Langsung ke konten utama

Penyebab dan Cara Mengatasi Diare pada Anak

Diare adalah masalah kesehatan yang sering dialami anak-anak. Kalau tidak segera diatasi, akan berbahaya bagi anak. Oleh karena itu para orang tua perlu tahu bagaimana ciri, penyebab serta mengatasi diare pada anak.

Diare merupakan kondisi yang ditandai dengan encernya tinja yang dikeluarkan dengan frekuensi buang air besar (BAB) yang lebih sering dibandingkan dengan biasanya. Pada umumnya, diare terjadi akibat mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit. Biasanya diare hanya berlangsung beberapa hari, namun pada sebagian kasus bisa saj terjadi hingga berminggu-minggu.

Pada anak-anak, gejala diare biasanya akan hilang dalam waktu 5-7 hari atau di bawah dua minggu. Melawan infeksi penyebab diare secara alami yaitu dari sistem kekebalan tubuh manusia. Meskipun dapat dilawan denga sistem kekebalan tubuh, tetapi diare biasanya berlangsung sangat lama dan butuh pengobatan dari luar tubuh.

Diare pada anak bisa disebabkan karena beberapa hal, antara lain:

  • Infeksi parasit, bakteri, atau virus. Bayi dan balita yang menyentuh benda tidak bersih akan rentan terinfeksi karena sering memasukkan tangannya yang kotor ke dalam mulut. Karena anak sedang dalam tahap berkembang akan membuatnya lebih rentan terkena penyakit.
  • Keracunan makanan.
  • Terlalu banyak mengonsumsi jus buah.
  • Alergi dengan obat-obatan tertentu.
  • Alergi dengan makanan tertentu.

Cara  mengatasi diare adalah:

  • Rehidrasi: kamu bisa mengganti cairan yang hilang dengan minum ataupun infus, tetapi infus hanya dilakuakn pada kasus dehidrasi yang berat.
  • Berikan porsi makanan kepada anak minimal memenuhi kebutuhan si kecil: jangan sampai anak tidak makan dan minum, berikan ASI dan berikan makanan lanjutan agar dia tidak sakit.
  • Berikan obat diare kepada anak seminimal mungkin. Berikan obat dengan menggunakan bahan alami terhadap anak, karena pemberian obat antidiari atau antibiotik dapat menyebabkan diare kronik.

Cara mengatasi diare pada anak dengan mengobati menggunakan bahan dasar alami:

  • Membuatkan larutan gula dan garam.

Dengan melarutkan gula dan garam atau biasa disebut larutan oralit, dimana larutan ini digunakan untuk menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh anak. Larutan ini dapat menggantikan cairan yang keluar dari tubuh anak secara cepat. Cara membuat larutan oralit ini anda cukup dengan sediakan air hangat dengan cara mencampurkan gula dan garam secukupnya, sebaiknya berikan tambahan gula lebih banyak daripada garam agar si kecil mau meminumnya.

  • Memberikan daun jambu biji muda

Salah satu bahan alami yang digunakan untuk meredakan gejala diare yang dialami anak  yaitu Daun jambu biji muda. Daun jambu biji langsung dimakan begitu saja, bisa juga dengan memberikannya buah jambu biji muda yang masih sebesar kelereng.

  • Membuatkan Jamu kunyit

Bahan alami yang dapat menyembuhkan diare pada anak yaitu dengan membuatkan jamu kunyit. Cara membuat jamu kunyit ini anda cukup menyediakan sari kunyit dengan campuran air dan gula agar balita anda suka dengan minuman ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Ticket KA Melalui Indomaret

Sejak kemunculan layanan online, PT. KAI terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat terutama pengguna setia jasa kereta api di Indonesia. Salah satunya dengan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre 121 yang bisa dihubungi selama 24 jam penuh. Reservasi ticket melalui contact centre ini memang sudah lama diperkenalkan dan dirilis oleh PT. KAI. Sekarang calon penumpang dengan mudah bisa mendapatkan ticket kereta api tanpa antri hanya dengan menghubungi 121.Setelah calon penumpang melakukan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre kereta api 121. Calon penumpang akan mendapatkan kode booking, kode pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan. Calon penumpang bisa melakukan pembayaran melalui atm atau transfer bank yang ditunjuk. Saat ini sudah hampir semua pembayaran dari bank mana saja bisa dilakukan.Kalau pas lagi gak ada saldo di atm, atau di rekening kita, sekarang ada cara baru lho melakukan pembayaran ticket online kereta api. Yaitu dengan da…

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan "user ID Anda telah terhubung dengan device lain"
Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email.
Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama.
Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata:

1.Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X.Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah.Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”.Jawab “TIDAK” pada pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID Permata…

Bocoran Daihatsu Ayla Terbaru 2020

Sepekan terakhir kabar kehadiran Daihatsu Ayla Facelift makin santer saja. Kabar ini pun juga diikuti dengan kembarannya yaitu Toyota Agya. Dan dikabarkan Daihatsu Ayla Facelift Terbaru 2020 ini rencananya akan dijual mulai bulan Maret ini.
Sejak kehadirannya beberapa tahun silam, Daihatsu Ayla sudah mengalami beberapa ubahan. Dan ubahan demi ubahan ada punya banyak perubahan diberbagai sektor.
Berikut beberapa photo-photo Daihatsu Ayla Terbaru 2020 yang terposting diakun @Indra_Fathan





Mulai dari fender depan, samping, dan belakang ada sedikit ubahan yang terlihat dari sisi eksterior. Velg yang digunakan pun mengikuti Sigra maupun Calya terbaru dengan dual tone yang terlihat makin tajam.
Apakah mesin yang digunakan masih menggunakan 1.000 cc dan 1.200 cc? Kubikasi lengkap belum diumumkan secara resmi, tapi melihat dari spesifikasi di LCGC masih akan menggunakan kapasitas mesin yang di angka tersebut.
Kita tunggu saja update berikutnya.