Langsung ke konten utama

Jaket Parka Dari Masa Ke Masa

jaket parkaDi iklim tropis seperti Indonesia, jaket parka memang tidak terlalu berguna. Tapi jika musim hujan tiba, jaket parka mendadak jadi tren. Terutama untuk para pengendara motor yang harus menerjang hujan lebat di jalanan. Jaket parka tidak hanya bisa menghangatkan tubuh tapi juga bisa jadi tren fashion untuk penggunaaan sehari-hari saat musim dingin. Di Amerika dan Eropa, parka menjadi pakaian wajib terutama saat musim dingin tiba.

Awalnya jaket parka terbuat dari kulit karibu dan banyak digunakan oleh orang Eskimo (inuit) yang tinggal di suhu ekstrim hingga di bawah nol derajat celcius.  Dulu parka lebih banyak digunakan oleh perempuan eskimo dan biasanya dilengkapi dengan kantong bayi serta lapisan bulu di sepanjang jaket agar memberi kehangatan ekstra.

Dalam budaya barat, parka digunakan oleh tentara Amerika pada tahun 1950-an. Modelnya simple dan gak rumit karena digunakan untuk berperang saat cuaca dingin. Model parka untuk tentara bewarna hijau dengan hoodie bulu. Kemudian model parka berkembang saat perang Korea, disesuaikan dengan iklim cuaca di sana.

Pada pertengahan tahun 1960-an, setelah sukses dengan parka buat tentara Amerika, parka dicoba untuk baju ski. Dengan bahan kulit, corduroy dan bulu tebal di bagian bahu untuk menghangatkan leher. Model ini pun diterima dengan cepat di pasaran dan terus berkembang untuk model dan variasi motif serta warna. Model jaket parka ada yang panjang dan ada juga yang lebih senang dengan parka model pendek. Biasanya yang pendek lebih cocok jika digunakan main ski.

Mengadopsi budaya Inggris pada tahun 1950-160an, parka sebenarnya jadi simbol pemberontakan remaja saat itu. Harganya yang tidak terlalu mahal, ketersediaan di toko juga banyak sehingga parka dengan cepat diterima oleh remaja Inggris dan langsung menjadi tren.  Saat itu parka digunakan sambil mengendarai skuter/motor. Tahun itu ber-parka dengan motor sangat keren! Parka memiliki peran penting dalam sejarah budaya pop di Inggris.

Tren parka masih bertahan hingga saat ini dan modelnya tidak pernah ketinggalan jaman. Walaupun sempat berkurang peminatnya pada akhir tahun 80-an tapi kembali jadi primadona pada awal tahun 2000. Terutama setelah banyak brand fashion yang menjadikan parka sebagai model terbarunya.

Di awal tahun 2015 ini, sebuah media besar di Amerika menyatakan kalau parka mulai mengambil alih dunia fashion di kalangan selebriti. Lihat saja Daniel Craig yang memamerkan parka saat ia bermain ski. Daniel dianggap ikut mendokrak trend parka.Celeb lain seperti Jimmy Falon, Emma Stone dan Bradley Cooper yang juga penggemar berat parka saat temperatur dingin. Ada juga Rihanna, Ashley Tisdale yang juga penggemar parka.

Kalian ingin ber-parka juga? Berselancar deh di internet untuk mencari model yang pas untuk tubuh kita. Mengikuti gaya ala Rihanna atau Daniel Craig? Tinggal pilih sesuai karakter. Parka tidak mengenal usia kok. Tua dan muda selalu keren menggunakan parka di musim dingin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan "user ID Anda telah terhubung dengan device lain"
Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email.
Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama.
Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata:

1.Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X.Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah.Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”.Jawab “TIDAK” pada pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID Permata…

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Ticket KA Melalui Indomaret

Sejak kemunculan layanan online, PT. KAI terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat terutama pengguna setia jasa kereta api di Indonesia. Salah satunya dengan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre 121 yang bisa dihubungi selama 24 jam penuh. Reservasi ticket melalui contact centre ini memang sudah lama diperkenalkan dan dirilis oleh PT. KAI. Sekarang calon penumpang dengan mudah bisa mendapatkan ticket kereta api tanpa antri hanya dengan menghubungi 121.Setelah calon penumpang melakukan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre kereta api 121. Calon penumpang akan mendapatkan kode booking, kode pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan. Calon penumpang bisa melakukan pembayaran melalui atm atau transfer bank yang ditunjuk. Saat ini sudah hampir semua pembayaran dari bank mana saja bisa dilakukan.Kalau pas lagi gak ada saldo di atm, atau di rekening kita, sekarang ada cara baru lho melakukan pembayaran ticket online kereta api. Yaitu dengan da…

Bocoran Daihatsu Ayla Terbaru 2020

Sepekan terakhir kabar kehadiran Daihatsu Ayla Facelift makin santer saja. Kabar ini pun juga diikuti dengan kembarannya yaitu Toyota Agya. Dan dikabarkan Daihatsu Ayla Facelift Terbaru 2020 ini rencananya akan dijual mulai bulan Maret ini.
Sejak kehadirannya beberapa tahun silam, Daihatsu Ayla sudah mengalami beberapa ubahan. Dan ubahan demi ubahan ada punya banyak perubahan diberbagai sektor.
Berikut beberapa photo-photo Daihatsu Ayla Terbaru 2020 yang terposting diakun @Indra_Fathan





Mulai dari fender depan, samping, dan belakang ada sedikit ubahan yang terlihat dari sisi eksterior. Velg yang digunakan pun mengikuti Sigra maupun Calya terbaru dengan dual tone yang terlihat makin tajam.
Apakah mesin yang digunakan masih menggunakan 1.000 cc dan 1.200 cc? Kubikasi lengkap belum diumumkan secara resmi, tapi melihat dari spesifikasi di LCGC masih akan menggunakan kapasitas mesin yang di angka tersebut.
Kita tunggu saja update berikutnya.