Langsung ke konten utama

Gowes Hemat Dengan Sepeda Listrik

sepeda listrikAyo, semangat gowes dengan sepeda listrik! Sepeda listrik bisa jadi alternatif transportasi saat harga bensin terus naik. Walaupun tidak secepat motor tapi bisa sangat membantu dalam penggunaan sehari-hari.  Buat yang belum tahu apa itu sepeda listrik, yuk baca pembahasan tentang ini sampai selesai.

Sepeda Listrik kadang dikenal sebagai e-sepeda atau sepeda booster. Sepeda biasa tapi telah terintegrasi dengan motor listrik.  Cara kerja sepeda listrik sebenarnya hampir sama dengan sepeda motor. Hanya saja jika motor biasa diisi dengan bensin, sepeda listrik dengan baterai. Jika lupa mengisi penuh baterai dan habis di tengah jalan, maka tinggal kayuh saja pedalnya seperti sepeda biasa. Sedangkan motor mogok ya harus didorong.

Jarak tempuh sepeda listrik maksimal 50Km dalam keadaan batere terisi penuh. Kecepatan sepeda listrik, lumayanlah 40Km.jam. Sepeda listrik seperti motor manual, kita tidak perlu mengganti-ganti gigi untuk menambah kecepatan. Sudah tersedia tombol-tombol untuk jalan datar atau tanjakan

Keuntungan dari sepeda listrik adalah :

  • Gak perlu pakai SIM untuk mengemudi sepeda listrik. Walaupun sekilas seperti motor tapi ‘judulnya’ tetap saja sepeda. Gowes sepeda di jalan kan nggak perlu SIM.
  • Tidak perlu menggunakan nomer polisi apalagi harus bayar pajak kendaraan setiap tahun
  • Lebih ringan dibandingkan motor dan tentu saja lebih mudah penggunaanya.
  • Lebih murah biayanya terutama karena tidak perlu beli bensin. Cukup dengan rajin-rajin isi baterai atau mengganti baterai dengan yang baru jika sudah aus.
  • Bisa berfungsi seperti motor biasa sekaligus seperti sepeda jika baterai habis.
  • Bisa untuk menyehatkan badan juga loh jika kita memilih untuk menggowes sepeda listrik sampai tujuan
  • Bebas polusi udara karena tidak ada asap pembakaran yang keluar dari knalpot.

Jika sudah punya sepeda listrik, saatnya mengetahui bagaimana cara merawatnya ya.

1.Selalu cek batere apakah masih bisa digunakan jarak jauh atau sudah sedikit lagi tersisa. Jangan biarkan baterai sepeda listrik dalam keadaan kosong yang lama. Ini akan merusak batere itu sendiri.

2. Seperti ponsel atau barang elektronik lain yang butuh mengisi baterai maka durasi pengisian batere pada sepeda listrik juga harus diperhatikan. Jika terlalu lama akan menyebabkan baterei menggelembung. Ini perkiraan durasi pengisian baterai

  • Baterai 36V 12Ah = maks 5 jam.
  • Baterai 48V 12Ah = maks 6 jam
  • Baterai 48V 20Ah = maks 8 jam
  • Baterai 48V 7Ah = maks 4 jam

3. Sebaiknya pilihlah jalan yang datar. Sepeda listrik umumnya lebih cocok dengan jalanan datar daripada yang menanjak. Jika memang harus lewat jalan menanjak, bantu dengan mengayuh agar dorongan semakin kuat.

4. Sepeda listrik juga tidak bisa digunakan untuk mereka yang ingin terburu-buru karena memang tidak bisa ngebut seperti motor tapi bisa lebih cepat dari sepeda biasa.

5. Jangan langsung menekan gas saat mulai berjalan, kayuh lebih dulu baru gunakan gas. Dengan begini mesin akan lebih awet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir

Pernah mengalami pada saat transaksi, saat genting-gentingnya, eh aplikasi perbankan kena blokir karena salah memasukkan PIN ? Ini saya seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu tengah malam saat mau melakukan pembayaran atas suatu invoice. Duh, rasanya pasti males banget kalau harus ngantri ke bank esok harinya kan? Nah, untung saja kejadian ini gak perlu saya harus ngantre ke bank hanya gara-gara reset PIN atas PIN yang terblokir pada malam hari saat kejadian tersebut.  Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari informasi yang saya dapat melalui layar smartphone saya. Kebetulan pada saat kejadian, ada notif yang disarankan oleh aplikasi perbankan dari Bank Permata yang saya gunakan yaitu PermataMobile X untuk menghubungi PermataTel di nomor 1500111. Langsung seketika itu juga saya menghubungi layanan PermataTel di 1500111. Beberapa hal atau step-step Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir Menghubungi PermataTel di nomor 1500111 Setelah tersambung, pilih layanan perban

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.