Langsung ke konten utama

Gowes Hemat Dengan Sepeda Listrik

sepeda listrikAyo, semangat gowes dengan sepeda listrik! Sepeda listrik bisa jadi alternatif transportasi saat harga bensin terus naik. Walaupun tidak secepat motor tapi bisa sangat membantu dalam penggunaan sehari-hari.  Buat yang belum tahu apa itu sepeda listrik, yuk baca pembahasan tentang ini sampai selesai.

Sepeda Listrik kadang dikenal sebagai e-sepeda atau sepeda booster. Sepeda biasa tapi telah terintegrasi dengan motor listrik.  Cara kerja sepeda listrik sebenarnya hampir sama dengan sepeda motor. Hanya saja jika motor biasa diisi dengan bensin, sepeda listrik dengan baterai. Jika lupa mengisi penuh baterai dan habis di tengah jalan, maka tinggal kayuh saja pedalnya seperti sepeda biasa. Sedangkan motor mogok ya harus didorong.

Jarak tempuh sepeda listrik maksimal 50Km dalam keadaan batere terisi penuh. Kecepatan sepeda listrik, lumayanlah 40Km.jam. Sepeda listrik seperti motor manual, kita tidak perlu mengganti-ganti gigi untuk menambah kecepatan. Sudah tersedia tombol-tombol untuk jalan datar atau tanjakan

Keuntungan dari sepeda listrik adalah :

  • Gak perlu pakai SIM untuk mengemudi sepeda listrik. Walaupun sekilas seperti motor tapi ‘judulnya’ tetap saja sepeda. Gowes sepeda di jalan kan nggak perlu SIM.
  • Tidak perlu menggunakan nomer polisi apalagi harus bayar pajak kendaraan setiap tahun
  • Lebih ringan dibandingkan motor dan tentu saja lebih mudah penggunaanya.
  • Lebih murah biayanya terutama karena tidak perlu beli bensin. Cukup dengan rajin-rajin isi baterai atau mengganti baterai dengan yang baru jika sudah aus.
  • Bisa berfungsi seperti motor biasa sekaligus seperti sepeda jika baterai habis.
  • Bisa untuk menyehatkan badan juga loh jika kita memilih untuk menggowes sepeda listrik sampai tujuan
  • Bebas polusi udara karena tidak ada asap pembakaran yang keluar dari knalpot.

Jika sudah punya sepeda listrik, saatnya mengetahui bagaimana cara merawatnya ya.

1.Selalu cek batere apakah masih bisa digunakan jarak jauh atau sudah sedikit lagi tersisa. Jangan biarkan baterai sepeda listrik dalam keadaan kosong yang lama. Ini akan merusak batere itu sendiri.

2. Seperti ponsel atau barang elektronik lain yang butuh mengisi baterai maka durasi pengisian batere pada sepeda listrik juga harus diperhatikan. Jika terlalu lama akan menyebabkan baterei menggelembung. Ini perkiraan durasi pengisian baterai

  • Baterai 36V 12Ah = maks 5 jam.
  • Baterai 48V 12Ah = maks 6 jam
  • Baterai 48V 20Ah = maks 8 jam
  • Baterai 48V 7Ah = maks 4 jam

3. Sebaiknya pilihlah jalan yang datar. Sepeda listrik umumnya lebih cocok dengan jalanan datar daripada yang menanjak. Jika memang harus lewat jalan menanjak, bantu dengan mengayuh agar dorongan semakin kuat.

4. Sepeda listrik juga tidak bisa digunakan untuk mereka yang ingin terburu-buru karena memang tidak bisa ngebut seperti motor tapi bisa lebih cepat dari sepeda biasa.

5. Jangan langsung menekan gas saat mulai berjalan, kayuh lebih dulu baru gunakan gas. Dengan begini mesin akan lebih awet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan "user ID Anda telah terhubung dengan device lain"
Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email.
Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama.
Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata:

1.Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X.Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah.Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”.Jawab “TIDAK” pada pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID Permata…

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Ticket KA Melalui Indomaret

Sejak kemunculan layanan online, PT. KAI terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat terutama pengguna setia jasa kereta api di Indonesia. Salah satunya dengan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre 121 yang bisa dihubungi selama 24 jam penuh. Reservasi ticket melalui contact centre ini memang sudah lama diperkenalkan dan dirilis oleh PT. KAI. Sekarang calon penumpang dengan mudah bisa mendapatkan ticket kereta api tanpa antri hanya dengan menghubungi 121.Setelah calon penumpang melakukan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre kereta api 121. Calon penumpang akan mendapatkan kode booking, kode pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan. Calon penumpang bisa melakukan pembayaran melalui atm atau transfer bank yang ditunjuk. Saat ini sudah hampir semua pembayaran dari bank mana saja bisa dilakukan.Kalau pas lagi gak ada saldo di atm, atau di rekening kita, sekarang ada cara baru lho melakukan pembayaran ticket online kereta api. Yaitu dengan da…

Bocoran Daihatsu Ayla Terbaru 2020

Sepekan terakhir kabar kehadiran Daihatsu Ayla Facelift makin santer saja. Kabar ini pun juga diikuti dengan kembarannya yaitu Toyota Agya. Dan dikabarkan Daihatsu Ayla Facelift Terbaru 2020 ini rencananya akan dijual mulai bulan Maret ini.
Sejak kehadirannya beberapa tahun silam, Daihatsu Ayla sudah mengalami beberapa ubahan. Dan ubahan demi ubahan ada punya banyak perubahan diberbagai sektor.
Berikut beberapa photo-photo Daihatsu Ayla Terbaru 2020 yang terposting diakun @Indra_Fathan





Mulai dari fender depan, samping, dan belakang ada sedikit ubahan yang terlihat dari sisi eksterior. Velg yang digunakan pun mengikuti Sigra maupun Calya terbaru dengan dual tone yang terlihat makin tajam.
Apakah mesin yang digunakan masih menggunakan 1.000 cc dan 1.200 cc? Kubikasi lengkap belum diumumkan secara resmi, tapi melihat dari spesifikasi di LCGC masih akan menggunakan kapasitas mesin yang di angka tersebut.
Kita tunggu saja update berikutnya.