Langsung ke konten utama

Cara Membedakan Uang Asli Atau Palsu

Ciri Uang AsliBro sis pasti sudah sering mendengar yang namanya uang palsu? Tentu istilah ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Ngomongin soal uang palsu, secara istilah uang palsu adalah uang yang dicetak atau dibuat tidak melalui mekanisme resmi Bank Indonesia. Uang palsu ini dibuat oleh pribadi, dan bukan dari Bank Indonesia. Dan ini tergolong sebagai tindak kriminalitas

Secara tampilan, uang palsu memang susah dibedakan. Bentuk yang sama, wajah yang sama, dan beberapa kesamaan dimiliki uang palsu. Nominalnya pun juga beragam, mulai dari nominal Rp 10.000, Rp 20.000, Rp 50.000, dan Rp 100.000. Dari yang pernah kita dengar, biasanya yang pernah kita temukan adalah nominal Rp 50.000 dan nominal Rp 100.000.

Pernahkah anda menerima uang palsu secara tidak sengaja saat bertransaksi di atm, belanja, atau dimanapun?

Untuk mengenali uang asli dan uang palsu, ada beberapa cara dan trik lho bro sis yang bisa kita lakukan untuk mengenalinya:

  1. Langkah pertama, ambil uang kertas yang anda miliki atau anda dapat
  2. Lalu perhatikan karakteristik uang tersebut.
  3. Perhatikan apakah warnanya pudar, kusam,atau pucat.
  4. Periksa juga uang kertas tadi apakah memiliki tanda-tanda uang asli seperti tanda air yang menggambarkan pahlawan-pahlawan nasional, bahan kertas serta benang tali pengaman yang berada di dalam uang tersebut.
  5. Usai melihat karakteristik uang yang dimaksud, raba uang kertas tersebut.
  6. Lalu perhatikan apakah terasa kasar atau lembut. Biasanya, uang asli sedikit kaku dan tebal bahan kertasnya. Di samping itu, pada angka atau gambar uang biasanya sengaja dicetak agak menonjol dan akan terasa jika diusap-usap.
  7. Langkah terakhir, letakan uang pada sumber cahaya kuat seperti matahari dan lampu. Setelah diterawang lihatlah bagian tali pengaman dan tanda mata air apakah dalam kondisi baik atau tidak.

Nah, diatas tadi adalah cara tradisionalnya bro sis. Bisa juga bro sis menggunakan alat yang namanya Money Detector. Alat ini menggunakan sinar ultraviolet untuk mendeteksi. Penggunaannya pun juga mudah lho bro sis.  Cara menggunakannya hanya dengan menyorotkan sinar ultraviolet pada uang kertas. Apabila ditemukan adanya uang palsu, alat ini nantinya akan menunjukkan tanda – tandanya, dengan berbunyinya sensor yang dimiliki oleh money detector ini. Simple khan?

Udah gak was-was lagi kan? Dan tentu jadi lebih tau cara membedakan uang asli dan uang palsu.

Yuk lebih jeli lagi dengan uang yang kita miliki ya…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan "user ID Anda telah terhubung dengan device lain"
Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email.
Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama.
Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata:

1.Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X.Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah.Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”.Jawab “TIDAK” pada pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID Permata…

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Ticket KA Melalui Indomaret

Sejak kemunculan layanan online, PT. KAI terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat terutama pengguna setia jasa kereta api di Indonesia. Salah satunya dengan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre 121 yang bisa dihubungi selama 24 jam penuh. Reservasi ticket melalui contact centre ini memang sudah lama diperkenalkan dan dirilis oleh PT. KAI. Sekarang calon penumpang dengan mudah bisa mendapatkan ticket kereta api tanpa antri hanya dengan menghubungi 121.Setelah calon penumpang melakukan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre kereta api 121. Calon penumpang akan mendapatkan kode booking, kode pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan. Calon penumpang bisa melakukan pembayaran melalui atm atau transfer bank yang ditunjuk. Saat ini sudah hampir semua pembayaran dari bank mana saja bisa dilakukan.Kalau pas lagi gak ada saldo di atm, atau di rekening kita, sekarang ada cara baru lho melakukan pembayaran ticket online kereta api. Yaitu dengan da…

Bocoran Daihatsu Ayla Terbaru 2020

Sepekan terakhir kabar kehadiran Daihatsu Ayla Facelift makin santer saja. Kabar ini pun juga diikuti dengan kembarannya yaitu Toyota Agya. Dan dikabarkan Daihatsu Ayla Facelift Terbaru 2020 ini rencananya akan dijual mulai bulan Maret ini.
Sejak kehadirannya beberapa tahun silam, Daihatsu Ayla sudah mengalami beberapa ubahan. Dan ubahan demi ubahan ada punya banyak perubahan diberbagai sektor.
Berikut beberapa photo-photo Daihatsu Ayla Terbaru 2020 yang terposting diakun @Indra_Fathan





Mulai dari fender depan, samping, dan belakang ada sedikit ubahan yang terlihat dari sisi eksterior. Velg yang digunakan pun mengikuti Sigra maupun Calya terbaru dengan dual tone yang terlihat makin tajam.
Apakah mesin yang digunakan masih menggunakan 1.000 cc dan 1.200 cc? Kubikasi lengkap belum diumumkan secara resmi, tapi melihat dari spesifikasi di LCGC masih akan menggunakan kapasitas mesin yang di angka tersebut.
Kita tunggu saja update berikutnya.