Langsung ke konten utama

Si Kue Cokelat Manis - Brownies

browniesBagi penggemar kue cokelat, brownies memang memiliki rasa cokelat yang juara! Apalagi jika dimakan saat masih hangat bersama kopi atau the hangat. Tapi dibalik rasa yang enak itu, brownies memiliki cerita seru dibaliknya.

Percaya atau tidak, brownie itu mulai dari hadirnya cokelat sekitar 2.200 tahun yang lalu. Cokelat itu lahir saat suku Myans mulai makan biji cacao. Anyway, setelah itu cokelat merajalela di seluruh dunia terutama sejak Christoper Columbus tiba di Amerika tahun 1492. Cokelat lalu menjadi ‘raja’ di dunia kuliner sejak itu.

Nah, itu baru cerita soal cokelat. Bagaimana dengan brownies? Pernah baca di browniesku, Adalah Midred Brown Schrumpf dari Bangor, Maine. Konon katanya, dia sedang membakar kue cokelat dan lupa memasukkan bahan pengembang ke dalam adonan. Kue cokelat yang biasa mengembang kini malah bantet. Tapi dia tidak ingin membuangnya dan tetap memotongnya dan menyajikan untuk keluarga.

Voila! Lahirlah kue brownies cokelat yang terkenal di dunia. Dulu namanya Bangor Brownies.

Resep kue brownnies pertama ditulis Midred dalam buku resep pada tahun 1906 dalam edisi Fanny Farmer’s Boston Cooking-School Book. Setahun kemudian Walter M Lowney Company in Boston ingin mengembangkan produk cokelatnya. Ia pun memperkerjakan Marie Willet Howad dan resep brownies kedua pun terbit dalam bu Lowney’s Cookbok.

Brownies baru mulai populer di Amerika sekitar tahun 1920an. Saat ini sudah ada lebih dari 100.000 resep brownies tersebar di dunia. Variasinya begitu banyak dan tidak hanya cokelat murni tapi juga ada keju, permen, strawberry, pandan dan masih banyak lagi,

Brownies-brownies yang beredar saat ini diantaranya:

  1. Original
  2. Cream Cheese
  3. Tiramitsu
  4. Pink Marble
  5. Blueberry
  6. Sarikaya Pandan
  7. Brownies Bakar
  8. Brownies Kering

Dari namanya aja pasti bisa bikin ngiler kan? Soalnya kue brownies itu mau yang original sampai yang blueberry rasanya tetap enak. Saat ini, salah satu tempat brownies paling enak yaitu di Bandung bernama Amanda. Di sini nggak cuma yang original tapi hampir semua aneka rasa brownies tersedia. Tapi kalau ke Bandung kejauhan, coba deh bikin sendiri. Tidak sulit kok membuatnya.

Ini dia tips singkat membuat brownies enak

  1. Membuat Brownies umumnya terdiri dari 3 langkah dasar; mentega dan cokelat dicairkan, telur dan gula dikocok bersama dan terakhir masukkan sedikit terigu. Jangan terlalu lama mengocok karena Brownies akan menjadi basah, padat dan kenyal.
  2. Untuk meningkatkan tekstur brownies, adonan mentah di loyang dapat disimpan dulu dalam lemari pendingin selama beberapa jam atau semalaman sebelum dipanggang.
  3. Gunakan loyang dari stainless steel agar panasnya merata. Hindari pinggan dari gelas maupun loyang berwarna gelap dan anti lengket, karena kue bisa menjadi basah dan volumenya berkurang.
  4. Setelah brownies matang, biarkan brownies dingin diloyang sebelum dilepaskan dari loyang dan dipotong-potong. Brownies dapat tahan disimpan dalam wadah tertutup rapat. Bila hendak dinikmati, jangan dinginkan di kulkas karena akan kering, kecuali bila hendak disimpan lama, karena brownies tahan 4-6 bulan dalam freezer.

Kalau saya sih suka makan brownies cokelat. Kalau anda?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir

Pernah mengalami pada saat transaksi, saat genting-gentingnya, eh aplikasi perbankan kena blokir karena salah memasukkan PIN ? Ini saya seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu tengah malam saat mau melakukan pembayaran atas suatu invoice. Duh, rasanya pasti males banget kalau harus ngantri ke bank esok harinya kan? Nah, untung saja kejadian ini gak perlu saya harus ngantre ke bank hanya gara-gara reset PIN atas PIN yang terblokir pada malam hari saat kejadian tersebut.  Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari informasi yang saya dapat melalui layar smartphone saya. Kebetulan pada saat kejadian, ada notif yang disarankan oleh aplikasi perbankan dari Bank Permata yang saya gunakan yaitu PermataMobile X untuk menghubungi PermataTel di nomor 1500111. Langsung seketika itu juga saya menghubungi layanan PermataTel di 1500111. Beberapa hal atau step-step Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir Menghubungi PermataTel di nomor 1500111 Setelah tersambung, pilih layanan perban

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.