Langsung ke konten utama

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan

BPJS KesehatanMenjaga kesehatan lebih penting daripada mengobati. Itu adalah kata-kata yang sering kita dengar ditelinga kita setiap hari. Kesehatan sangat berarti dibandingkan ketika sudah sakit dan harus mengobati. Pentingnya menjaga kesehatan dari diri sendiri sangat perlu untuk tetap hidup sehat dan bisa beraktifitas. Yang namanya sakit terkadang kita juga tidak bisa menduga kapan waktunya.

Setiap pekerja tentu dibekali dengan asuransi kesehatan dari perusahaan dimana dia bekerja. Berbagai penjamin kesehatan pun menawarkan asuransi dengan harga premi yang berbeda-beda dan fasilitas yang ditawarkan. Sudahkah kita dilindungi secara total dari asuransi tersebut? Ya, setidaknya mengurangi beban untuk biaya perawatan dan pengobatan jika suatu waktu kita sakit.

Seperti yang terdapat dalam situsnya, BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang ditugaskan khusus oleh pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama untuk Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun PNS dan TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya dan Badan Usaha lainnya ataupun rakyat biasa.

BPJS Kesehatan bersama BPJS Ketenagakerjaan (dahulu bernama Jamsostek) adalah salah satu program pemerintah dalam kesatuan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diresmikan pada tanggal 31 Desember 2013.BPJS Kesehatan mulai beroperasi sejak tanggal 1 Januari 2014, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan mulai beroperasi sejak 1 Juli 2014.

BPJS Kesehatan sebelumnya bernama Askes (Asuransi Kesehatan), yang dikelola oleh PT Askes Indonesia (Persero), namun sesuai UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS, PT. Askes Indonesia berubah nama menjadi BPJS Kesehatan sejak tanggal 1 Januari 2014

Sudahkah anda terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan? 

Bagaimana cara mendaftar BPJS Kesehatan?

Berikut adalah cara mendaftar BPJS Kesehatan:

  • Pendaftaran BPJS Kesehatan bisa dilakukan melalui kantor BPJS terdekat dikota anda dengan membawa dokumen berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan Foto berwarna 3×4 sebanyak 2 lembar
  • Pendaftaran BPJS Kesehatan bisa dilakukan melalui online di http://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/pages/detail/2014/15/Pendaftaran-Peserta
  • Peserta mengisi formulir online yang ada di halaman tersebut sampai dengan proses selesai
  • Setelah semua di isi, akan ada pilihan fasilitas kesehatan 1 dan 2 yang bisa dipilih, yang meliputi satu dokter umum/fasilitas kesehatan umum, dan 1 dokter gigi.
  • Kemudian peserta memilih tingkat fasilitas kesehatan yang bisa dipilih, diantaranya kelas 1, kelas 2 atau kelas 3
  • Setelah pengisian formulir, maka akan muncul nomor virtual account yang nantinya akan digunakan dalam pembayaran premi BPJS Kesehatan.
  • Biaya kesehatan diantaranya premi BPJS Kesehatan untuk Kelas 1 Rp 59.500, Kelas 2 Rp 42.500, Kelas 3 Rp 25.500
  • Setelah mendapat virtual account, peserta bisa membayar iuran melalui bank yang bisa dipilih.
  • BPJS Kesehatan akan aktif setelah 7 x 24 jam

Gimana? Sudah jelas kan cara mendaftar BPJS Kesehatan?

Ayo lindungi kesehatan anda dengan bergabung sebagai peserta BPJS Kesehatan!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan "user ID Anda telah terhubung dengan device lain"
Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email.
Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama.
Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata:

1.Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X.Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah.Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”.Jawab “TIDAK” pada pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID Permata…

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Ticket KA Melalui Indomaret

Sejak kemunculan layanan online, PT. KAI terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat terutama pengguna setia jasa kereta api di Indonesia. Salah satunya dengan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre 121 yang bisa dihubungi selama 24 jam penuh. Reservasi ticket melalui contact centre ini memang sudah lama diperkenalkan dan dirilis oleh PT. KAI. Sekarang calon penumpang dengan mudah bisa mendapatkan ticket kereta api tanpa antri hanya dengan menghubungi 121.Setelah calon penumpang melakukan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre kereta api 121. Calon penumpang akan mendapatkan kode booking, kode pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan. Calon penumpang bisa melakukan pembayaran melalui atm atau transfer bank yang ditunjuk. Saat ini sudah hampir semua pembayaran dari bank mana saja bisa dilakukan.Kalau pas lagi gak ada saldo di atm, atau di rekening kita, sekarang ada cara baru lho melakukan pembayaran ticket online kereta api. Yaitu dengan da…

Bocoran Daihatsu Ayla Terbaru 2020

Sepekan terakhir kabar kehadiran Daihatsu Ayla Facelift makin santer saja. Kabar ini pun juga diikuti dengan kembarannya yaitu Toyota Agya. Dan dikabarkan Daihatsu Ayla Facelift Terbaru 2020 ini rencananya akan dijual mulai bulan Maret ini.
Sejak kehadirannya beberapa tahun silam, Daihatsu Ayla sudah mengalami beberapa ubahan. Dan ubahan demi ubahan ada punya banyak perubahan diberbagai sektor.
Berikut beberapa photo-photo Daihatsu Ayla Terbaru 2020 yang terposting diakun @Indra_Fathan





Mulai dari fender depan, samping, dan belakang ada sedikit ubahan yang terlihat dari sisi eksterior. Velg yang digunakan pun mengikuti Sigra maupun Calya terbaru dengan dual tone yang terlihat makin tajam.
Apakah mesin yang digunakan masih menggunakan 1.000 cc dan 1.200 cc? Kubikasi lengkap belum diumumkan secara resmi, tapi melihat dari spesifikasi di LCGC masih akan menggunakan kapasitas mesin yang di angka tersebut.
Kita tunggu saja update berikutnya.