Langsung ke konten utama

Ingin Renovasi Rumah Hemat Biaya? Simak Dulu Triknya!

Rumah adalah salah satu investasi terbesar. Oleh karena itu, sudah seharusnya rumah dirawat dengan benar agar kenyamanan Anda dan keluarga di rumah tidak terganggu. Jika rumah Anda mengalami kebocoran pada atapnya, keretakan pada dinding dan lantai, maka itu tandanya rumah Anda harus segera direnovasi. Namun tak hanya untuk perbaikan, renovasi juga dapat dilakukan untuk mengubah gaya atau tampilan rumah.

Seperti yang kita ketahui, renovasi rumah memakan biaya yang tidak sedikit. Hal ini terkadang yang sering menjadi alasan seseorang untuk tidak merenovasi rumahnya. Padahal, jika renovasi rumah dilakukan secara cermat dan teliti, biaya yang dikeluarkan akan sesuai dengan rencana dan budget yang sudah ditetapkan. Nah, 4 tips renovasi rumah di bawah ini bisa membuat proyek renovasi rumah berjalan lancar, dan yang pasti… hemat biaya!

Pentingnya Membuat RAB Renovasi Rumah

Jika berbelanja di supermarket saja Anda pasti melakukan pembukuan, apalagi jika Anda melakukan proyek renovasi rumah. Perhitungan mengenai biaya upah pekerja dan bahan material yang dikeluarkan harus dilakukan secara cermat dan teliti. Perhitungan tersebut dapat Anda buat di dalam bentuk Rencana Anggaran Biaya (RAB). Mengapa RAB dibutuhkan? RAB merupakan sebuah perencanaan awal yang menyangkut jenis pekerjaan serta estimasi biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek renovasi rumah. RAB umumnya dibuat sebelum memulai proyek renovasi rumah Anda, maka Anda akan memperoleh hasil akhir renovasi rumah yang sesuai dengan kualitas yang Anda inginkan, tentunya dengan pengeluaran biaya yang sehemat mungkin.

Beli Bahan Bangunan Sendiri

Tidak semua orang mengerti tentang bahan bangunan. Mengurus renovasi rumah saja sudah pusing, ini ditambah dengan harus membeli bahan bangunan sendiri. Jika Anda berpikir seperti itu, sudah saatnya mengubah pemikiran Anda mengenai sulitnya membeli bahan bangunan. Belanja bahan bangunan itu menyenangkan lho jika Anda sudah melakukan survei harga bahan bangunan terlebih dahulu dan memahami bahan bangunan apa yang tepat untuk rumah Anda. Apabila Anda lebih mempercayakan orang lain untuk membeli bahan bangunan, maka mereka akan menambahkan ongkos ke dalam biaya pembelian bahan bangunan tersebut. Jadi, pasti akan lebih mahal!

Gunakan Jasa Arsitek

Banyak orang yang tidak menggunakan jasa arsitek ketika merenovasi rumah, karena takut mengeluarkan biaya renovasi rumah yang mahal. Padahal yang terjadi justru sebaliknya, kemungkinan Anda untuk “membuang-buang” biaya yang tidak diperlukan menjadi lebih besar. Terlebih lagi, Anda bisa jadi salah dalam merancang bangun rumah Anda. Jasa arsitek tidak hanya memberikan gambaran denah rumah, tapi juga merencanakan layout rumah Anda dengan matang.

Arsitek juga handal dalam memilih material yang tepat, mengawasi proses renovasi untuk memastikan bentuk bangunan tidak melenceng dari konsep, sehingga dapat mencegah pembengkakan pada budget proyek renovasi Anda serta membuat arsitektur rumah Anda menjadi indah dilihat.

Temukan Penyedia Jasa Renovasi Rumah Terpercaya dengan Platform Marketplace

sejasaAnda tentu menginginkan rumah nyaman untuk Anda dan keluarga. Namun, untuk mendapatkan penyedia jasa renovasi rumah terpercaya, kemana Anda harus mencari? Anda dapat mendapatkan jasa kontraktor, jasa pertukangan, jasa pemborong, jasa arsitek, sampai jasa interior design untuk merenovasi rumah Anda di platform marketplace jasa bernama Sejasa.com. Cukup dengan membuka Sejasa.com dan mengisi form request singkat, Anda akan mendapatkan penawaran berupa estimasi harga dari beberapa penyedia jasa. Anda dapat membandingkan harga, membaca review, dan melihat halaman business profile penyedia jasa tersebut. Mudah sekali, bukan?

Semoga tips di atas membantu Anda untuk mempersiapkan proyek renovasi rumah Anda!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan "user ID Anda telah terhubung dengan device lain"
Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email.
Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama.
Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata:

1.Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X.Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah.Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”.Jawab “TIDAK” pada pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID Permata…

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Ticket KA Melalui Indomaret

Sejak kemunculan layanan online, PT. KAI terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat terutama pengguna setia jasa kereta api di Indonesia. Salah satunya dengan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre 121 yang bisa dihubungi selama 24 jam penuh. Reservasi ticket melalui contact centre ini memang sudah lama diperkenalkan dan dirilis oleh PT. KAI. Sekarang calon penumpang dengan mudah bisa mendapatkan ticket kereta api tanpa antri hanya dengan menghubungi 121.Setelah calon penumpang melakukan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre kereta api 121. Calon penumpang akan mendapatkan kode booking, kode pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan. Calon penumpang bisa melakukan pembayaran melalui atm atau transfer bank yang ditunjuk. Saat ini sudah hampir semua pembayaran dari bank mana saja bisa dilakukan.Kalau pas lagi gak ada saldo di atm, atau di rekening kita, sekarang ada cara baru lho melakukan pembayaran ticket online kereta api. Yaitu dengan da…

Bocoran Daihatsu Ayla Terbaru 2020

Sepekan terakhir kabar kehadiran Daihatsu Ayla Facelift makin santer saja. Kabar ini pun juga diikuti dengan kembarannya yaitu Toyota Agya. Dan dikabarkan Daihatsu Ayla Facelift Terbaru 2020 ini rencananya akan dijual mulai bulan Maret ini.
Sejak kehadirannya beberapa tahun silam, Daihatsu Ayla sudah mengalami beberapa ubahan. Dan ubahan demi ubahan ada punya banyak perubahan diberbagai sektor.
Berikut beberapa photo-photo Daihatsu Ayla Terbaru 2020 yang terposting diakun @Indra_Fathan





Mulai dari fender depan, samping, dan belakang ada sedikit ubahan yang terlihat dari sisi eksterior. Velg yang digunakan pun mengikuti Sigra maupun Calya terbaru dengan dual tone yang terlihat makin tajam.
Apakah mesin yang digunakan masih menggunakan 1.000 cc dan 1.200 cc? Kubikasi lengkap belum diumumkan secara resmi, tapi melihat dari spesifikasi di LCGC masih akan menggunakan kapasitas mesin yang di angka tersebut.
Kita tunggu saja update berikutnya.