Langsung ke konten utama

Mengenal Senter Kepala

Sama halnya dengan senter pada umumnya, senter kepala juga menggunakan lampu LED. Hanya bedanya senter ini diikatkan pada kepala. Senter kepala berfungsi untuk menerangi langkah dan jarak pandang kita di tempat yang gelap.

Senter  kepala  ini  menggunakan 12  lampu LED sehingga bisa lebih terang. Cahayanya putih dan lebih terang dibandingkan senter biasa. Pemakaiannya  sangat irit  dan lebih hemat baterai. Lampu LED itu sendiri sebenarnya adalah lampu pijar kecil atau lampu pendar.

Secara teknis, senter kepala memiliki cara kerja yang sama dengan senter biasa atau senter rumah tangga yang biasa kita kenal. Sumber cahaya berasal dari lampu LED yang dipasang dalam sebuah reflektor parabolik dan sebuah lensa transparan untuk melindungi sumber cahaya dari kerusakan.

Sementara itu sumber energi berasal dari baterai dan sebuah saklar yang berada di antara baterai dan lampu LED. Selain lampu Led, beberapa senter kepala ada juga yang menggunakan bohlam pijar atau bola neon

Siapa Pengguna Senter Kepala?

Senter kepala bisa digunakan oleh siapa saja terutama dalam keadaan mati lampu atau keadaan gelap gulita. Senter kepala sangat berguna untuk montir, orang yang membetulkan instalasi listrik, pekerja-pekerja di pertambangan, dan sebagainya. Bagi pramuka, senter juga dapat digunakan untuk menyampaikan kode morse untuk komunikasi jarak jauh.

Ada juga profesi lain yang menggunakannya seperti dokter, terutama dokter gigi untuk memudahkannya saat memeriksa pasien. Para pendaki gunung, sehingga mereka tidak perlu repot memegang senter saat pendakian di malam hari. Bisa juga digunakan untuk pelari yang senang lari malam hari atau pagi sekali saat masih gelap. Pemancing juga suka mengenakannya, apalagi mereka lebih senang memancing saat malam hari. Selain itu, anjing juga ada yang mengenakan senter kepala. Terutama anjing-anjing penjelajah yang menemani pemiliknya berjalan.

Apa Saja Macam Senter Kepala?

Senter kepala yang beredar di pasaran pun beragam sesuai kebutuhan penggunanya. Biasanya dibedakan dengan bentuk dan besar kecilnya cahaya yang dihasilkan.

1. Senter Kepala Biasa

Senter kepala ini yang paling umum digunakan. Biasanya diperlukan saat sedang kamping dan menyiapkan tenda di malam hari, jalan-jalan santai atau sekedar mencari barang saat mati listrik. Bagi beberapa orang, senter kepala memang lebih nyaman digunakan karena tidak perlu repot memegang.

2. Senter kepala dengan Tipe redup

Biasanya digunakan untuk membaca. Sehingga cahaya fokus langsung ke buku dan tidak terlalu terang seperti lampu ruangan. Tipe ini tidak bisa digunakan untkuk jarak jauh.

3. Senter Kepala Spot (Foccused or Narrow)

Lampu lebih terang dan dapat digunakan untuk penglihatan jarak jauh.  Lampu ini berguna saat keadaan sangat gelap terutama di luar ruangan. Biasanya digunakan oleh para pendaki gunung.

4. Senter Kepala Lumenns

Senter lumens adalah jenis senter dengan cakupan cahaya melebar ke segala arah.  Semakin luas cakupannya maka semakin tinggi energi yang digunakan.

Jadi, apakah Anda tertarik memiliki senter kepala? Saat ini sudah banyak beredar di pasaran dan mudah ditemukan kok.

Senter Kepala

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir

Pernah mengalami pada saat transaksi, saat genting-gentingnya, eh aplikasi perbankan kena blokir karena salah memasukkan PIN ? Ini saya seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu tengah malam saat mau melakukan pembayaran atas suatu invoice. Duh, rasanya pasti males banget kalau harus ngantri ke bank esok harinya kan? Nah, untung saja kejadian ini gak perlu saya harus ngantre ke bank hanya gara-gara reset PIN atas PIN yang terblokir pada malam hari saat kejadian tersebut.  Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari informasi yang saya dapat melalui layar smartphone saya. Kebetulan pada saat kejadian, ada notif yang disarankan oleh aplikasi perbankan dari Bank Permata yang saya gunakan yaitu PermataMobile X untuk menghubungi PermataTel di nomor 1500111. Langsung seketika itu juga saya menghubungi layanan PermataTel di 1500111. Beberapa hal atau step-step Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir Menghubungi PermataTel di nomor 1500111 Setelah tersambung, pilih layanan perban

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.