Langsung ke konten utama

Menikmati Video Cara Google Chromecast

Google ChromecastKalau pengen puas nonton sepakbola, tanpa harus tergantung dengan televisi kabel/berlangganan atau parabola, tanpa harus gonta-ganti tv kabel, tanpa harus tergantung cuaca, maka salah satu pilihannya adalah dengan memiliki Google Chromecast. Dengan hanya satu gadget itu, kita streaming video online dari smartphone, tablet, atau laptop ke layar televisi.

Jadi, semisal Anda penggemar sepakbola, tak peduli TV mana yang punya hak siarnya, Anda bisa streaming lalu nonton di TV Anda. Begitu juga dengan penggemar berbagai video, tinggal streaming, sambungkan ke televise, sit back and relax, enjoy the video!     

Sedikit tentang Google Chromecast, gadget ini  diperkenalkan Google pada akhir 2013. Google Chromecast pada dasarnya adalah dongle TV yang memungkinkan pengguna melakukan streaming video online dari smartphone ke layar televise. Syaratnya, terhubung dalam jaringan yang sama. Chromecast terhubung dengan TV melalui koneksi HDMI. Ia mendapat sumber daya dari port USB atau colokan listrik AC.

Menurut Google, jika koneksi yang dimiliki HDMI 4.1, maka Chromecast tidak membutuhkan sumber daya lain. Dilihat dari ukurannya, dimensi Google Chromecast relatif kecil mirip seperti dongle Internet.

Tahapan Memasang Google Chromecast

Katakanlah Anda ingin memasang Google Chromecast sendiri, berikut adalah tips cara memasanganya.

  1. Chromecast dipasang di konektor HDMI TV dan colokan USB atau listrik untuk mendapatkan daya.
  2. Setelah itu, Google Chromecast akan meminta pengguna untuk melakukan setup. Setup dilakukan melalui perangkat yang ingin dipakai, misalnya smartphone atau laptop. Anda akan diminta mengunjungi halaman google.com/chromecast/setup. Anda harus memilih unduhan aplikasi untuk Mac, PC, atau Android.
  3. Setelah itu langkah-langkahnya relative mudah. Anda diminta menghubungkan Google Chromecast dalam jaringan WiFi yang ada.
  4. Jika ingin memasangkannya dengan laptop, Anda akan diminta meng-install plug-in Google Cast di browser Chrome.
  5. Sudah bisa dipakai dan Anda ingin melakukan streaming video,maka Anda bisa melakukan update terbaru aplikasi YouTube, Netflix, atau aplikasi lain yang didukung Chromecast seperti Google Play Movies dan Google Play Music.

Cukup mudah, bukan! Google Chromecast memberikan pengalaman baru, yaitu menonton video dalam TV. Untuk itu, Google membanderol Chromecast dengan harga 350 dollar AS atau sekitar Rp.5 jutaan. Harga tersebut tergolong murah namun tidak mengurangi benefit yang bisa didapatkan. Anda tak lagi harus memiliki fitur SmartTV jika ingin menikmati video YouTube di layar besar. Asyik, ya!

Berikut adalah summary kelebihan dan kekurangan Google Chromecast:

Kelebihan

  • Murah
  • Model dongle yang compact
  • Aplikasi video populer mendukung
  • Tidak terikat satu OS tertentu

Kekurangan

  • Butuh sumber daya eksternal atau harus memiliki koneksi HDMI 4.1
  • Tidak ada akses kontrol video terpusat
  • Dukungan aplikasi masih sedikit
  • Kualitas video saat Tab Casting berkurang
  • Keamanan terbuka, siapa saja bisa mengakses Chromecast asal di jaringan yang sama

Well, the choice is yours!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan "user ID Anda telah terhubung dengan device lain"
Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email.
Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama.
Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata:

1.Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X.Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah.Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”.Jawab “TIDAK” pada pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID Permata…

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Ticket KA Melalui Indomaret

Sejak kemunculan layanan online, PT. KAI terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat terutama pengguna setia jasa kereta api di Indonesia. Salah satunya dengan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre 121 yang bisa dihubungi selama 24 jam penuh. Reservasi ticket melalui contact centre ini memang sudah lama diperkenalkan dan dirilis oleh PT. KAI. Sekarang calon penumpang dengan mudah bisa mendapatkan ticket kereta api tanpa antri hanya dengan menghubungi 121.Setelah calon penumpang melakukan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre kereta api 121. Calon penumpang akan mendapatkan kode booking, kode pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan. Calon penumpang bisa melakukan pembayaran melalui atm atau transfer bank yang ditunjuk. Saat ini sudah hampir semua pembayaran dari bank mana saja bisa dilakukan.Kalau pas lagi gak ada saldo di atm, atau di rekening kita, sekarang ada cara baru lho melakukan pembayaran ticket online kereta api. Yaitu dengan da…

Bocoran Daihatsu Ayla Terbaru 2020

Sepekan terakhir kabar kehadiran Daihatsu Ayla Facelift makin santer saja. Kabar ini pun juga diikuti dengan kembarannya yaitu Toyota Agya. Dan dikabarkan Daihatsu Ayla Facelift Terbaru 2020 ini rencananya akan dijual mulai bulan Maret ini.
Sejak kehadirannya beberapa tahun silam, Daihatsu Ayla sudah mengalami beberapa ubahan. Dan ubahan demi ubahan ada punya banyak perubahan diberbagai sektor.
Berikut beberapa photo-photo Daihatsu Ayla Terbaru 2020 yang terposting diakun @Indra_Fathan





Mulai dari fender depan, samping, dan belakang ada sedikit ubahan yang terlihat dari sisi eksterior. Velg yang digunakan pun mengikuti Sigra maupun Calya terbaru dengan dual tone yang terlihat makin tajam.
Apakah mesin yang digunakan masih menggunakan 1.000 cc dan 1.200 cc? Kubikasi lengkap belum diumumkan secara resmi, tapi melihat dari spesifikasi di LCGC masih akan menggunakan kapasitas mesin yang di angka tersebut.
Kita tunggu saja update berikutnya.