Langsung ke konten utama

10 Tata Tertib Dalam Kereta Api Yang Harus Diperhatikan Oleh Penumpang

Menjelang lebaran tiket mudik kereta lebaran semakin sedikit saja jumlahnya. Bagaimana tidak sedikit, jika setiap hari sudah banyak yang memesan untuk keluarganya pulang ke kampung halaman. Jaman sekarang pun pemesanan tiket mudik kereta lebaran jua semakin cepat dan praktis, yakni melalui sistem online.

Kereta api sebagai kendaraan mudik jarak jauh masih banyak peminatnya. Namun meskipun demikian, sepertinya para penumpang masih belum mengerti akan tata tertib dan peraturan yang ada ketika menggunakan kendaraan tersebut. melalui artikel berikut akan dijelaskan 10 macam tata tertib dalam kereta api yang harus diperhatikan oleh semua penumpang.

  1. Ketika menunggu di peron stasiun kereta api

a. Persiapkan tiket mudik kereta lebaran Anda

Persiapkanlah tiket mudik kereta lebaran ketika memasuki stasiun kereta api untuk diberikan kepada petugas stasiun.

b. Simpan dulu smartphone Anda

Jangan menggunakannya saat berjalan di sekitar stasiun.

c. Menunggu kereta dengan tertib

Jangan dorong-dorongan karena bisa membayakan diri sendiri dan orang lain.

d. Berjalan pada salah satu sisi dan berjalan di dalam garis kuning

e. Jangan merokok sembarangan

Merokoklah di ruangan yang sudah disediakan.

f. Utamakan penumpang yang akan turun

Biarkanlah penumpang yang ada di dalam untuk turun dulu, setelah itu silakan Anda naik.

2. Ketika berada di dalam kereta api

a. Naik di bagian dalam kereta api

Naiklah ke bagian dalam kereta dan langsung mencari tempat duduk sesuai dengan nomor yang ada di tiket. Jangan berhenti di dekat pintu gerbong, karena banyak penumpang lain yang akan masuk.

b. Jangan terlalu sering menggunakan handphone

Berbicara melalui telepon seluler di dalam kereta api bisa mengganggu kenyamanan penumpang lain yang ada di dalam kereta. Kemudian, sebaiknya handphone diatur dalam metode “silent” atau getar.

c. Berikan tempat duduk Anda untuk orang yang membutuhkan

Utamakanlah kursi untuk orang lanjut usia, wanita hamil, dan anak kecil.

d. Jangan makan dan minum dalam kereta

Meskipun Anda telah membeli tiket mudik kereta lebaran, makan dan minum tidak dianjurkan di dalam kereta, karena pasti akan ada kotoran atau sampah yang dihasilkan setelah Anda melakukan makan dan minum tersebut. belum lagi jika makanan ada yang tumpah ke kursi penumpang. Kereta api yang kotor pasti tak nyaman dan mengganggu orang lain.

Ketika Anda mudik dengan membeli tiket mudik kereta lebaran, berarti secara tidak langsung Anda telah siap untuk menaati dan mematuhi semua tata tertib dan peraturan yang telah dibuat oleh pihak PT KAI.

Dengan berbagai macam peraturan dan fasilitas yang memadai, banyak masyarakat yang berharap kereta api bisa menjadi transportasi yang aman, hemat, dan nyaman untuk menemani perjalanan mudik seluruh kalangan masyarakat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir

Pernah mengalami pada saat transaksi, saat genting-gentingnya, eh aplikasi perbankan kena blokir karena salah memasukkan PIN ? Ini saya seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu tengah malam saat mau melakukan pembayaran atas suatu invoice. Duh, rasanya pasti males banget kalau harus ngantri ke bank esok harinya kan? Nah, untung saja kejadian ini gak perlu saya harus ngantre ke bank hanya gara-gara reset PIN atas PIN yang terblokir pada malam hari saat kejadian tersebut.  Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari informasi yang saya dapat melalui layar smartphone saya. Kebetulan pada saat kejadian, ada notif yang disarankan oleh aplikasi perbankan dari Bank Permata yang saya gunakan yaitu PermataMobile X untuk menghubungi PermataTel di nomor 1500111. Langsung seketika itu juga saya menghubungi layanan PermataTel di 1500111. Beberapa hal atau step-step Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir Menghubungi PermataTel di nomor 1500111 Setelah tersambung, pilih layanan perban

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.