Langsung ke konten utama

Dicipok #2, Ketika Konten Lokal Diangkat Ke Digital

Bagaimana jadinya ketika beraneka ragam kebudayaan yang ada disekitar kita mengalami sebuah perubahan. Perubahan jaman dan perubahan teknologi menjadi salah satu bagian yang tidak bisa dilepaskan. Banyak diantara kita beraneka ragam kebudayaan yang bisa dibudayakan dan diangkat dalam dunia digital. Salah satunya adalah wayang, lagu jawa, dan banyak hal – hal lainnya yang bisa diangkat ke dunia digital.

Salah satu hal tersebut melatar belakangi komunitas blogger joglo abang dan komunitas blogger jogja untuk membuat acara yang diberi nama DiCiPoK. Eitss jangan negatif dulu. DiCiPok yang satu ini merupakan Digital Cipta Kreatif Lokal. Sebuah ide yang melatar belakangi untuk bisa mengangkat konten konten lokal ke dunia digital. Berawal hanya dari sebuah Raul, atau lebih dikenal dengan rabu gaul, sebuah acara kumpul kumpul di hari rabu yang dihadiri oleh blogger. Acara raul ini pun menghasilkan acara dicipok.

Seperti sebelumnya Dicipok pun pernah diadakan untuk kali pertamanya. Pada waktu itu diadakan di joglo abang, yang terletak di daerah sleman pada bulan januari. Kali kedua, dicipok kembali diadakan. Kali ini diadakan bersamaan dengan Mega Computer Bazaar yang berlokasi di areal pameran komputer Jogja Expo Center. Dengan difasilitasi oleh dyandra promosindo, salah satu event organizer yang mengadakan acara ini alhamdulillah berjalan lancar. Acara yang berlangsung di tanggal 4 Maret 2012 dan dimulai pada jam 10.00 berjalan lancar hingga akhir acara jam 21.00. Serangkaian acara yang digelar seperti pengembangan aplikasi digital di android/mobile yang dibawakan oleh Sonny Set, Cinta budaya lokal yang dibawakan oleh paguyuban selasa kliwon, monetize blogging idblognetwork yang kebetulan saya bawakan, dan teknik seo yang dibawakan oleh elang ajib dan jeanot beserta komunitas jogja for dollar. Acara yang diadakan hingga malam hari pun ditutup dengan obrolan santai yang lebih dikenal dengan teng teng crit bersama dhe @senggol yang merupakan founder akun twitter informasi @jogjaUpdate, mas sofyan, @temukonco, @blogger_jogja, @blognusantara dan komunitas @BlanKon Jogja.

Semakin seru pula acara malam hari, karena disela sela acara ini juga diselingi dengan bagi bagi doorprize dan lelang barang – barang elektronik.

Melalui Acara Dicipok ini berharap bisa menjadi salah satu acara yang akan mengajak siapa saja yang memiliki kepedulian terhadap konten – konten lokal untuk bisa tetap dibudayakan dan diangkat ke dunia digital. Mau tahu serunya acara Dicipok berikutnya? Tungguin yah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir

Pernah mengalami pada saat transaksi, saat genting-gentingnya, eh aplikasi perbankan kena blokir karena salah memasukkan PIN ? Ini saya seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu tengah malam saat mau melakukan pembayaran atas suatu invoice. Duh, rasanya pasti males banget kalau harus ngantri ke bank esok harinya kan? Nah, untung saja kejadian ini gak perlu saya harus ngantre ke bank hanya gara-gara reset PIN atas PIN yang terblokir pada malam hari saat kejadian tersebut.  Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari informasi yang saya dapat melalui layar smartphone saya. Kebetulan pada saat kejadian, ada notif yang disarankan oleh aplikasi perbankan dari Bank Permata yang saya gunakan yaitu PermataMobile X untuk menghubungi PermataTel di nomor 1500111. Langsung seketika itu juga saya menghubungi layanan PermataTel di 1500111. Beberapa hal atau step-step Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir Menghubungi PermataTel di nomor 1500111 Setelah tersambung, pilih layanan perban

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK