Langsung ke konten utama

Kenali Macam Macam Alat Panggangan

Alat PanggangAkhir pekan sudah hampir tiba, teman atau keluarga akan kumpul di rumah. Kalau sudah begini memang akan tambah seru jika kumpul sambil barbeque. Saat ini alat panggangan banyak tersedia di toko. Ternyata ada beberapa jenis alat panggangan dengan fungsi yang berbeda-beda pula.

Kenali macam-macam alat panggangan dulu sebelum mengadakan pesta barbeque.

1. Gas Open Griddle

Gas open riddle memanggang dengan mengguakan bahan bakar gas. Cara kerjanya sama dengan kompor gas biasa. Alat pangganan seperti ini sangat mudah dan tidak perlu repot dengan arang. Gas Open Gridle ada yang beralaskan  datar dan rata (Gas Flat Griddle), ada yang sebagian rata dan sebagian lagi bergaris (Gas Half-Grooved Gridldle) dan ada juga yang seluruhnya bergaris (Gas Char Rock).

2. Roaster

Roaster adalah alat panggang yang bentuknya sama dengan oven dan biasanya digunakan untuk membakar ayam atau bebek.

3. Broiler

Jika sebelumnya alat panggangan untuk ayam dan bebek, alat panggang ini khusus untuk ikan dan daging dengan alas pemanggang bergaris.

4. Contact Grill

Contact Grill adalah pemanggang beralas datar yang berukuran kecil, bisa kita gunakan di dalam ruangan.

5. Pemanggang Snack Khusus

Alat panggangan ini adalah yang sering kita lihat digunakan untuk membakar waffle, dorayaki, takoyaki atau crepes.

Selain macam-maca alat panggangan, ada juga yang harus diketahui sebelum membeli agar sesuai dengan kebutuhan.

1. Alat panggang gas

Bagi yang nggak mau repot dengan persiapan arang saat membakar, memilih alat panggangan ini memang tepat. Memang memanggang dengan ini lebih cepat dan merata tapi aroma bakar yang biasanya terhirup saat barbeque tidak akan terasa.

 2. Panggangan arang

Sebaliknya dengan alat panggangan gas, alat panggangan ini menggunakan arang. Persiapannnya lebih lama karena kita harus membuat bara apinya terlebih dulu. Tapi aroma bakarnya, bikin menggugah selera.

 3. Panggangan listrik

Alat panggangan ini memang sangat praktis, tinggal colok lalu mulai membakar. Walaupun aromanya tidak se-ok dengan alat panggang arang tapi jenis ini cocok jika kita sedang menginap di luar rumah.

Sudah tahu macamnya, sekarang bagaimana cara perawatan yang tepat. Alat panggangan yang tidak terawat akan menyebabkan sisa-sisa makanan menjadi mengering dan keras. Hal ini akan merusak alat panggangan dan menimbulkan aroma tidak enak jika akan digunakan kembali.

  1. Setelah digunakan dan didinginkan, segera cuci dan bersihkan semua sisa makanan
  2. Agar tidak lengket, sebaiknya alat panggang berbahan baja, kuningan, tembaga, ataupun aluminium dioles dan digosok-gosok dengan ampas kelapa atau kemiri.
  3. Agar tahan lama alat panggang berbahan baja, kuningan, tembaga maupun aluminium setelah digunakan tidak perlu dicuci. Cukup bersihkan dengan kain bersih (lap), olesi dengan sedikit minyak dan keringkan dengan lap. Simpan di tempat yang kering.
  4. Untuk peralatan anti lengket dan snack maker ini dapat dicuci, namun pastikan saat dicuci alat harus dalam keadaan dingin, dan mencucinya menggunakan air sabun dengan spon yang lembut.
  5. Bila di bagian belakang alat panggang anti lengket/snack maker terdapat noda, hilangkan dengan cara rendam bagian alas dalam air citrun hangat, lalu cuci.

Sedang mencari alat panggangan untuk berkreasi? Selamat berburu!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan "user ID Anda telah terhubung dengan device lain"
Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email.
Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama.
Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata:

1.Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X.Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah.Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”.Jawab “TIDAK” pada pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID Permata…

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Ticket KA Melalui Indomaret

Sejak kemunculan layanan online, PT. KAI terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat terutama pengguna setia jasa kereta api di Indonesia. Salah satunya dengan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre 121 yang bisa dihubungi selama 24 jam penuh. Reservasi ticket melalui contact centre ini memang sudah lama diperkenalkan dan dirilis oleh PT. KAI. Sekarang calon penumpang dengan mudah bisa mendapatkan ticket kereta api tanpa antri hanya dengan menghubungi 121.Setelah calon penumpang melakukan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre kereta api 121. Calon penumpang akan mendapatkan kode booking, kode pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan. Calon penumpang bisa melakukan pembayaran melalui atm atau transfer bank yang ditunjuk. Saat ini sudah hampir semua pembayaran dari bank mana saja bisa dilakukan.Kalau pas lagi gak ada saldo di atm, atau di rekening kita, sekarang ada cara baru lho melakukan pembayaran ticket online kereta api. Yaitu dengan da…

Bocoran Daihatsu Ayla Terbaru 2020

Sepekan terakhir kabar kehadiran Daihatsu Ayla Facelift makin santer saja. Kabar ini pun juga diikuti dengan kembarannya yaitu Toyota Agya. Dan dikabarkan Daihatsu Ayla Facelift Terbaru 2020 ini rencananya akan dijual mulai bulan Maret ini.
Sejak kehadirannya beberapa tahun silam, Daihatsu Ayla sudah mengalami beberapa ubahan. Dan ubahan demi ubahan ada punya banyak perubahan diberbagai sektor.
Berikut beberapa photo-photo Daihatsu Ayla Terbaru 2020 yang terposting diakun @Indra_Fathan





Mulai dari fender depan, samping, dan belakang ada sedikit ubahan yang terlihat dari sisi eksterior. Velg yang digunakan pun mengikuti Sigra maupun Calya terbaru dengan dual tone yang terlihat makin tajam.
Apakah mesin yang digunakan masih menggunakan 1.000 cc dan 1.200 cc? Kubikasi lengkap belum diumumkan secara resmi, tapi melihat dari spesifikasi di LCGC masih akan menggunakan kapasitas mesin yang di angka tersebut.
Kita tunggu saja update berikutnya.