Langsung ke konten utama

Bangun Kreativitas Bangsa di Indigo Digital Music Awards 2011

Indigo Digital Music Awards 2011

Indigo Digital Musik Awards, sebuah Bentuk apresiasi terhadap musik indonesia. Program penghargaan musik karya musisi Indonesia yang di selenggarakan oleh Telkom Group.  Indigo Digital Music Awards 2011 tahun ini adalah masuk tahun ketiga penyelenggaraan.

Penyelenggaraan Indigo Digital Musik Awards 2011 yang diselenggarakan di Jakarta International Expo ini mengusung sebuah slogan “Bangun Kreatifitas Bangsa, Cintai Musik Indonesia”.

Dalam sebuah kesempatan yang diberikan oleh mbak Yeti Sugyati, dari Telkomsel, sehingga saya bisa menghadiri acara yang diselenggarakan di hari kamis malam 24 november 2011 di Jakarta International Expo. Berangkat dari Kantor Pusat Telkomsel yang berlokasi di Wisma Mulia, saya dan mbak yeti berangkat menuju venue penyelenggaraan yang berlokasi di daerah Kemayoran tepat jam 16.30.

Pintu Masuk Off Air Indigo DMA 2011

Selama perjalanan lebih kurang 30 menit, akhirnya saya sampai juga di Jakarta International Expo Kemayoran. Berbagai persiapan sedang di siapkan menuju puncak acara yang pada hari tersebut juga disiarkan oleh Trans TV dan Trans 7.  Kesempatan pertama saya masuk di ruang Off Air, dimana dalam kesempatan tersebut, pra acara Indigo Digital Musik Awards di adakan.

Sedikit oleh – oleh nih, di ruangan yang pertama terdapat beberapa booth yang bisa dikunjungi buat musik mania, atau juga pengunjung Indigo Digital Music Awards. Pada saat pertama kali saya masuk, menemukan deretan booth yang terjajar rapi menghadap ke arah pintu masuk.

Begitu masuk, saya langsung menjumpai booth langitmusik dari Telkomsel. Apa sich langit musik?  Saya sempat datang mampir ke booth langit musik dari Telkomsel. Di booth ini saya mendapatkan informasi lengkap mengenai apa itu langit musik. Dan langit musik sendiri adalah  layanan toko musik digital untuk pelanggan Telkomsel yang bisa diakses oleh pengguna Kartu As, Kartu Halo, dan SimPATI. Buat yang pakai kartu seluler dari Telkomsel, bisa banget buat menikmati berbagai selera musik yang bisa dibeli dan dinikmati secara legal. “All You Can Hit’s” tagline baru langit musik. Dimana dengan hanya mengakses 6161# bisa mendownload lagu lagu artis dari Major Label seperti Pelangi Records, Arka Musik, Sony Music, dan lainnya.

Booth Langit Musik Telkomsel

Langit Musik Telkomsel, salah satu portal download lagu legal, yang dihadirkan oleh Telkomsel untuk mengurangi pembajakan terhadap karya musik anak negeri. Di Portal Musik ini buat yang pakai SimPATI, Kartu As, atau Halo bisa mendapatkan lagu dengan kualitas terbaik secara mudah, resmi dan legal. Untuk akses ke portal langit musik, bisa langsung masuk ke web http://www.langitmusik.com dan juga di 6161# untuk bisa langsung di dapatkan melalui menu di HP dengan mudah.

Di Langit Musik, anak langit bisa mendownload lagu lagu keren seperti lagu Paralyzed dari Agnes Monica, Simpananku dari Govinda, Ajak Aku Pergi dari Supernova.

Masih bingung buat download full track musik pilihan kamu? Jadikan langitmusik, jadi pilihan library musik kamu.

Tidak jauh – jauh dari Booth langit musik telkomsel, verry sempat mampir juga ke booth yang ada di sebelahnya. Dengan nuansa sejuk berwarna hijau, booth yang satu ini boleh untuk dikunjungi. Ayo kira-kira booth apa yang verry kunjungi? Ada yang bisa nebak? Yup, selanjutnya saya sempat mampir ke booth melon. Ada yang mau melon? Wah kalau ngomongin buah yang satu ini, saya juga mau ini. Eitss, tunggu dulu… Melon yang satu ini emang enak kalau buat dimakan, tapi bukan itu yang verry kunjungi. Melon yang satu ini adalah salah satu aplikasi untuk mendengarkan, mengunduh, dan streaming musik digital secara legal.

Booth Melon Di JIExpo

Sempat nanya ke mbak cantik yang ada di Booth Melon ini tentang apa itu Melon? Manis senyumnya membuat saya gak mau berinjak dari booth ini. Melon ini merupakan sebuah fitur atau layanan yang akan memberikan kamu akses terhadap hasil karya musisi kesukaan kamu dengan cara mengunduhnya atau dengan melakukan streaming audio. Setelah terdaftar, jika promo masih berlaku, kita bisa menikmati layanan mereka secara gratis selama dua minggu ( jika kita juga menyertakan data diri berupa nomor handphone ). Setelah dua minggu tersebut, nanti  akan dikenakan tagihan sesuai jenis langganan. Untuk dapat mengakses seluruh musik legal yang ada di MelOn pelanggan cukup mendaftar melalui aplikasi yang ada di perangkat Android dan BlackBerry atau lewat akses SMS dan UMB. Aplikasi melon ini juga memiliki paket khusus bagi pengguna BlackBerry unlimited Telkomsel, melalui layanan yang disebut ‘LangitMusik BlackBerry’. Langit musik BlackBerry adalah layanan yang memungkinkan seluruh pelanggan Telkomsel BlackBerry Unlimitted untuk bisa mengakses, mendengarkan, maupun mendownload ratusan ribu lagu dari database MelOn dengan tanpa batas dengan tarif khusus dan tanpa ada biaya tambahan lagi untuk internetnya. Jadi gak bakalan kena gprs. Pendaftaran untuk pelanggan Telkomsel adalah dengan cara tekan 9011# atau dengan mengirimkan SMS: REG spasi LMBB kirim ke 9012. Untuk pelanggan di luar Telkomsel untuk berlangganan dapat dilakukan dengan mengirimkan SMS dengan mengetik REG spasi GRATISMelOn ke 9012.

Woww, banyak sekali yah musik mania, buat dapetin lagu – lagu favourite kita secara legal. Nah, selain booth langit musik, booth melon, ada juga booth speedy trek.

Sedikit mengulas tentang speedy trek, apa sih speedy trek itu? Hampir sama dengan langit musik, atau melon. Speedy Trek ini menawarkan layanan download full track.

Booth Speedy Trek

Siapa sangka, jika layanan ini juga banyak diminati oleh musik mania. Seperti halnya Langit Musik, dan Melon, untuk musik manis yang ingin mendapatkan lagu lagu dari artis favourite juga bisa mendapatkannya disini.

Speedy Trek dihadirkan oleh Telkom untuk mewadahi karya – karya musik indonesia. Memberikan kesempatan juga untuk yang punya bakat dalam bermusik bisa mempromosikan lagunya melalui layanan ini.

Seru sekali kan perjalanan verry menuju Indigo Digital Music Awards 2011. Banyak yang verry dapatkan informasi – informasi seputar musik, dan tentunya bisa sharing juga bareng kawan-kawan artis dan label rekaman.

Selain Booth tersebut yang bisa verry jumpai, di ruangan pertama ini verry juga menjumpai boothnya Grovia TV, dan Flexi.

Booth Grovia TV

Booth Flexi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kalau mampir ke boothnya flexi seru banget nih musik mania. Mau beli gadget disini tersedia banyak pilihan. Apalagi android, dan penjualan bundling ataupun starter pack flexi. Ih ada mbaknya yang cantik lagi mengurai rambutnya. Sekalian mampir, bisa kenalan juga. Asyiknya.

Habis putar – putar keliling di beberapa booth yanga da di ruang depan, langsung menuju ke ruang dalam ada acara live musik acara off air indigo musik Awards 2011. Disini beberapa band mengisi sambil menunggu persiapan on air di trans TV dan Trans 7. Meskipun cuma sebentar mampir disini, tetapi setidaknya bisa mencicipi suguhan musik dari salah satu artis favourite. Bakalan rugi yang kemarin gak dateng di acara ini. Mantap Deh.

Usai dari ruangan pertama, saya dan mbak yeti masuk ke ruangan berikutnya di ruangan undangan vip. Di dalam ruangan tersebut saya registrasi di meja depan. Pada saat registrasi, ada satu gimmick berupa PIN dan juga CD yang dibagikan. Di ruangan ini sesuai dengan rundown acara, juga diadakan diskusi panel yang membahas tentang musik.

Suasana Diskusi Musik

Dalam diskusi ini, beberapa pengamat musik seperti bens leo sharing tentang fenomena musik yang terjadi selama ini. Wah jadi sedikit kangen dengan kata – kata “fenomena”, yang sudah lama tidak terdengar ketika mas bens sempat membawakan acara indopopin di salah satu radio di Solo. Selain mas bens leo, ada om Andre Opa, sharingnya tentang musik top bgt deh. Dalam diskusi tersebut, CEO dari Telkom Group Bp. Rinaldi Firmansyah juga turut membagikan cerita tentang berekspresi melalui musik dan dalam pengelolaannya bersama Telkom dan partner.

Mulai dari band baru, promosi musik, penjualan ataupun pencitraan, dan masalah distribusi digital semua dibahas disini dengan kemasan yang menarik.

Seperti halnya syahrini juga yang sempat hadir mengisi diskusi ini, banyak pertanyaan yang dilontarkan terkait penurunan royalti RBT akhir – akhir ini. Sesuatu banget yah, kata kata ini terus terucap ketika syahrini sedang diskusi dengan wakil dari BRTI dan Wakil dari Menkominfo terkait soal RBT yang turun hingga 90 %. Wah sebanyak itu turunnya, tentunya ini menjadi hal yang perlu kita evaluasi lagi, peredaran musik kini pun secara mudah, apalagi dengan internet, mulai dari yang legal ataup[un yang ilegal juga. Lama ngobrol dan diskusi soal musik, gak terasa waktu sudah mendekati jam 20.00, dimana akan segera bisa mengikuti acara inti yaitu Indigo Digital Musik Awards 2011 yang disiarkan selama 70 Menit tanpa commercial break di Trans TV dan Trans 7.

Jam 19.50 acara diskusi ditutup, semua undangan yang hadir di arahkan menuju ke venue acara di Hall D Jakarta International Expo. Keluarga besar Telkom Group nampak memadati ruangan yang bisa menampung sekitar 500 penonton ini.

Selama acara ini berlangsung, setiap penggunaan hastag #IndigoDMA2011 akan dihitung Rp 10, dan hasil dari tweet ini akan disumbangkan untuk pemenang lifetime achievement pada malam penganugerahan Indigo Digital Music awards 2011. Musisi musisi yang masuk dalam nominasi ini adalah mereka yang berhasil merajai dunia musik digital baik melalui RBT, MP3 download, Music Video Download dan sebagainya.Acara Anugerah Indigo Digital Music Awards tahun ini di pandu oleh Presenter cantik Sarah Sechan, Desta, Amel Carla dan Vincent.

Indigo Digital Music Awards 2011

Tepat jam 20.00 acara dimulai dengan duo MC kocak Vincent dan Desta, lalu dibuka dengan penampilan sekelompok orang yang terlihat seakan akan hanya sebuah lampu LED. Disusul dengan penampilan Diva Indonesia Agnes Monica yang membuka penampilan acara Indigo Digital Music Awards 2011 dengan lagu Paralyzed. Penampilan pertama Agnez sangat memukau dan menghipnotis penonton, dengan alunan musik yang beat, membuat suasana malam menjadi hangat.

Pasha Ungu, dan kawan kawan pun juga sempat menghantarkan acara malam ini dengan lagu Cinta Gila. Disusul dengan Vierra. Tak kalah dengan yang lain Vierra pun tetap membawakan lagu – lagu bertemakan cinta. Setelah vierra, sarah sechan mengumumkan Penyanyi Cowok yang menjadi Best Male Artis. Siapa dia? Yap, dia adalah Afgan Syahreza, cowok ganteng yang satu ini memang tidak bisa lepas dari maksimalitasnya dalam setiap performance. layak jika afgan mendapatkan penganugerahan sebagai Best Male Artis di Indigo Digital Music Awards 2011.

Kemunculan 7 icons pun sudah ditunggu di panggung dan dilayar TV. Dengan lagunya playboy. Gak kuat nyanyi, #eh bener kan, soalnya dalam lirik lagunya ada kata – kata ” Gak … gak … gak kuat … ” hehehe nah setelahnya dihujani suara merdu penyanyi dengan kebiasaan “sesuatu banget”. Syahrini, tampil di Indigo Digital Music Awards 2011

Gak cukup sekali, afgan pun tampil membawakan lagu panah asmara. Sedikit nyindir nih afgan? Apa karena saya masih lagi fall in love? Yes, mudah-mudahan lagu ini juga menjadi salah satu lagu favourite musik mania yang juga seneng dengan Afgan. Gak jauh-jauh dari afgan, cyntia sari tampil dengan sebuah lagu repackage dangdhut dengan title “Bete”. Gimana, seru kan penampilan mereka di Indigo Digital Music Awards 2011 ?

Saatnya di umumkan Best Dangdhut Artis. Yang menjadi favourite dan best dangdhut artis adalah Ridho Rhoma. Dengan didikan dari sang ayah rhoma irama, ridho pun melanjutkan bakat papanya yang selama ini diturunkan. Kemunculannya lewat lagu menunggu, membuat ridho banyak order nyanyi dimana saja. Layak jika ridho mendapat penganugerahan sebagai Best dangdhut artis.

Disambung dengan lagu pemilik hati, dan mabuk cinta dibawakan oleh Armada meramaikan suasana di Indigo Digital Music Awards. Selanjutnya di umumkan Best Band Indigo DMA 2011. Siapakah dia? Dia adalah UNGU. Band yang dimotori oleh pasha ini mendapat penganugerahan sebagai Best band Indigo DMA 2011.

Agnes Monica dan Last Child Jadi trending Topic Di Twitter

Ayo, ada yang lagi pedih? Wah gak usah pedih, cukup last child aja yang membawakan lagu pedih di Indigo Digital Music Awards 2011. Best Female Artis Indigo Digital Music Awards adalah Agnes Monica. Seketika timeline twitter pun berubah. Best Female Artis menjadi trending topic seketika.

Last Child terpilih sebagai Best Indie Indigo Digital Music Awards 2011. Dengan lagu – lagu yang cukup mellow, akhirnya band yang satu ini pun menjadi Best Indie. Kesuksesan Last Child pun juga didukung para penggemar melalui twitter, gak hanya Agnes Monica saja yang menjadi trending topic, last child pun sempat menjadi trending topic bersamaan dengan agnes monica.

Tidak cukup sekali saja, ungu kembali mendendangkan lagu Sampai Kapankah. Hingga di umumkan pemenang lifetime achievement, acara tetap berlangsung dengan tertib. Pemenang Lifetime Achievement Indigo Digital Music Awards 2011 adalah Koesplus, karyanya dari tahun 70’an hingga saat ini selalu menjadi karya yang tetap manis dan selalu di sayang. Seperti salah satu lagu nya manis dan sayang. Layak jika koesplus mendapat penganugerahan ini. Selepas Penerimaan anugerah Lifetime Achiement acara Indigo Digital Music Awards ditutup dengan penampilan Vierra band.

Secara lengkap berikut daftar pemenang Indigo DMA 2011 :

1. Artist of the Year: Agnes Monica
2. Life Time Achievement Awards: Koes Plus
3. Best Male Artist : Afgan
4. Best Female Artist : Agnes Monica
5. Best New Artist: SMASH
6. Best Band : UNGU
7. Best Pop Artist/Band: Kotak
8. Best Religi: Opick
9. Best Social Media: Pee Wee Gaskins
10. Best Duo/Group: Smash
11. Best Digital Video: Cherry Belle
12. Best Jazz: Tompi
13. Best Dangdut : Ridho Rhoma
14. Best Indie : Last Child
15. Best Favorit New Artist : Minrev
16. Best Digital Music Patner : PT Trinity Optima Production

Gak kerasa 70 menit sudah berlalu. Bangun Kreatifitas Bangsa, Cintai Musik Indonesia #IndigoDMA2011, tagline yang tercantum di PIN ini tetap di usung sebagai satu slogan cinta musik indonesia dan menghargai karya musik anak negeri.

TELKOM berupaya sebagai penyedia sarana dan fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku Industri Kreatif, sehingga dapat bersama-sama menumbuhkan pasar bagi karya kreatif digital di Indonesia. Demikian sedikit kutipan dari Bp Rinaldi Firmansyah pada saat diskusi musik.

TELKOM Group akan selalu senantiasa memantapkan diri sebagai barometer musik digital dengan sarana dan fasilitas terlengkap yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku industri kreatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan hiburan musik dengan kualitas original, dengan memberikan apresiasi pada insan dan karya musik digital di tanah air

Nah, seru kan perjalanan verry di acara ini. Nyesel kan yang gak dateng?

Selamat bagi pemenang anugerah ini, Bangun Kreatifitas Bangsa, Cintai Musik Indonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK

Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir

Pernah mengalami pada saat transaksi, saat genting-gentingnya, eh aplikasi perbankan kena blokir karena salah memasukkan PIN ? Ini saya seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu tengah malam saat mau melakukan pembayaran atas suatu invoice. Duh, rasanya pasti males banget kalau harus ngantri ke bank esok harinya kan? Nah, untung saja kejadian ini gak perlu saya harus ngantre ke bank hanya gara-gara reset PIN atas PIN yang terblokir pada malam hari saat kejadian tersebut.  Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari informasi yang saya dapat melalui layar smartphone saya. Kebetulan pada saat kejadian, ada notif yang disarankan oleh aplikasi perbankan dari Bank Permata yang saya gunakan yaitu PermataMobile X untuk menghubungi PermataTel di nomor 1500111. Langsung seketika itu juga saya menghubungi layanan PermataTel di 1500111. Beberapa hal atau step-step Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir Menghubungi PermataTel di nomor 1500111 Setelah tersambung, pilih layanan perban

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.