Langsung ke konten utama

Zippo, Korek Api Gas Legendaris

Korek Api ZippoPerokok, terutama kaum Adam, pasti tahu benar dengan pemantik atau korek api gas “tahan angin” alias windproof dengan merek Zippo. Zippo adalah nama generik untuk menyebutkan pemantik berbentuk khas yang memiliki tutup dan berbunyi ‘cling’ saat dibuka. Melihat sejarahnya, Zippo mulai dijual di pasaran sejak tahun 1930-an.

Zippo tak hanya laku di pasaran, tetapi juga sukses menjadi salah satu icon kualitas kerajinan tangan Amerika. Saking terkenalnya, perokok tidak jarang mereka menyebutkan korek api gas lainnya dengan sebutan Zippo. Sejak dijual ke pasaran hingga kini Zippo menjadi pemantik tanpa pesaing. Harganya yang relatif mahal justru menjaga pamor Zippo.

Demikian melegendanya Zippo, sampai-sampai memiliki komunitas penghobi di seluruh dunia sejak zaman baheula. Khusus di Indonesia, ada komunitas bernama ID-Zippo yang berisi orang-orang yang sangat menggemari Zippo dan mengoleksinya. Seorang anggota komunitas ID-Zippo mengaku memiliki koleksi Zippo sampai 50 buah dengan nilai lebih dari Rp 25 juta. Mereka berburu Zippo sampai ke luar negeri, demi kepuasan.

Mengenal sosok di balik Zippo

Orang yang berada di belakang Zippo adalah George G. Blaisdell. Dikatakan bahwa Blaisdell menemukan korek api Zippo pada tahun 1932. Ia mendapat ide membuat Zippo setelah menemukan korek api saku yang besar dan tebal buatan Austria. Blaisdell memproduksi korek api Zippo pertama di Bradford, Pennsylvania. Dia menemukan nama Zippo karena ia menyukai suara kata “ZIPPER” atau ristleting.

Blaisdell lahir pada tanggal 5 Juni 1895 di Bradford, Pennsylvania dan meninggal pada 3 Oktober 1978 di Miami Beach, Florida. Blaisdell bukanlah seorang anak yang baik dalam hal pendidikan. Ia dikatakan hanya sekolah sampai kelas 5. Dia membenci sekolah dan mengatakan kepada orang tuanya tidak ingin sekolah lagi.

Ayahnya lalu mengirim Blaisdell ke akademi militer, tapi setelah dua tahun ia dipecat dari militer tanpa alasan yang diketahui. Sepulangnya ke rumah, Blaisdell bekerja di bengkel milik keluarganya. Saat itulah ia belajar keahlian yang pada akhirnya membawanya kepada penemuan Zippo.

Blaisdell menjual Zippo pertamanya pada tahun 1933, dan pada tahun 1940-an perusahaannya berkembang pesat dan sangat terkenal. Di kalangan karyawannya, Blaisdell dikenal sebagai sosok yang mengutamakan kepentingan perusahaan di atas kepentingan pribadinya. Ia dikatakan sosok yang sangat peduli dengan karyawannya.

Perang dan Zippo

Korek api gas Zippo menjadi sangat populer ketika banyak dipakai oleh para tentara AS dalam Perang Dunia II (1939-1945). Kala itu, Zippo yang awalnya terbuat dari tembaga mulai dibuat dengan bahan baja. Tujuannya agar lebih kuat sehingga ada istilah yang mengatakan Zippo hanya akan hancur jika dilindas tank baja. Bahan ini masih dipakai sampai sekarang.

Lalu pada saat Perang Vietnam di tahun 1970an, pemantik Zippo lagi-lagi terangkat pamornya. Rupanya ada kebiasaan di kalangan prajurit AS kala itu mengukir Zippo mereka dengan moto pribadi mereka. Sampai sekarang Zippo jenis itu menjadi buruan para kolektor. Demikianlah Zippo, pemantik legendaries yang masih terus dicintai sampai sekarang.  (*)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir

Pernah mengalami pada saat transaksi, saat genting-gentingnya, eh aplikasi perbankan kena blokir karena salah memasukkan PIN ? Ini saya seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu tengah malam saat mau melakukan pembayaran atas suatu invoice. Duh, rasanya pasti males banget kalau harus ngantri ke bank esok harinya kan? Nah, untung saja kejadian ini gak perlu saya harus ngantre ke bank hanya gara-gara reset PIN atas PIN yang terblokir pada malam hari saat kejadian tersebut.  Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari informasi yang saya dapat melalui layar smartphone saya. Kebetulan pada saat kejadian, ada notif yang disarankan oleh aplikasi perbankan dari Bank Permata yang saya gunakan yaitu PermataMobile X untuk menghubungi PermataTel di nomor 1500111. Langsung seketika itu juga saya menghubungi layanan PermataTel di 1500111. Beberapa hal atau step-step Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir Menghubungi PermataTel di nomor 1500111 Setelah tersambung, pilih layanan perban

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK