Langsung ke konten utama

Seblak, Kerupuk Pedas Yang Nikmat

Baru lihat judul sama gambarnya aja, pasti kita langsung menelan ludah. Terbayang rasa nikmatnya seblak pedas yang bisa memanjakan dan mengenyangkan perut.  Ini dia favorit makanan ringan orang Jawa Barat yang nikmat. Apalagi jika disajikan hangat-hangat ditemani dengan kopi dan teh. Wah, rasanya juara deh!

Bagi mereka yang tinggal di Jawa Barat terutama di daerah Bandung dan Bogor, seblak sudah jadi makanan khas. Coba saja lihat di tempat jajanan pasti seblak tersedia. Hampir di setiap sekolah, gerobak seblak nongkrong di depannya dan selalu jadi rebutan. Rasa yang nikmat, pedas dengan harga yang sangat terjangkau membuat makanan satu ini jadi primadona dimana pun berada.

Sebenarnya Seblak itu sendiri sudah lama ada di daerah Jawa Tengah, tepatnya di daeah Sumpiuh. Di sana seblak disebut dengan kerupuk godog yang sudah populer sejak tahun 1940-an. Sementara di Jawa Barat, seblak mulai populer sekitar tahun 2000-an dan mulai booming sejak 2-3 tahun terakhir.  Mendadak semua pojok kota, ada yang jualan seblak.

Jika ingin sedikit variasi isi seblak juga bisa. Biasanya pedagang seblak akan menawarkan campuran bakso, sosis, ayam, kornet atau ceker ayam. Ada juga seblak yang dicampur dengan makaroni atau mie lalu disiram dengan sambal kacang. Pokoknya makanan satu ini bisa bikin ketagihan.

Bagi mereka yang rajin masak, ada juga yang mencoba buat sendiri di rumah. Caranya memang gampang dan cepat proses pembuatannya. Bisa jadi cemilan di sore hari sambil istirahat. Bisa juga jadi cemilan sehat anak-anak di rumah. Tinggal kita tambah saja dengan sayur mayur yang banyak dan daging sebagai karbohidrat. Jika ingin coba varian lain, mungkin akan lebih nikmat rasanya.

Penasaran dengan caranya? Gampang! Membuat seblak hanya 10-15 menit saja. Bahannya juga mudah didapat semua. Pertama-tama rebus kerupuk sampai empuk. Jangan terlalu lama direbus karena bisa menjadi terlalu lembek seperti bubur. Rebus saja sampai empuk setengah matang. Setelah itu, tumis bawang putih, kencur, cabai dan masukkan sayuran.

Setelah tercampur, masukkan kerupuk dan diamkan dulu sampai matang. Jika ingin pedas tinggal tambah sambal atau saos. Untuk takaran dari masing-masing bahan, bisa dikira-kira saja. Oya, sebaiknya pilih kerupuk merah atau kerupuk yang biasa dipakai tukang nasi goreng atau gado-gado karena lebih cepat empuk.

Jadi, mau mencoba? Tips makan seblak, jangan menunggu seblak dingin karena kerupuk jadi mengembang dan terlalu empuk. Rasanya jadi tidak enak. Jadi sebaiknya nikmati saat hangat biar kerupuk masih ada teksturnya. Jadi lapar deh kalau bahas seblak. Selamat mencoba dan memasak!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan "user ID Anda telah terhubung dengan device lain"
Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email.
Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama.
Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata:

1.Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X.Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah.Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”.Jawab “TIDAK” pada pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID Permata…

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Ticket KA Melalui Indomaret

Sejak kemunculan layanan online, PT. KAI terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat terutama pengguna setia jasa kereta api di Indonesia. Salah satunya dengan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre 121 yang bisa dihubungi selama 24 jam penuh. Reservasi ticket melalui contact centre ini memang sudah lama diperkenalkan dan dirilis oleh PT. KAI. Sekarang calon penumpang dengan mudah bisa mendapatkan ticket kereta api tanpa antri hanya dengan menghubungi 121.Setelah calon penumpang melakukan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre kereta api 121. Calon penumpang akan mendapatkan kode booking, kode pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan. Calon penumpang bisa melakukan pembayaran melalui atm atau transfer bank yang ditunjuk. Saat ini sudah hampir semua pembayaran dari bank mana saja bisa dilakukan.Kalau pas lagi gak ada saldo di atm, atau di rekening kita, sekarang ada cara baru lho melakukan pembayaran ticket online kereta api. Yaitu dengan da…

Bocoran Daihatsu Ayla Terbaru 2020

Sepekan terakhir kabar kehadiran Daihatsu Ayla Facelift makin santer saja. Kabar ini pun juga diikuti dengan kembarannya yaitu Toyota Agya. Dan dikabarkan Daihatsu Ayla Facelift Terbaru 2020 ini rencananya akan dijual mulai bulan Maret ini.
Sejak kehadirannya beberapa tahun silam, Daihatsu Ayla sudah mengalami beberapa ubahan. Dan ubahan demi ubahan ada punya banyak perubahan diberbagai sektor.
Berikut beberapa photo-photo Daihatsu Ayla Terbaru 2020 yang terposting diakun @Indra_Fathan





Mulai dari fender depan, samping, dan belakang ada sedikit ubahan yang terlihat dari sisi eksterior. Velg yang digunakan pun mengikuti Sigra maupun Calya terbaru dengan dual tone yang terlihat makin tajam.
Apakah mesin yang digunakan masih menggunakan 1.000 cc dan 1.200 cc? Kubikasi lengkap belum diumumkan secara resmi, tapi melihat dari spesifikasi di LCGC masih akan menggunakan kapasitas mesin yang di angka tersebut.
Kita tunggu saja update berikutnya.