Langsung ke konten utama

Menikmati Video Cara Google Chromecast

Google ChromecastKalau pengen puas nonton sepakbola, tanpa harus tergantung dengan televisi kabel/berlangganan atau parabola, tanpa harus gonta-ganti tv kabel, tanpa harus tergantung cuaca, maka salah satu pilihannya adalah dengan memiliki Google Chromecast. Dengan hanya satu gadget itu, kita streaming video online dari smartphone, tablet, atau laptop ke layar televisi.

Jadi, semisal Anda penggemar sepakbola, tak peduli TV mana yang punya hak siarnya, Anda bisa streaming lalu nonton di TV Anda. Begitu juga dengan penggemar berbagai video, tinggal streaming, sambungkan ke televise, sit back and relax, enjoy the video!     

Sedikit tentang Google Chromecast, gadget ini  diperkenalkan Google pada akhir 2013. Google Chromecast pada dasarnya adalah dongle TV yang memungkinkan pengguna melakukan streaming video online dari smartphone ke layar televise. Syaratnya, terhubung dalam jaringan yang sama. Chromecast terhubung dengan TV melalui koneksi HDMI. Ia mendapat sumber daya dari port USB atau colokan listrik AC.

Menurut Google, jika koneksi yang dimiliki HDMI 4.1, maka Chromecast tidak membutuhkan sumber daya lain. Dilihat dari ukurannya, dimensi Google Chromecast relatif kecil mirip seperti dongle Internet.

Tahapan Memasang Google Chromecast

Katakanlah Anda ingin memasang Google Chromecast sendiri, berikut adalah tips cara memasanganya.

  1. Chromecast dipasang di konektor HDMI TV dan colokan USB atau listrik untuk mendapatkan daya.
  2. Setelah itu, Google Chromecast akan meminta pengguna untuk melakukan setup. Setup dilakukan melalui perangkat yang ingin dipakai, misalnya smartphone atau laptop. Anda akan diminta mengunjungi halaman google.com/chromecast/setup. Anda harus memilih unduhan aplikasi untuk Mac, PC, atau Android.
  3. Setelah itu langkah-langkahnya relative mudah. Anda diminta menghubungkan Google Chromecast dalam jaringan WiFi yang ada.
  4. Jika ingin memasangkannya dengan laptop, Anda akan diminta meng-install plug-in Google Cast di browser Chrome.
  5. Sudah bisa dipakai dan Anda ingin melakukan streaming video,maka Anda bisa melakukan update terbaru aplikasi YouTube, Netflix, atau aplikasi lain yang didukung Chromecast seperti Google Play Movies dan Google Play Music.

Cukup mudah, bukan! Google Chromecast memberikan pengalaman baru, yaitu menonton video dalam TV. Untuk itu, Google membanderol Chromecast dengan harga 350 dollar AS atau sekitar Rp.5 jutaan. Harga tersebut tergolong murah namun tidak mengurangi benefit yang bisa didapatkan. Anda tak lagi harus memiliki fitur SmartTV jika ingin menikmati video YouTube di layar besar. Asyik, ya!

Berikut adalah summary kelebihan dan kekurangan Google Chromecast:

Kelebihan

  • Murah
  • Model dongle yang compact
  • Aplikasi video populer mendukung
  • Tidak terikat satu OS tertentu

Kekurangan

  • Butuh sumber daya eksternal atau harus memiliki koneksi HDMI 4.1
  • Tidak ada akses kontrol video terpusat
  • Dukungan aplikasi masih sedikit
  • Kualitas video saat Tab Casting berkurang
  • Keamanan terbuka, siapa saja bisa mengakses Chromecast asal di jaringan yang sama

Well, the choice is yours!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK

Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir

Pernah mengalami pada saat transaksi, saat genting-gentingnya, eh aplikasi perbankan kena blokir karena salah memasukkan PIN ? Ini saya seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu tengah malam saat mau melakukan pembayaran atas suatu invoice. Duh, rasanya pasti males banget kalau harus ngantri ke bank esok harinya kan? Nah, untung saja kejadian ini gak perlu saya harus ngantre ke bank hanya gara-gara reset PIN atas PIN yang terblokir pada malam hari saat kejadian tersebut.  Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari informasi yang saya dapat melalui layar smartphone saya. Kebetulan pada saat kejadian, ada notif yang disarankan oleh aplikasi perbankan dari Bank Permata yang saya gunakan yaitu PermataMobile X untuk menghubungi PermataTel di nomor 1500111. Langsung seketika itu juga saya menghubungi layanan PermataTel di 1500111. Beberapa hal atau step-step Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir Menghubungi PermataTel di nomor 1500111 Setelah tersambung, pilih layanan perban

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.