Langsung ke konten utama

5 Tips Memilih Bola Futsal yang Baik

Salah satu olahraga permainan yang sangat populer di dunia selain sepak bola adalah futsal. Permainan mengolah si “kulit bundar” ini hampir mirip dengan sepak bola pada umumnya. Yang membedakan adalah jumlah tim dan luas lapangan yang digunakan. Satu tim futsal biasanya terdiri dari 5 orang anggota dan lapangan untuk bermain ukurannya lebih kecil daripada lapangan sepak bola biasa. Futsal juga lebih sering dimainkan pada lapangan indoor. Memilih bola futsal yang baik, tak kalah penting dengan memilih sepatu futsal. Ada persyaratan khusus untuk bisa disebut bola berkualitas baik.

Di pasaran, ada banyak sekali merk untuk bola yang digunakan dalam permainan futsal. Semua memiliki ciri khas dan kualitasnya masing-masing, termasuk harganya. Namun untuk yang original, ada aturan standarnya terkait bahan serta ukuran bola tersebut. Untuk itu saat membeli bola ini, pilih yang berkualitas dan sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

  1. Perhatikan ukuran dan bahan bola standar.

Pada umumnya, bola futsal yang terbaik terdapat tulisan approved dan inspected. Untuk bola yang approved juga digunakan dalam pertandingan resmi sebagai bola standar. Standar bahan dan ukuran bola untuk futsal adalah sebagai berikut:

  • Bahan

Bahannya terbuat dari kulit atau material lain yang tidak berbahaya. Biasanya, bola yang terbaik terbuat dari bahan kulit dan sintetis. Bahan sintetis lebih mudah diperoleh dari bahan kulit. Harga bola sintetis pun lebih terjangkau namun kualitasnya hampir sama.

  • Ukuran

Ukuran bola standar untuk futsal berbeda dengan bola sepak biasa. Biasanya untuk futsal, memakai bola dengan ukuran 4. Sedangkan bola sepak ukurannya adalah 5. Ukuran ini bisa dilihat dari tulisan yang tercetak pada kulit bola.

  • Berat

Berat bola untuk futsal memiliki standar 0,4 hingga 0,44 kilogram.

  • Diameter bola.

Untuk bola dalam permainan futsal biasanya memiliki diameter standar sekitar 62-64 cm.

2. Perhatikan permukaan kulit bola.

Bladder dan cover juga merupakan bagian yang penting dari sebuah bola untuk permainan futsal. Permukaan bola biasanya terbuat dari bahan Polyurethane, PVC dan karet. Bola yang pada permukaan atau kulitnya terbuat dari PVC biasanya lebih awet dan lebih ringan. Namun permukaan bola yang terbuat dari polyurethane juga tahan lama dan anti air.

3. Perhatikan keras permukaan bola.

Tingkat keras bola berpengaruh terhadap kenyamanan saat memainkannya. Bola yang dijahit cenderung lebih empuk daripada bola yang di press mesin. Namun, bola yang di-press cenderung lebih murah dan mudah didapat.

4. Pantulan bola.

Pantulan standar bola yang baik adalah jika kita menjatuhkannya pada ketinggian 1-2 meter, ia akan memantul setinggi 30-40 mm. Tidak direkomendasikan bola yang jarak pantulannya lebih dari itu.

5. Cek kondisi bola.

Selain bladder dan cover, Anda juga wajib memeriksa kondisi bola. Misalkan pada pentil bola. Pastikan pentil berada di posisi yang normal. Hal ini juga berguna untuk mengurangi resiko bola bocor saat digunakan. Belilah bola dalam keadaan sudah dipompa atau sudah diisi udara, bukan yang kempes. Karena jika pentil bermasalah maka akan mudah diketahui. Demikian tips-tips memilih bola futsal yang baik. Penting bagi Anda untuk memilih bola sesuai standar kualitas di atas agar bola tetap awet dan tahan lama. Selain itu, permainan futsal Anda bersama teman-teman akan menjadi lebih mengasyikkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir

Pernah mengalami pada saat transaksi, saat genting-gentingnya, eh aplikasi perbankan kena blokir karena salah memasukkan PIN ? Ini saya seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu tengah malam saat mau melakukan pembayaran atas suatu invoice. Duh, rasanya pasti males banget kalau harus ngantri ke bank esok harinya kan? Nah, untung saja kejadian ini gak perlu saya harus ngantre ke bank hanya gara-gara reset PIN atas PIN yang terblokir pada malam hari saat kejadian tersebut.  Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari informasi yang saya dapat melalui layar smartphone saya. Kebetulan pada saat kejadian, ada notif yang disarankan oleh aplikasi perbankan dari Bank Permata yang saya gunakan yaitu PermataMobile X untuk menghubungi PermataTel di nomor 1500111. Langsung seketika itu juga saya menghubungi layanan PermataTel di 1500111. Beberapa hal atau step-step Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir Menghubungi PermataTel di nomor 1500111 Setelah tersambung, pilih layanan perban

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK