Langsung ke konten utama

Ayo Dolan Ke Solo Naik Bus Tingkat Werkudara

Siapa yang belum pernah berkunjung ke Solo? Sebagian besar pasti pernah berkunjung di kota yang satu ini. Sebagai salah satu lokasi dimana Solo memiliki berbagai peninggalan – peninggalan sejarah yang kini masih bisa dikunjungi. Termasuk beberapa kawasan wisata yang menjadi pusat tujuan wisata di jawa tengah. Khususnya di Solo.

Di Solo memiliki beberapa kawasan wisata yang bisa dikunjungi.  Keraton kasunanan Surakarta, Istana Mangkunegaran, Museum Radyapustaka, Taman Hiburan Rakyat Sriwedari, Pasar Klewer, Pasar Notoharjo, Pasar Triwindu, Galabo, Kawasan Ngarsopuro, Taman Balekambang, Solo Techno Park dan masih banyak lainnya

Untuk menempuh lokasi-lokasi tersebut tidaklah sulit. Transportasi yang tersedia pun beraneka ragam. Salah satunya adalah taxi, becak, batik solo trans, ataupun bus lokal lainnya. Ada yang unik dan menarik jika anda pergi ke Solo untuk berkeliling di Solo anda bisa menggunakan bus tingkat werkudara.

Bus tingkat werkudara, bus tingkat pertama di Indonesia dengan warna merah dan bergambar tokoh pewayangan ini memang sengaja di hadirkan oleh pemerintah kota solo sebagai moda transportasi wisata di Solo. Untuk menggunakan jasa transportasi ini anda harus melakukan pemesanan terlebih dahulu ke Dinas Hubkominfo Solo atau menghubungi Indri 085642005156 atau Sandi 085229790462 . Dengan mengeluarkan Rp 20.000 (perorangan) atau Rp 800.000 (rombongan) per 3 jam dan overtime Rp 250.000 per jam anda akan diajak berkeliling Solo menikmati indahnya panorama Solo.

Bus Tingkat Werkudara
Bus Tingkat Werkudara

 

Bus Tingkat Werkudara
Koridor Atas Bus Tingkat Werkudara (Photo: Solopos)

 

Bus Tingkat Werkudara
Dashboard Pengemudi yang dilengkapi Monitor (Photo : Suyatno)

Bus tingkat werkudara ini mengambil rute berangkat dari Dinas Hubkominfo Solo kemudian manahan, melalui Jalan Dr Moewardi kota barat, kemudian melalui Jalan Slamet Riyadi – Sriwedari- Gladak – Balaikota – Jalan Urip Sumoharjo – Jalan Kol. Sutarto – Jalan Ir. Sutami dan berhenti di depan Taman Satwa Taru Jurug dan berhenti sejenak sekitar 15 – 30 menit. Kemudian rute berikutnya dari Taman Satwa Taru Jurug – Jalan Ir. Sutami – Jalan Kol. Sutarto – Jalan Urip Sumoharjo – Jalan Jenderal Sudirman – PGS – Jalan Maytor Sunaryo – Jalan Kapten Mulyadi – Jalan Veteran – Jalan Bhayangkara – Jalan Dr. Radjiman – Jalan Dr Wahidin – Jalan Ir Juanda – Jalan Dr Moewardi – dan berakhir di Dinas Hubkominfo Solo Manahan. Dengan total perjalanan antara 2 – 2,5 jam.

Bus wisata Werkudara di Solo hanya beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu. Dengan pilihan jadwal, pukul 09.00 WIB, 12.00 WIB, dan 15.00 WIB. Karena total kapasitas bus ini hanya 52 tempat duduk, maka anda harus memesan tiket terlebih dulu.

Kompartemen bawah bus ini dilengkapi pendingin ruangan. Sedangkan kompartemen atas menggunakan atap terbuka. Atap bus akan dibuka jika cuaca cerah dan akan ditutup bila sedang hujan.

Dalam setiap perjalanan, bus tingkat werkudara ini juga dilengkapi dengan pramuwisata yang akan memberikan informasi lokasi-lokasi yang dilewati atau beberapa kawasan wisata yang dilewati disekitar rute bus tingkat. Tidak hanya itu Bus ini juga dilengkapi dengan sebuah layar monitor kecil, di atas dashboard dekat supir. Adanya layar monitor ini memudahkan supir berkoordinasi dengan dua kru lainnya, yaitu pramuwisata dan petugas keamanan bus.

Ayo dolan ke Solo !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir

Pernah mengalami pada saat transaksi, saat genting-gentingnya, eh aplikasi perbankan kena blokir karena salah memasukkan PIN ? Ini saya seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu tengah malam saat mau melakukan pembayaran atas suatu invoice. Duh, rasanya pasti males banget kalau harus ngantri ke bank esok harinya kan? Nah, untung saja kejadian ini gak perlu saya harus ngantre ke bank hanya gara-gara reset PIN atas PIN yang terblokir pada malam hari saat kejadian tersebut.  Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari informasi yang saya dapat melalui layar smartphone saya. Kebetulan pada saat kejadian, ada notif yang disarankan oleh aplikasi perbankan dari Bank Permata yang saya gunakan yaitu PermataMobile X untuk menghubungi PermataTel di nomor 1500111. Langsung seketika itu juga saya menghubungi layanan PermataTel di 1500111. Beberapa hal atau step-step Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir Menghubungi PermataTel di nomor 1500111 Setelah tersambung, pilih layanan perban

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.