Langsung ke konten utama

Cara Mudah Memotong Sim Card Dengan Micro SIM Cutter

pemotong sim cardSIM Card (Subscriber Identity Module) adalah sebuah kartu pintar seukuran prangko yang disisipkan di telepon seluler yang menyimpan berbagai data dari penyedia jasa layanan seluler. Kartu SIM harus digunakan dalam sistem GSM. Kartu yang mirip dengan SIM dalam UMTS disebut USIM, sedangkan kartu RUIM popular dalam sistem seluler CDMA.

Seperti yang kita tahu bahwa Kartu SIM menyimpan informasi yang berkaitan dengan jaringan yang kita gunakan untuk bisa terhubung dengan perangkat telepon seluler yang lain. Data yang paling penting adalah: nomer identitas kartu (ICCID, Integrated Circuit Card ID), nomer pengguna internasional (IMSI, International Mobile Subscriber Identity), kunci authentikasi (Authentication Key), kode area (LAI, Local Area Identity), dan nomer panggilan darurat operator. Di dalam sebuah SIM Card juga menyimpan nomer layanan pusat untuk SMS (SMSC, Short Message Service Center), nama penyedia layanan (SPN, Service Provider Name), dan lainnya.

Lalu bagaimana jika sebuah telepon seluler tidak dilengkapi dengan SIM Card? Tentu hanya dapat membuka menu-menu yang ada di telepon seluler tersebut. Dan tidak dapat digunakan untuk melakukan panggilan seluler ke perangkat seluler lainnya.

Ketika kita membeli sebuah smartphone tentu kita akan menggunakan SIM Card untuk bisa digunakan untuk menggunakan panggilan, kirim pesan teks, atau bahkan menggunakan layanan data atau internet. Untuk mendapatkannya pun kini mudah, dan harganya pun mulai dari Rp 2.000. Masih ingat ketika awal-awal teknologi GSM ini ada? Untuk mendapatkan sebuah SIM Card pun kita harus merogoh kocek sebesar Rp 300.000 – Rp 1.000.000 atau bahkan lebih.

SIM Card pun memiliki 3 jenis ukuran sesuai dengan bentuk dan keperluannya. Yang sering kita jumpai dalam teknologi GSM atau Seluler biasanya adalah ukuran Mini SIM. Tak jarang dalam perkembangannya pun, beberapa vendor perangkat seluler kini menyediakan slot micro sim. Sehingga untuk dapat menggunakannya pun perlu sebuah alat pemotong sim card agar sim card yang kita dapatkan di outlet seluler bisa kita gunakan. Dengan cara dipotong, ya Sim Card yang dibeli tadi bisa dipotong dengan menggunakan Micro Sim Cutter.

Micro SIM Cutter, alat ini berfungsi untuk memotong sim card ukuran standard menjadi sim card micro yang khusus digunakan pada ipad 1 , ipad 2 dan iphone 4 dan tipe lainnya. Alat inipun bisa didapatkan dengan mudah dengan kisaran harga Rp 19.000 – Rp 50.000.

Biasanya untuk merubah sim card standart menjadi sim card ukuran micro bisa dilakukan di galeri penyedia jasa seluler yang digunakan. Namun jika ingin memilikinya sendiri pun juga bisa. Tanpa harus bolak-balik ke operator.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir

Pernah mengalami pada saat transaksi, saat genting-gentingnya, eh aplikasi perbankan kena blokir karena salah memasukkan PIN ? Ini saya seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu tengah malam saat mau melakukan pembayaran atas suatu invoice. Duh, rasanya pasti males banget kalau harus ngantri ke bank esok harinya kan? Nah, untung saja kejadian ini gak perlu saya harus ngantre ke bank hanya gara-gara reset PIN atas PIN yang terblokir pada malam hari saat kejadian tersebut.  Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari informasi yang saya dapat melalui layar smartphone saya. Kebetulan pada saat kejadian, ada notif yang disarankan oleh aplikasi perbankan dari Bank Permata yang saya gunakan yaitu PermataMobile X untuk menghubungi PermataTel di nomor 1500111. Langsung seketika itu juga saya menghubungi layanan PermataTel di 1500111. Beberapa hal atau step-step Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir Menghubungi PermataTel di nomor 1500111 Setelah tersambung, pilih layanan perban

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK