakan pun mengikuti Sigra maupun Calya terbaru dengan dual tone yang terlihat makin tajam.
Apakah mesin yang digunakan masih menggunakan 1.000 cc dan 1.200 cc? Kubikasi lengkap belum diumumkan secara resmi, tapi melihat dari spesifikasi di LCGC masih akan menggunakan kapasitas mesin yang di angka tersebut.
Kita tunggu saja update berikutnya.