Langsung ke konten utama

Seblak, Kerupuk Pedas Yang Nikmat

Baru lihat judul sama gambarnya aja, pasti kita langsung menelan ludah. Terbayang rasa nikmatnya seblak pedas yang bisa memanjakan dan mengenyangkan perut.  Ini dia favorit makanan ringan orang Jawa Barat yang nikmat. Apalagi jika disajikan hangat-hangat ditemani dengan kopi dan teh. Wah, rasanya juara deh!

Bagi mereka yang tinggal di Jawa Barat terutama di daerah Bandung dan Bogor, seblak sudah jadi makanan khas. Coba saja lihat di tempat jajanan pasti seblak tersedia. Hampir di setiap sekolah, gerobak seblak nongkrong di depannya dan selalu jadi rebutan. Rasa yang nikmat, pedas dengan harga yang sangat terjangkau membuat makanan satu ini jadi primadona dimana pun berada.

Sebenarnya Seblak itu sendiri sudah lama ada di daerah Jawa Tengah, tepatnya di daeah Sumpiuh. Di sana seblak disebut dengan kerupuk godog yang sudah populer sejak tahun 1940-an. Sementara di Jawa Barat, seblak mulai populer sekitar tahun 2000-an dan mulai booming sejak 2-3 tahun terakhir.  Mendadak semua pojok kota, ada yang jualan seblak.

Jika ingin sedikit variasi isi seblak juga bisa. Biasanya pedagang seblak akan menawarkan campuran bakso, sosis, ayam, kornet atau ceker ayam. Ada juga seblak yang dicampur dengan makaroni atau mie lalu disiram dengan sambal kacang. Pokoknya makanan satu ini bisa bikin ketagihan.

Bagi mereka yang rajin masak, ada juga yang mencoba buat sendiri di rumah. Caranya memang gampang dan cepat proses pembuatannya. Bisa jadi cemilan di sore hari sambil istirahat. Bisa juga jadi cemilan sehat anak-anak di rumah. Tinggal kita tambah saja dengan sayur mayur yang banyak dan daging sebagai karbohidrat. Jika ingin coba varian lain, mungkin akan lebih nikmat rasanya.

Penasaran dengan caranya? Gampang! Membuat seblak hanya 10-15 menit saja. Bahannya juga mudah didapat semua. Pertama-tama rebus kerupuk sampai empuk. Jangan terlalu lama direbus karena bisa menjadi terlalu lembek seperti bubur. Rebus saja sampai empuk setengah matang. Setelah itu, tumis bawang putih, kencur, cabai dan masukkan sayuran.

Setelah tercampur, masukkan kerupuk dan diamkan dulu sampai matang. Jika ingin pedas tinggal tambah sambal atau saos. Untuk takaran dari masing-masing bahan, bisa dikira-kira saja. Oya, sebaiknya pilih kerupuk merah atau kerupuk yang biasa dipakai tukang nasi goreng atau gado-gado karena lebih cepat empuk.

Jadi, mau mencoba? Tips makan seblak, jangan menunggu seblak dingin karena kerupuk jadi mengembang dan terlalu empuk. Rasanya jadi tidak enak. Jadi sebaiknya nikmati saat hangat biar kerupuk masih ada teksturnya. Jadi lapar deh kalau bahas seblak. Selamat mencoba dan memasak!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir

Pernah mengalami pada saat transaksi, saat genting-gentingnya, eh aplikasi perbankan kena blokir karena salah memasukkan PIN ? Ini saya seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu tengah malam saat mau melakukan pembayaran atas suatu invoice. Duh, rasanya pasti males banget kalau harus ngantri ke bank esok harinya kan? Nah, untung saja kejadian ini gak perlu saya harus ngantre ke bank hanya gara-gara reset PIN atas PIN yang terblokir pada malam hari saat kejadian tersebut.  Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari informasi yang saya dapat melalui layar smartphone saya. Kebetulan pada saat kejadian, ada notif yang disarankan oleh aplikasi perbankan dari Bank Permata yang saya gunakan yaitu PermataMobile X untuk menghubungi PermataTel di nomor 1500111. Langsung seketika itu juga saya menghubungi layanan PermataTel di 1500111. Beberapa hal atau step-step Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir Menghubungi PermataTel di nomor 1500111 Setelah tersambung, pilih layanan perban

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.