Langsung ke konten utama

Smartfren, Operator 4G Pertama Yang Hadir Di Solo

Smartfren 4G LTE Solo
Photo by @Seno_Pramuadji

Kamis, 27 Agustus 2015 saya berkesempatan memenuhi undangan dari Smartfren untuk network drive test bersama rekan blogger dan media. Tak hanya Solo, sebelumnya Smartfren juga ajak rekan blogger dan media dari Semarang dan Yogyakarta untuk mencicipi jaringan 4G LTE.

Berawal dari sebuah lobby di salah satu hotel di Kota Solo, jam 11.15 begitu datang saya langsung disambut oleh Mas Seno Pramuadji. Datang, langsung diberikan perangkat 4G yang sudah disiapkan untuk network drive test di Kota Solo ini. Tidak hanya saya sendirian, ada rekan blogger yang lain yang sudah berada di lobby hotel, seperti Om Rangga, Om Guntur, Om Danang, Mbak Ety, yang mana lebih duluan datang daripada saya. Masing-masing sudah memegang gadget untuk unboxing Smartfren Andromax dan membekalinya dengan beberapa aplikasi seperti speedtest dari Ookla, Periscope, Twitter, Facebook, Path, Open Signal, dan aplikasi lainnya.

Smartfren 4G LTE Solo

Diawali dengan makan siang, saat makan siang pun, saking gak sabaran buat Speed Test, dengan perangkat Smartfren Andromax Qi sayapun melakukan speed test dengan aplikasi SpeedTest dari Ookla. Nih hasil speed test yang pertama di resto meeting point yang pertama.

Smartfren 4G LTE Solo

  1. Speed test yang saya lakukan menggunakan smartfren andromax Qi di lokasi ini mendapatkan speed 18 Mbps
  2. Speed test yang dilakukan oleh Rangga menggunakan smartfren andromax Q di lokasi ini mendapatkan speed 27 Mbps.

Seusai makan siang, lebih kurang jam 13.00 dilanjutkan briefing sebentar, lalu kami pun menuju ke dalam bus untuk selanjutnya akan melakukan network drive test.

Smartfren 4G LTE Solo

 

Dan, setelah semua naik bus perjalanan network drive test keliling Solo ini pun di mulai dari Hotel Novotel, ke arah utara melalui Jalan Gajah Mada, dan melewati Stasiun Solo Balapan.

Smartfren 4G LTE Solo

Smartfren 4G LTE Solo

Sewaktu di stasiun balapan pun saya sempat speed test di lokasi di di dalam bus. Dan ini hasilnya

Smartfren 4G LTE SoloDari menggunakan aplikasi speedtest tersebut, didapati jaringan 4G LTE di Stasiun Solo Balapan sebesar 12,95 Mbps untuk downloadnya.

Kami pun terus berjalan dan mendengarkan penyampaian seputar jaringan smartfren yang disampaikan oleh Bapak Munir SP, Head Of Network Special Project Smartfren.

Smartfren 4G LTE Solo

Beberapa yang disampaikan diantaranya:

  • 90 % wilayah Kota Solo sudah tercover jaringan 4G LTE Smartfren
  • Kota Solo, special karena Smartfren mendapatkan license untuk penggunaan jaringan 4G LTE di Solo secara langsung dan menjadi yang pertama.

Bus yang membawa kami network drive test 4G LTE Smartfren, kemudian berhenti di SMAN 2 Surakarta. Sebelum masuk ke dalam, kami pun sempat mengambil gambar didepan pintu masuk SMAN 2 Surakarta.

Smartfren 4G LTE Solo

Smartfren 4G LTE Solo
Photo by @Seno_Pramuadji

Di SMAN Surakarta ini lagi ada Workshop Internet Cerdas bro sis. Workshop ini di ikuti oleh guru-guru, dan praktisi IT di Solo. Yuk intip suasana di dalam salah satu aula di SMAN 2 Surakarta ini.

Smartfren 4G LTE Solo

Bp Derick dari Smartfren menyampaikan sambutan di Workshop Internet Cerdas di SMAN 2 Solo
Bp Derick dari Smartfren menyampaikan sambutan di Workshop Internet Cerdas di SMAN 2 Solo

Handset 4G LTE Smartfren bs didapatkan mulai dr 999K ~ Bp. Sukoco, Head Of Product Smartfren
Handset 4G LTE Smartfren bisa didapatkan mulai dr 999K ~ Bp. Sukoco, Head Of Product Smartfren

Ada yang tahu gak tentang Wikimatika? Nah Bapak Sutanto Dosen FMIPA dari Universitas Sebelas Maret ini berbagi tentang Wikimatika dan pengalamannya di Workshop Internet Cerdas dengan Teknologi Smartfren 4G LTE Advance. Beliau juga memberikan pesan “Diantara 365 hari yang kita kerjakan, sisipkanlah sebuah karya”

Pada workshop internet cerdas ini, Smartfren secara simbolis memberikan bantuan kepada perwakilan sekolah yang hadir dalam workshop ini.

Setelah beberapa waktu di Workshop Internet Cerdas, saya dan rombongan network drive test kembali akan melanjutkan perjalanan menyusuri kota solo dengan melakukan speed test di beberapa lokasi yang dilewati. Sebelum beranjak meninggalkan SMAN 2 Surakarta, saya pun sempat melakukan speed test di SMAN 2 Surakarta, dan berikut hasil yang didapatkan:

Smartfren 4G LTE Solo

Dari hasil speedtest yang saya lakukan dengan menggunakan aplikasi speedtest dari Ookla, didapat kecepatan 4G LTE Smartfren di SMAN 2 Surakarta adalah sebesar 31,31 Mbps. Wow, luar biasa, berbeda dari titik sebelumnya yang saya lewati bersama rombongan.

Saking cepetnya internetan, mereka pun punya banyak gaya nih bro sis:

Smartfren 4G LTE Solo Smartfren 4G LTE Solo Smartfren 4G LTE Solo

Gimana? Kebayang kan kecepatan koneksi Smartfren? Sekitar lebih kurang jam 15.00, kemudian perjalanan dilanjutkan menuju menyusuri Jalan Ahmad Yani -> Jalan Urip Sumoharjo -> Jalan Kapten Mulyadi -> Jalan Veteran -> Jalan dr. Radjiman -> Jalan Bhayangkara -> Jalan Slamet Riyadi -> dan berakhir di Soga Resto.

Berikut hasil speed test jaringan 4G LTE Smartfren sepanjang perjalanan menuju end point dari Network Drive Test yang saya lakukan bersama rekan blogger dan media.

Smartfren 4G LTE Solo
Speedtest Jaringan 4G LTE di Simpang 4 Gemblegan, Solo (Jalan Veteran)

Smartfren 4G LTE Solo
Hasil speedtest 4G LTE Smartfren di Jalan Honggowongso, Solo

Smartfren 4G LTE Solo
Hasil speedtest Smartfren 4G LTE di simpang 4 Pasar Kembang, Solo (Jalan Dr. Radjiman)

Speed sempat menurun begitu memasuki Jalan Urip Sumoharjo, Jalan kapten Mulyadi, hingga Jalan Veteran. Tapi tetap masih bisa menggunakan jaringan dibawahnya yaitu EVDO.

Nih, akhirnya saya dan rombongan sampai juga di end point atau finish dari Network Drive Test ini bro sis. Saya pun masih asyik mainan periscope dengan jaringan cepat 4G LTE Advanced dari Smartfren ini.

Smartfren 4G LTE Solo
Suasana di Soga Resto setelah sampai, karena keasyikan ga sadar klo di photo. (Photo by: @AdePutra_Pram)

Smartfren 4G LTE Solo
Didepan Soga Resto

Meskipun sudah sampai di Soga Resto, Network Drive Testnya belum berakhir lho bro sis. Didalam nanti akan ada penyampaian hasil dari Network Drive Test seharian ini.

Smartfren 4G LTE Solo
Bp. Munir, SP, menyampaikan pemaparan hasil network test drive Smartfren 4G LTE di Solo

Dapat ditarik kesimpulan bahwa:

  • Jaringan 4G LTE Smartfren 80-90 % sudah mencover sebagian besar wilayah Soloraya
  • Kecepatan 4G LTE Smartfren di Solo tembus sampai dengan 37 Mbps
  • Smartfren menjadi satu-satunya operator 4G yang sudah menyediakan layanan di Kota Solo.

Smartfren 4G LTE Solo

 

Capture diatas adalah titik-titik jaringan 4G LTE yang tersebar di wilayah kota Solo. Capture diambil dengan menggunakan aplikasi Open Signal. Smartfren juga akan terus mengembangkan jaringan 4G LTE Advanced ini dikota-kota lainnya.

Dan pada akhirnya saya pun bisa mengatakan “Smartfren is best network for your need”. Ajib deh pokoknya, buat live periscope, ngetweet, updet facebook, streamingan youtube tanpa buffering.

Tertarik untuk menguji jaringan smartfren 4G LTE di tempat kamu? Cek informasi lengkapnya di http://smartfren.com/4g/

Smartfren 4G LTE Solo
Photo bersama rekan blogger dan team Smartfren

Smartfren 4G LTE Solo
Photo bersama Rekan Blogger, dan Media di Soga Resto (Photo by: JawaPos)

Thanks for @Seno_Pramuadji, @YuditiaHdwarman, @SmartfrenWorld, atas undangannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan "user ID Anda telah terhubung dengan device lain"
Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email.
Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama.
Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata:

1.Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X.Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah.Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”.Jawab “TIDAK” pada pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID Permata…

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Ticket KA Melalui Indomaret

Sejak kemunculan layanan online, PT. KAI terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat terutama pengguna setia jasa kereta api di Indonesia. Salah satunya dengan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre 121 yang bisa dihubungi selama 24 jam penuh. Reservasi ticket melalui contact centre ini memang sudah lama diperkenalkan dan dirilis oleh PT. KAI. Sekarang calon penumpang dengan mudah bisa mendapatkan ticket kereta api tanpa antri hanya dengan menghubungi 121.Setelah calon penumpang melakukan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre kereta api 121. Calon penumpang akan mendapatkan kode booking, kode pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan. Calon penumpang bisa melakukan pembayaran melalui atm atau transfer bank yang ditunjuk. Saat ini sudah hampir semua pembayaran dari bank mana saja bisa dilakukan.Kalau pas lagi gak ada saldo di atm, atau di rekening kita, sekarang ada cara baru lho melakukan pembayaran ticket online kereta api. Yaitu dengan da…

Bocoran Daihatsu Ayla Terbaru 2020

Sepekan terakhir kabar kehadiran Daihatsu Ayla Facelift makin santer saja. Kabar ini pun juga diikuti dengan kembarannya yaitu Toyota Agya. Dan dikabarkan Daihatsu Ayla Facelift Terbaru 2020 ini rencananya akan dijual mulai bulan Maret ini.
Sejak kehadirannya beberapa tahun silam, Daihatsu Ayla sudah mengalami beberapa ubahan. Dan ubahan demi ubahan ada punya banyak perubahan diberbagai sektor.
Berikut beberapa photo-photo Daihatsu Ayla Terbaru 2020 yang terposting diakun @Indra_Fathan





Mulai dari fender depan, samping, dan belakang ada sedikit ubahan yang terlihat dari sisi eksterior. Velg yang digunakan pun mengikuti Sigra maupun Calya terbaru dengan dual tone yang terlihat makin tajam.
Apakah mesin yang digunakan masih menggunakan 1.000 cc dan 1.200 cc? Kubikasi lengkap belum diumumkan secara resmi, tapi melihat dari spesifikasi di LCGC masih akan menggunakan kapasitas mesin yang di angka tersebut.
Kita tunggu saja update berikutnya.