Langsung ke konten utama

Cara Memilih Coffe Grinder

coffee grinderApakah Anda pecinta kopi? Kalau ya, itu artinya memiliki coffee grinder (mesin penggiling kopi) adalah wajib! Jangan sebut diri sebagai pecinta kopi kalau sehari-hari hanya minum kopi instant tapi tidak pernah mencoba menggiling biji kopi lalu meraciknya sendiri dari sampai akhirnya tersaji mengepul di depan kita. Coba deh, rasa kopi akan terasa lebih nikmat.

Bagi pecinta kopi sejati, proses penggilingan biji kopi dengan menggunakan coffee grinder adalah sebuah seni. Disitulah saatnya aroma kopi sebenarnya benar-benar terasa sebelum diseduh dengan air panas. Beberapa coffee shop sengaja melakukan proses ini saat pengunjung ramai agar aroma kopi yang tajam dapat mengundang selera. Sayangnya, banyak juga coffee shop yang memilih jalan pintas dengan hanya memiliki mesin seduh kopi dan kopi bubuk yang sudah jadi. Walaupun aromanya masih kuat tapi kualitasnya jauh berbeda dengan jika menggiling sendiri.

Mesin coffee grinder beraneka ragam model, merek dan harganya. Anda harus tahu dulu coffee grinder seperti apa yang dibutuhkan lalu mulai deh hunting mesin ini di toko atau internet. Harganya relatif tergantung kebutuhan. Jika untuk kebutuhan rumahan harganya hanya ratusan ribu rupiah saja. Jika akan digunakan untuk memulai bisnis coffee shop, tentu saja harus membeli coffee grinder yang lebih besar lagi.

Bagaimana cara memilih mesin coffee grinder yang baik?

– Memilih mesin

Mesin coffee grinder ada 2 macam yaitu blade grinder dan burr grinder. Mesin blade grinder lebih sederhana dan mudah digunakan. Mesinnya hampir mirip seperti blender tapi tentu saja dengan mata pisau yang lebih tajam. Mesin jenis ini dianjurkan untuk para pencinta kopi pemula yang baru mulai mencoba menggiling biji kopi Hanya saja patut diperhatikan bahwa selain bunyinya yang berisik, hasil penggilingan kadang tidak merata sehingga dapat merubah rasa kopi itu sendiri.

Sedangkan mesin burr grinder memiliki konsitensi penggilingan kopi yang stabil dan baik. Mesin ini memiliki mata pisau bergerigi yang dapat menghaluskan biji kopi dengan merata hingga memudahkan saat diseduh dengan air panas. Biasanya pengguna burr coffee grinder adalah mereka yang sudah tahu benar tentang kualitas kopi. Mereka akan tahu tingkat kehalusan kopi yang diinginkan untuk mendapatkan kopi sempurna yang mereka inginkan.

– Pengatur Kehalusan Kopi

Level kehalusan kopi tergantung dari keinginan para pecinta kopi. Hal ini menentukan mesin coffee grinder apa yang dibutuhkan. Agar lebih memudahkan, pilih saja mesin yang memiliki pengaturan kehalusan kopi sehingga bisa sesuai dengan keinginan. Jika ingin kopi biasa saja, maka coffee grinder sederhana saja cukup kok.

– Kapasitas Mesin

Ini juga tergantung dari kebutuhan. Ada mesin grinder yang bisa membuat untuk 12 cangkir sekaligus tapi ada juga yang hanya bisa 1-2 cangkir saja. Jika memang buat di rumah, pilih saja yang kecil dan cukup membuat untuk diri sendiri atau pasangan. Beda jika ingin digunakan untuk bisnis coffee shop maka harus membeli yang lebih besar.

– Merek Mesin

Cobalah riset kecil-kecilan dulu tentang merek grinder yang bagus dan dianjurkan oleh pecinta kopi. Saat ini sudah banyak beragam coffee grinder yang beredar. Pilihlah yang memiliki kualitas baik sehingga tidak akan merubah kualitas dan rasa kopi itu sendiri.

Apakah Anda pencinta kopi sejati? Mulai deh cari-cari mesin coffee grinder yang cocok untuk di rumah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir

Pernah mengalami pada saat transaksi, saat genting-gentingnya, eh aplikasi perbankan kena blokir karena salah memasukkan PIN ? Ini saya seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu tengah malam saat mau melakukan pembayaran atas suatu invoice. Duh, rasanya pasti males banget kalau harus ngantri ke bank esok harinya kan? Nah, untung saja kejadian ini gak perlu saya harus ngantre ke bank hanya gara-gara reset PIN atas PIN yang terblokir pada malam hari saat kejadian tersebut.  Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari informasi yang saya dapat melalui layar smartphone saya. Kebetulan pada saat kejadian, ada notif yang disarankan oleh aplikasi perbankan dari Bank Permata yang saya gunakan yaitu PermataMobile X untuk menghubungi PermataTel di nomor 1500111. Langsung seketika itu juga saya menghubungi layanan PermataTel di 1500111. Beberapa hal atau step-step Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir Menghubungi PermataTel di nomor 1500111 Setelah tersambung, pilih layanan perban

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK