Langsung ke konten utama

Topi Fedora Bertahan Di Dunia Mode

Topi FedoraIngat dengan gaya topi fedora yang dipakai oleh Harrison Ford dalam film Indiana Jones? Nah, film ini termasuk salah satu film yang mempopulerkan topi fedora sekitar tahun 80-an. Kemudian menjadi ciri khas Indiana Jones dalam setiap filmnya hingga tahun 2000-an. Inilah bukti topi fedora bertahan di dunia mode.

Topi fedora berbentuk seperti topi koboi  tidak pernah lekang dimakan jaman. Walaupun banyak jenis topi lain dengan model terbaru, para penggemar topi fedora tidak pernah berkurang peminatnya.  Topi ini tetap menjadi ‘juara’ topi dibanding topi-topi lain. Bahkan Michael Jackson sering menggunakan topi fedora pada konser-konser besarnya.

Topi fedora adalah topi dengan bahan dasar felt. Bahan felt adalah tekstil yang berbentuk anyaman halus dan bisa terbuat dari serat alami seperti wol atau sintetis serat seperti akrilik.

Ciri khas topi ini memiliki pinggiran yang lebar, sedikit tinggi ditambah hiasan pita di lingkar kepalanya. Untuk warna, topi fedora umumnya bewarna hitam, abu-abu, cokelat gelap dan cokelat seperti krem yang paling banyak peminatnya.

Topi fedora baru diterima di dunia fesyen sekitar tahun 1882 sebagai topi wanita. Nama fedora diambil dari sebuah drama berjudul “fedora” yang ditulis oleh penulis dari Perancis bernama Victorien Sardou. Saat itu ia memunculkan karakter Princess Fedora Romanoff yang dimainkan oleh Sarah Bernhardt yang mengenakan topi lebar dengan ujung mengerucut. Setelah drama itu keluar, topi fedora segera menjadi tren fesyen saat itu.

Setelah tahun 1924, Pangeran Edward dari Inggris, yang selalu menjadi poros fesyen di masa itu mengenakan topi itu juga. Menggantikan topi-topi lain yang biasa ia gunakan. Hal ini menambah popularis topi fedora di era 20-an.

Puncak popularitas topi fedora adalah pertengahan tahun 1920-an. Kemudian popularitasnya tidak pernah turun hingga memasuki era tahun 2000-an. Topi fedora dianggap praktis digunakan sehari-hari saat udara panas, untuk menambah keren penampilan dan juga tidak terlalu lebar jika dikenakan di tempat umum. Penyimpanan juga mudah, bisa dilipat tanpa merubah bentuk dan meninggalkan bekas lipatan.

Pada tahun 1940-1950-an, topi fedora semakin tren saat digunakan oleh aktor-aktor kawakan masa itu. Mereka menggunakannya untuk mempekuat simbol kejantanan dan kegagahan pria. Aktor-aktor seperti Humprey Bogart dan Cary Grant dalam film-film box office. Frank Sinatra pun menggunakannya saat beraksi di atas panggung.

Topi fedora baru masuk di layar perak saat digunakan dalam film Indiana Jones pada tahun 80a-an. Setelah itu artis-artis Hollywood seperti Justin Timberlake, Britney Spears dan Kim Kadarshian sering menggunakan fedora dalam penampilannya.

Topi fedora bisa dapat digunakan dalam acara-acara formal atau casual dan sporty. Jadi bisa digunakan hanya dengan celana jeans dan tshirt putih. Bisa juga dipadukan dengan jas dan dasi untuk ke acara pernikahan.

Tips memilih topi fedora untuk perempuan :

– Jika kamu kecil dan kurus jangan menggunakan topi fedora yang lebar. Kamu akan terlihat aneh jika memakai itu atau mungkin wajahmu jadi tidak terlihat.

– Jika kamu tinggi, topi fedora dengan pinggiran lebar sangat cocok.

– Pastikan topi pas di kepala sehingga membuat bentuk wajah kita terlihat oval.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK

Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir

Pernah mengalami pada saat transaksi, saat genting-gentingnya, eh aplikasi perbankan kena blokir karena salah memasukkan PIN ? Ini saya seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu tengah malam saat mau melakukan pembayaran atas suatu invoice. Duh, rasanya pasti males banget kalau harus ngantri ke bank esok harinya kan? Nah, untung saja kejadian ini gak perlu saya harus ngantre ke bank hanya gara-gara reset PIN atas PIN yang terblokir pada malam hari saat kejadian tersebut.  Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari informasi yang saya dapat melalui layar smartphone saya. Kebetulan pada saat kejadian, ada notif yang disarankan oleh aplikasi perbankan dari Bank Permata yang saya gunakan yaitu PermataMobile X untuk menghubungi PermataTel di nomor 1500111. Langsung seketika itu juga saya menghubungi layanan PermataTel di 1500111. Beberapa hal atau step-step Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir Menghubungi PermataTel di nomor 1500111 Setelah tersambung, pilih layanan perban

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.