Langsung ke konten utama

Pesona dan Dilema Bawang Goreng

Bawang GorengBro sis tentu tau bawang goreng, rasanya yang gurih akrab menjadi teman makanan berkuah seperti soto dan sup, mie goreng, bahkan nasi putih hangat sekalipun ditaburi bawang goreng, wangi harumnya mengundang nafsu makan bro sis. Aroma bawang goreng yang wangi dan renyah ini sangat cocok sekali dipadu padan dengan menu sehari-hari. Lantas Bagaimana nilai nutrisi dari bawang goreng?

Perlu bro sis ketahui, umumnya bawang goreng yang beredar dipasar/supermarket berbahan dasar bawang merah (Allium cepa L.). Bawang merah sangat bermanfaat bagi kesehatan, selain mengandung vitamin c, serat, kalsium, zat besi, dan protein, bawang merah mentah juga mengandung antioksidan yang bersifat antiseptik dan dapat membunuh bakteri. Secara medis manfaat bawang merah bagi kesehatan dapat mengontrol kadar kolesterol, mencegah pertumbuhan sel kangker, mengontrol kadar diabetes dalam tubuh, dan sebagai bahan aromatik.

Akan tetapi, perlu bro sis ketahui, manfaat tersebut akan hilang sama sekali jika bawang merah sudah diolah, apalagi jika digoreng hingga kering. Sebab saat digoreng, bawang merah menyerap minyak, sehingga mengemil bawang merah sama saja dengan mengkonsumsi minyak yang tidak hanya menggemukkan, tapi juga mencetuskan radang dan iritasi. Tidak ada cara untuk mengurangi dampak negatif kebiasaan bro sis mengkonsumsi bawang goreng, kecuali berhenti atau setidaknya mengurangi.

Nah, bro sis pada tau enggak sih cara membuat bawang goreng yang renyah? Berikut bro sis tips membuat bawang goreng renyah; Pertama, pilihlah bawang kualitas baik, yaitu bawang segar dan kadar air rendah. Kedua, irislah bawang setipis mungkin dengan ketebalan sama. Ketiga, rendam irisan bawang dengan larutan garam selama kurang lebih 25-30 menit, perbandingan bahan rendaman 1 sendok makan garam untuk 1 liter air.

Keempat, setelah direndam dengan air garam, sebelum dijemur taburi bawang dengan tepung terigu atau tepung maizena secukupnya. Kelima, jemur bawang selama 1-2 jam menggunakan wadah yang datar hingga bawang kering merata. Keenam,ketika menggoreng gunakan minyak yang banyak hingga bawang terendam dengan sempurna. Gorenglah bawang menggunakan panas sedang sampai berwarna kuning keemasan lalu angkat. Panas yang tersisa setelah proses penggorengan bisa menambah warna menjadi lebih kuning kecoklatan.

Ketujuh, tiriskan bawang sampai minyak turun semua. Sebarkan kertas tisu makanan sehingga minyak yang tersisa diserap dengan baik. Kedelapan, setelah dingin simpanlah dalam wadah bersih dan tertutup rapat. Simpanlah wadah di suhu ruang dan tidak lembab. Mudah kan bro sis.

Nah, sudah stok bawang goreng di rumah bro sis? Selamat berburu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir

Pernah mengalami pada saat transaksi, saat genting-gentingnya, eh aplikasi perbankan kena blokir karena salah memasukkan PIN ? Ini saya seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu tengah malam saat mau melakukan pembayaran atas suatu invoice. Duh, rasanya pasti males banget kalau harus ngantri ke bank esok harinya kan? Nah, untung saja kejadian ini gak perlu saya harus ngantre ke bank hanya gara-gara reset PIN atas PIN yang terblokir pada malam hari saat kejadian tersebut.  Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari informasi yang saya dapat melalui layar smartphone saya. Kebetulan pada saat kejadian, ada notif yang disarankan oleh aplikasi perbankan dari Bank Permata yang saya gunakan yaitu PermataMobile X untuk menghubungi PermataTel di nomor 1500111. Langsung seketika itu juga saya menghubungi layanan PermataTel di 1500111. Beberapa hal atau step-step Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir Menghubungi PermataTel di nomor 1500111 Setelah tersambung, pilih layanan perban

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK