Langsung ke konten utama

Kenali Macam Macam Alat Panggangan

Alat PanggangAkhir pekan sudah hampir tiba, teman atau keluarga akan kumpul di rumah. Kalau sudah begini memang akan tambah seru jika kumpul sambil barbeque. Saat ini alat panggangan banyak tersedia di toko. Ternyata ada beberapa jenis alat panggangan dengan fungsi yang berbeda-beda pula.

Kenali macam-macam alat panggangan dulu sebelum mengadakan pesta barbeque.

1. Gas Open Griddle

Gas open riddle memanggang dengan mengguakan bahan bakar gas. Cara kerjanya sama dengan kompor gas biasa. Alat pangganan seperti ini sangat mudah dan tidak perlu repot dengan arang. Gas Open Gridle ada yang beralaskan  datar dan rata (Gas Flat Griddle), ada yang sebagian rata dan sebagian lagi bergaris (Gas Half-Grooved Gridldle) dan ada juga yang seluruhnya bergaris (Gas Char Rock).

2. Roaster

Roaster adalah alat panggang yang bentuknya sama dengan oven dan biasanya digunakan untuk membakar ayam atau bebek.

3. Broiler

Jika sebelumnya alat panggangan untuk ayam dan bebek, alat panggang ini khusus untuk ikan dan daging dengan alas pemanggang bergaris.

4. Contact Grill

Contact Grill adalah pemanggang beralas datar yang berukuran kecil, bisa kita gunakan di dalam ruangan.

5. Pemanggang Snack Khusus

Alat panggangan ini adalah yang sering kita lihat digunakan untuk membakar waffle, dorayaki, takoyaki atau crepes.

Selain macam-maca alat panggangan, ada juga yang harus diketahui sebelum membeli agar sesuai dengan kebutuhan.

1. Alat panggang gas

Bagi yang nggak mau repot dengan persiapan arang saat membakar, memilih alat panggangan ini memang tepat. Memang memanggang dengan ini lebih cepat dan merata tapi aroma bakar yang biasanya terhirup saat barbeque tidak akan terasa.

 2. Panggangan arang

Sebaliknya dengan alat panggangan gas, alat panggangan ini menggunakan arang. Persiapannnya lebih lama karena kita harus membuat bara apinya terlebih dulu. Tapi aroma bakarnya, bikin menggugah selera.

 3. Panggangan listrik

Alat panggangan ini memang sangat praktis, tinggal colok lalu mulai membakar. Walaupun aromanya tidak se-ok dengan alat panggang arang tapi jenis ini cocok jika kita sedang menginap di luar rumah.

Sudah tahu macamnya, sekarang bagaimana cara perawatan yang tepat. Alat panggangan yang tidak terawat akan menyebabkan sisa-sisa makanan menjadi mengering dan keras. Hal ini akan merusak alat panggangan dan menimbulkan aroma tidak enak jika akan digunakan kembali.

  1. Setelah digunakan dan didinginkan, segera cuci dan bersihkan semua sisa makanan
  2. Agar tidak lengket, sebaiknya alat panggang berbahan baja, kuningan, tembaga, ataupun aluminium dioles dan digosok-gosok dengan ampas kelapa atau kemiri.
  3. Agar tahan lama alat panggang berbahan baja, kuningan, tembaga maupun aluminium setelah digunakan tidak perlu dicuci. Cukup bersihkan dengan kain bersih (lap), olesi dengan sedikit minyak dan keringkan dengan lap. Simpan di tempat yang kering.
  4. Untuk peralatan anti lengket dan snack maker ini dapat dicuci, namun pastikan saat dicuci alat harus dalam keadaan dingin, dan mencucinya menggunakan air sabun dengan spon yang lembut.
  5. Bila di bagian belakang alat panggang anti lengket/snack maker terdapat noda, hilangkan dengan cara rendam bagian alas dalam air citrun hangat, lalu cuci.

Sedang mencari alat panggangan untuk berkreasi? Selamat berburu!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir

Pernah mengalami pada saat transaksi, saat genting-gentingnya, eh aplikasi perbankan kena blokir karena salah memasukkan PIN ? Ini saya seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu tengah malam saat mau melakukan pembayaran atas suatu invoice. Duh, rasanya pasti males banget kalau harus ngantri ke bank esok harinya kan? Nah, untung saja kejadian ini gak perlu saya harus ngantre ke bank hanya gara-gara reset PIN atas PIN yang terblokir pada malam hari saat kejadian tersebut.  Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari informasi yang saya dapat melalui layar smartphone saya. Kebetulan pada saat kejadian, ada notif yang disarankan oleh aplikasi perbankan dari Bank Permata yang saya gunakan yaitu PermataMobile X untuk menghubungi PermataTel di nomor 1500111. Langsung seketika itu juga saya menghubungi layanan PermataTel di 1500111. Beberapa hal atau step-step Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir Menghubungi PermataTel di nomor 1500111 Setelah tersambung, pilih layanan perban

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK