Langsung ke konten utama

Zippo, Korek Api Gas Legendaris

Korek Api ZippoPerokok, terutama kaum Adam, pasti tahu benar dengan pemantik atau korek api gas “tahan angin” alias windproof dengan merek Zippo. Zippo adalah nama generik untuk menyebutkan pemantik berbentuk khas yang memiliki tutup dan berbunyi ‘cling’ saat dibuka. Melihat sejarahnya, Zippo mulai dijual di pasaran sejak tahun 1930-an.

Zippo tak hanya laku di pasaran, tetapi juga sukses menjadi salah satu icon kualitas kerajinan tangan Amerika. Saking terkenalnya, perokok tidak jarang mereka menyebutkan korek api gas lainnya dengan sebutan Zippo. Sejak dijual ke pasaran hingga kini Zippo menjadi pemantik tanpa pesaing. Harganya yang relatif mahal justru menjaga pamor Zippo.

Demikian melegendanya Zippo, sampai-sampai memiliki komunitas penghobi di seluruh dunia sejak zaman baheula. Khusus di Indonesia, ada komunitas bernama ID-Zippo yang berisi orang-orang yang sangat menggemari Zippo dan mengoleksinya. Seorang anggota komunitas ID-Zippo mengaku memiliki koleksi Zippo sampai 50 buah dengan nilai lebih dari Rp 25 juta. Mereka berburu Zippo sampai ke luar negeri, demi kepuasan.

Mengenal sosok di balik Zippo

Orang yang berada di belakang Zippo adalah George G. Blaisdell. Dikatakan bahwa Blaisdell menemukan korek api Zippo pada tahun 1932. Ia mendapat ide membuat Zippo setelah menemukan korek api saku yang besar dan tebal buatan Austria. Blaisdell memproduksi korek api Zippo pertama di Bradford, Pennsylvania. Dia menemukan nama Zippo karena ia menyukai suara kata “ZIPPER” atau ristleting.

Blaisdell lahir pada tanggal 5 Juni 1895 di Bradford, Pennsylvania dan meninggal pada 3 Oktober 1978 di Miami Beach, Florida. Blaisdell bukanlah seorang anak yang baik dalam hal pendidikan. Ia dikatakan hanya sekolah sampai kelas 5. Dia membenci sekolah dan mengatakan kepada orang tuanya tidak ingin sekolah lagi.

Ayahnya lalu mengirim Blaisdell ke akademi militer, tapi setelah dua tahun ia dipecat dari militer tanpa alasan yang diketahui. Sepulangnya ke rumah, Blaisdell bekerja di bengkel milik keluarganya. Saat itulah ia belajar keahlian yang pada akhirnya membawanya kepada penemuan Zippo.

Blaisdell menjual Zippo pertamanya pada tahun 1933, dan pada tahun 1940-an perusahaannya berkembang pesat dan sangat terkenal. Di kalangan karyawannya, Blaisdell dikenal sebagai sosok yang mengutamakan kepentingan perusahaan di atas kepentingan pribadinya. Ia dikatakan sosok yang sangat peduli dengan karyawannya.

Perang dan Zippo

Korek api gas Zippo menjadi sangat populer ketika banyak dipakai oleh para tentara AS dalam Perang Dunia II (1939-1945). Kala itu, Zippo yang awalnya terbuat dari tembaga mulai dibuat dengan bahan baja. Tujuannya agar lebih kuat sehingga ada istilah yang mengatakan Zippo hanya akan hancur jika dilindas tank baja. Bahan ini masih dipakai sampai sekarang.

Lalu pada saat Perang Vietnam di tahun 1970an, pemantik Zippo lagi-lagi terangkat pamornya. Rupanya ada kebiasaan di kalangan prajurit AS kala itu mengukir Zippo mereka dengan moto pribadi mereka. Sampai sekarang Zippo jenis itu menjadi buruan para kolektor. Demikianlah Zippo, pemantik legendaries yang masih terus dicintai sampai sekarang.  (*)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan "user ID Anda telah terhubung dengan device lain"
Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email.
Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama.
Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata:

1.Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X.Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah.Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”.Jawab “TIDAK” pada pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID Permata…

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Ticket KA Melalui Indomaret

Sejak kemunculan layanan online, PT. KAI terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat terutama pengguna setia jasa kereta api di Indonesia. Salah satunya dengan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre 121 yang bisa dihubungi selama 24 jam penuh. Reservasi ticket melalui contact centre ini memang sudah lama diperkenalkan dan dirilis oleh PT. KAI. Sekarang calon penumpang dengan mudah bisa mendapatkan ticket kereta api tanpa antri hanya dengan menghubungi 121.Setelah calon penumpang melakukan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre kereta api 121. Calon penumpang akan mendapatkan kode booking, kode pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan. Calon penumpang bisa melakukan pembayaran melalui atm atau transfer bank yang ditunjuk. Saat ini sudah hampir semua pembayaran dari bank mana saja bisa dilakukan.Kalau pas lagi gak ada saldo di atm, atau di rekening kita, sekarang ada cara baru lho melakukan pembayaran ticket online kereta api. Yaitu dengan da…

Bocoran Daihatsu Ayla Terbaru 2020

Sepekan terakhir kabar kehadiran Daihatsu Ayla Facelift makin santer saja. Kabar ini pun juga diikuti dengan kembarannya yaitu Toyota Agya. Dan dikabarkan Daihatsu Ayla Facelift Terbaru 2020 ini rencananya akan dijual mulai bulan Maret ini.
Sejak kehadirannya beberapa tahun silam, Daihatsu Ayla sudah mengalami beberapa ubahan. Dan ubahan demi ubahan ada punya banyak perubahan diberbagai sektor.
Berikut beberapa photo-photo Daihatsu Ayla Terbaru 2020 yang terposting diakun @Indra_Fathan





Mulai dari fender depan, samping, dan belakang ada sedikit ubahan yang terlihat dari sisi eksterior. Velg yang digunakan pun mengikuti Sigra maupun Calya terbaru dengan dual tone yang terlihat makin tajam.
Apakah mesin yang digunakan masih menggunakan 1.000 cc dan 1.200 cc? Kubikasi lengkap belum diumumkan secara resmi, tapi melihat dari spesifikasi di LCGC masih akan menggunakan kapasitas mesin yang di angka tersebut.
Kita tunggu saja update berikutnya.