Langsung ke konten utama

Si Kue Cokelat Manis - Brownies

browniesBagi penggemar kue cokelat, brownies memang memiliki rasa cokelat yang juara! Apalagi jika dimakan saat masih hangat bersama kopi atau the hangat. Tapi dibalik rasa yang enak itu, brownies memiliki cerita seru dibaliknya.

Percaya atau tidak, brownie itu mulai dari hadirnya cokelat sekitar 2.200 tahun yang lalu. Cokelat itu lahir saat suku Myans mulai makan biji cacao. Anyway, setelah itu cokelat merajalela di seluruh dunia terutama sejak Christoper Columbus tiba di Amerika tahun 1492. Cokelat lalu menjadi ‘raja’ di dunia kuliner sejak itu.

Nah, itu baru cerita soal cokelat. Bagaimana dengan brownies? Pernah baca di browniesku, Adalah Midred Brown Schrumpf dari Bangor, Maine. Konon katanya, dia sedang membakar kue cokelat dan lupa memasukkan bahan pengembang ke dalam adonan. Kue cokelat yang biasa mengembang kini malah bantet. Tapi dia tidak ingin membuangnya dan tetap memotongnya dan menyajikan untuk keluarga.

Voila! Lahirlah kue brownies cokelat yang terkenal di dunia. Dulu namanya Bangor Brownies.

Resep kue brownnies pertama ditulis Midred dalam buku resep pada tahun 1906 dalam edisi Fanny Farmer’s Boston Cooking-School Book. Setahun kemudian Walter M Lowney Company in Boston ingin mengembangkan produk cokelatnya. Ia pun memperkerjakan Marie Willet Howad dan resep brownies kedua pun terbit dalam bu Lowney’s Cookbok.

Brownies baru mulai populer di Amerika sekitar tahun 1920an. Saat ini sudah ada lebih dari 100.000 resep brownies tersebar di dunia. Variasinya begitu banyak dan tidak hanya cokelat murni tapi juga ada keju, permen, strawberry, pandan dan masih banyak lagi,

Brownies-brownies yang beredar saat ini diantaranya:

  1. Original
  2. Cream Cheese
  3. Tiramitsu
  4. Pink Marble
  5. Blueberry
  6. Sarikaya Pandan
  7. Brownies Bakar
  8. Brownies Kering

Dari namanya aja pasti bisa bikin ngiler kan? Soalnya kue brownies itu mau yang original sampai yang blueberry rasanya tetap enak. Saat ini, salah satu tempat brownies paling enak yaitu di Bandung bernama Amanda. Di sini nggak cuma yang original tapi hampir semua aneka rasa brownies tersedia. Tapi kalau ke Bandung kejauhan, coba deh bikin sendiri. Tidak sulit kok membuatnya.

Ini dia tips singkat membuat brownies enak

  1. Membuat Brownies umumnya terdiri dari 3 langkah dasar; mentega dan cokelat dicairkan, telur dan gula dikocok bersama dan terakhir masukkan sedikit terigu. Jangan terlalu lama mengocok karena Brownies akan menjadi basah, padat dan kenyal.
  2. Untuk meningkatkan tekstur brownies, adonan mentah di loyang dapat disimpan dulu dalam lemari pendingin selama beberapa jam atau semalaman sebelum dipanggang.
  3. Gunakan loyang dari stainless steel agar panasnya merata. Hindari pinggan dari gelas maupun loyang berwarna gelap dan anti lengket, karena kue bisa menjadi basah dan volumenya berkurang.
  4. Setelah brownies matang, biarkan brownies dingin diloyang sebelum dilepaskan dari loyang dan dipotong-potong. Brownies dapat tahan disimpan dalam wadah tertutup rapat. Bila hendak dinikmati, jangan dinginkan di kulkas karena akan kering, kecuali bila hendak disimpan lama, karena brownies tahan 4-6 bulan dalam freezer.

Kalau saya sih suka makan brownies cokelat. Kalau anda?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan "user ID Anda telah terhubung dengan device lain"
Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email.
Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama.
Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata:

1.Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X.Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah.Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”.Jawab “TIDAK” pada pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID Permata…

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Ticket KA Melalui Indomaret

Sejak kemunculan layanan online, PT. KAI terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat terutama pengguna setia jasa kereta api di Indonesia. Salah satunya dengan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre 121 yang bisa dihubungi selama 24 jam penuh. Reservasi ticket melalui contact centre ini memang sudah lama diperkenalkan dan dirilis oleh PT. KAI. Sekarang calon penumpang dengan mudah bisa mendapatkan ticket kereta api tanpa antri hanya dengan menghubungi 121.Setelah calon penumpang melakukan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre kereta api 121. Calon penumpang akan mendapatkan kode booking, kode pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan. Calon penumpang bisa melakukan pembayaran melalui atm atau transfer bank yang ditunjuk. Saat ini sudah hampir semua pembayaran dari bank mana saja bisa dilakukan.Kalau pas lagi gak ada saldo di atm, atau di rekening kita, sekarang ada cara baru lho melakukan pembayaran ticket online kereta api. Yaitu dengan da…

Bocoran Daihatsu Ayla Terbaru 2020

Sepekan terakhir kabar kehadiran Daihatsu Ayla Facelift makin santer saja. Kabar ini pun juga diikuti dengan kembarannya yaitu Toyota Agya. Dan dikabarkan Daihatsu Ayla Facelift Terbaru 2020 ini rencananya akan dijual mulai bulan Maret ini.
Sejak kehadirannya beberapa tahun silam, Daihatsu Ayla sudah mengalami beberapa ubahan. Dan ubahan demi ubahan ada punya banyak perubahan diberbagai sektor.
Berikut beberapa photo-photo Daihatsu Ayla Terbaru 2020 yang terposting diakun @Indra_Fathan





Mulai dari fender depan, samping, dan belakang ada sedikit ubahan yang terlihat dari sisi eksterior. Velg yang digunakan pun mengikuti Sigra maupun Calya terbaru dengan dual tone yang terlihat makin tajam.
Apakah mesin yang digunakan masih menggunakan 1.000 cc dan 1.200 cc? Kubikasi lengkap belum diumumkan secara resmi, tapi melihat dari spesifikasi di LCGC masih akan menggunakan kapasitas mesin yang di angka tersebut.
Kita tunggu saja update berikutnya.