Langsung ke konten utama

Edit Video Lebih Mudah Dengan Asus X555QA, Laptop Dengan Layar Besar Tapi Bobot Ringan

Beberapa waktu lalu ASUS merilis laptop terbarunya ke Indonesia. ASUS memboyong salah satu dari 4 laptop terbaru yang menggandeng AMD, notebook ini salah satunya adalah ASUS X555QA.

Kerjasama antara ASUS dan AMD ini menambah deretan notebook ASUS yang dipersenjatai dengan processor AMD dengan harga terjangkau dan kemampuan yang bisa diandalkan.

Asus X555QA

Desain

Untuk urusan soal Desain ASUS X555QA sebetulnya tidak ada yang istimewa. Desain yang diusung masih serupa dengan kebanyakan produk laptop ASUS seri X. Desainnya masih terlihat mewah dan cukup memuaskan.

Bahan-bahan yang digunakan di Asus X555QA ini menggunakan material plastik finishing desainnya sangat bagus dan terlihat kokoh. ASUS memberikan desain metal brush pada setiap bagian laptop ini, baik di lapisan luar layar serta bagian dalam pada penampang keyboard.

Asus X555QA

Asus X555QA

Layar dan Berat

Kemudian dari sisi layar, ASUS X555QA ini memiliki ukuran layar 15,6 inci serta terdapat optical disc drive tentu membuat laptop ini lebar dan tebal. Namun ada lebihnya, ASUS tampak berhasil memangkasnya sehingga bobotnya cukup ringan. Dengan dimensi 328 x 256 x 25,8 mm bobotnya hanya 2,3kg.

Asus X555QA

ASUS menyertakan keyboard yang lengkap dengan tombol numpad di bagian kanan. Tak hanya itu saja tersedia ruang yang cukup luas untuk penampang tangan serta trackpad ASUS X555QA cukup nyaman untuk mengetik.

Asus X555QA

Asus X555QA

Asus X555QA

Asus X555QA

Fitur

Berbekal panel layar LCD dengan ukuran 15,6 inci, ASUS X555QA dibekali resolusi layar 1366 x 768. Selama penggunaannya untuk harian, layarnya sangat nyaman dengan kualitas warna yang cerah.

Seperti yang sudah saya ulas diatas, ASUS berhasil memangkas bobot dari X555QA menjadi cukup ringan untuk digenggam dengan satu tangan, tanpa menghilangkan beberapa fitur tambahan yang ada di tiap sisi laptop ini.

Asus X555QA

Asus X555QA memiliki beberapa port yang cukup lengkap. Port yang dimiliki ASUS X5555QA sangat lengkap, mulai dari LAN, 1 port USB  2.0, 2 port USB 3.0, HDMI, VGA, dan lubang card reader yang mendukung jenis kartu memori SD, SDXC, dan SDHC. Satu lagi yang melengkapi fitur notebook ASUS X555QA ini adalah hadirnya optical disk drive berupa super multi DVD yang turut disematkan.

Konektivitas

Untuk konektivitasnya sendiri, ASUS X555QA juga dibekali builtin Bluetooth 4.0 yang mendukung proses transfer data jauh lebih cepat dan juga koneksi Wi-FI Intergrated 802.11 AC dan 902.11 b/g/n.

Entertainment/Sound

Dari sisi audio ASUS membenamkan Fitur SonicMaster. Kualitas suara yang dihasilkan cukup jernih dan bulat alias tidak pecah saat volume dimaksimalkan. Untuk memutar suara baik dari file maupun audio maupun video streaming, hasil suaranya sangat memuaskan.

Asus X555QA

Performa

Menjalin kerja sama dengan AMD, ASUS X555QA hadir dengan prosesor seri A. Prosesor yang digunakaan di laptop ini adalah AMD A10-9620P dengan kartu grafis terintegrasi AMD Radeon R5 430. Prosesor ini bukan tergolong yang terjuat di jajaran produk AMD.

RAM dan Storage

Kapasitas RAM yang disediakan sebesar 4GB dan 8GB, tapi yang saya lakukan pengujian kali ini adalah ASUS X555QA dengan RAM 4GB. Untuk kapasitas penytimpanannya sendiri sebesar 1TB dengan jenis perangkat HDD.

Kapasitas RAM yang tersedia memang sesuai dengan harga. Ruang penyimpanan 1TB adalah nilai lebih yang bagi sebuah laptop yang digolongkan sebagai laptop harga terjangkau.

Video/Grafis

Untuk kartu grafisnya, sangat disayangkan laptop ini hanya dibekali dengan kartu grafis terintegrasi AMD Radeon R5 430 dengan video RAM 2GB.

Untuk kebutuhan rendering foto atau video, dengan software Cinebench laptop ASUS  X555QA mampu melakukan proses rendering cukup baik dan masih bisa ditoleransi.

Teknologi ICE Cool

Palm Rest dan Area Pengetikan Tetap Dingin dengan adanya Teknologi ICE Cool yang ditanamkan di laptop Asus X555QA ini. Jadi udah ga khawatir lagi over head karena kelamaan online.

Baterai

ASUS mengklaim X555QA mampu bertahan hingga 10 jam. Berdasarkan pengujian menggunakan software PC Mark laptop ini hanya mampu bertahan untuk pemakaian selama 2 jam 18 menit. Berdasarkan penggunaan langsung, ASUS X555QA juga tidak mampu bertahan hingga 5 jam.

Edit Video/Render Video Hasil Vlog

Untuk kebutuhan sebagai Vloger ataupun Youtuber, laptop ini setidaknya sudah bisa diajak untuk mengedit sekaligus mengunggahnya ke Youtube. Dengan grafisnya yang cukup bisa diandalkan, Asus X555QA ini bisa jadi teman jalan kemanapun akan digunakan untuk kerja edit video. Ringan dan juga ga ribet.

Kesimpulan
ASUS X555QA memang bukan laptop gaming maupun laptop mainstream superior. Ada dua hal yang patut diperhatikan yakni dari spesifikasi dan harganya. Prosesor yang dipergunakan AMD mampu menyediakan kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan yang cukup bisa diandalkan meski harganya terjangkau.

Kekurangan dari Notebook Asus X555QA ini tidak mampu untuk memainkan game kelas AAA yang kini ramai dirilis. Untuk game lain atau game yang tidak terlalu berfokus pada grafis masih bisa lah ya. Harganya pun bisa dikatakan masih terjangkau sehingga spesifikasi yang diberikan sebanding dengan harganya.

Bagi Anda yang menginginkan laptop dengan layar besar tapi bobot ringan, ASUS X555QA sangat tepat. Selain bisa didapatkan di toko komputer, ASUS X555 juga dijual di Tokopedia. Langsung berburu aja yuk!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK

Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir

Pernah mengalami pada saat transaksi, saat genting-gentingnya, eh aplikasi perbankan kena blokir karena salah memasukkan PIN ? Ini saya seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu tengah malam saat mau melakukan pembayaran atas suatu invoice. Duh, rasanya pasti males banget kalau harus ngantri ke bank esok harinya kan? Nah, untung saja kejadian ini gak perlu saya harus ngantre ke bank hanya gara-gara reset PIN atas PIN yang terblokir pada malam hari saat kejadian tersebut.  Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari informasi yang saya dapat melalui layar smartphone saya. Kebetulan pada saat kejadian, ada notif yang disarankan oleh aplikasi perbankan dari Bank Permata yang saya gunakan yaitu PermataMobile X untuk menghubungi PermataTel di nomor 1500111. Langsung seketika itu juga saya menghubungi layanan PermataTel di 1500111. Beberapa hal atau step-step Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir Menghubungi PermataTel di nomor 1500111 Setelah tersambung, pilih layanan perban

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.