Langsung ke konten utama

Bayar Listrik Online Melalui Pesan Singkat SMS Banking Agar Lebih Mudah dan Cepat

Akhir-akhir ini perkembangan teknologi dunia semakin hebat, apalagi dunia internet yang sangat mudah orang mengaksesnya. Hal tersebut ternyata dimanfaatkan betul oleh masyarakat Indonesia, baik untuk bisnis atau untuk pembaharuan sistem pelayanan umum. Seperti bayar listrik online sekarang dapat dilakukan dengan mudah diberbagai tempat. Karena sistem online sendiri memang tidak ada batasan waktu maupun batasan tempat, jadi sangat fleksibel dan praktis. Tentunya jika dibandingkan dengan sistem sebelumnya, online mempunyai banyak kelebihan lainnya. Apalagi bagi mereka yang terlalu sibuk dalam kegiatannya tentu dengan adanya online semuanya akan lebih dipermudah.

Pemerintah sendiri banyak membuat alternative pembayaran listrik yang bisa digunakan untuk masyarakat. Selain untuk mempermudah mempercepat waktu pembayaran, sistem online juga dapat mengurangi tingkat antrian yang dahulu sering terjadi di beberapa loket pembayaran PLN. Secara tidak langsung dengan adanya sistem online bisa mendapatkan keuntungan baik dari masyarakat maupun dari kantor PLN. Dalam pembayaran online bisa dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya:

  1. Melalui pesan singkat SMS banking.

Dalam cara ini Anda tidak perlu lagi pergi ke loket pembayaran tagihan listrik, karena hanya dengan melalui layanan SMS Anda sudah dapat melakukan pembayaran. SMS banking merupakan program yang diadakan pihak PLN yang telah bekerja sama dengan beberapa bank di Indonesia. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan, pertama buka menu massage pada ponsel, kemudian ketik kode pembayaran lalu kirim dan tunggu sampai dengan ada konfirmasi mengenai keberhasilan transaksi.

2. Melalui internet banking.

Cara ini hampir sama dengan SMS banking, yang membedakan yaitu Anda harus mempunyai jaringan internet dan mempunyai akun internet banking sesuai dengan bank yang Anda gunakan. Setelah itu Anda bisa langsung masuk dan ikuti langkah-langkah untuk melakukan bayar listrik online melalui internet banking.

3. Melalui ATM.

Sebelum melakukan pembayaran tagihan listrik melalui ATM, silahkan untuk mengecek terlebih dahulu tagihan Anda pada sistem online melalui website. Setelah Anda mengetahui besar nominal yang harus dibayarkan barulah Anda untuk melakukan pembayaran melalui ATM.

4. Situs online.

Selanjutnya Anda dapat memanfaatkan adanya berbagai situs jual beli online yang menawarkan jasa pembayaran listrik baik itu prabayar maupun pascabayar. Langkahnya cukup mudah tinggal masuk saja ke situs online tersebut pilih menu pembayaran tagihan listrik jika Anda akan melakukan pembayaran dan pilih pembelian token listrik jika Anda akan melakukan pembelian voucher untuk sistem listrik prabayar.

Beberapa cara dalam pembayaran online tersebut dapat Anda gunakan dalam keseharian, pilih saja yang memang lebih mudah untuk dilakukan. Semua cara tergolong lebih mudah, cepat dan praktis untuk melakukannya. Itu merupakan wujud nyata dari pihak PLN untuk terus melakukan perubahan dalam sistem pembayaran supaya lebih mudah untuk masyarakat yang melakukannya. Sekarang banyak juga loket listrik keliling, kantor pos, supermarket atau tempat lainnya yang menawarkan jasa pembayaran listrik. Banyak pihak yang mengadakan kerja sama dengan PLN dan memungut biaya administrasi masing-masing yang berbeda.

Sekarang yang menjadi permasalahan selanjutnya yaitu mengenai pembiayaan administrasi pada setiap pembayaran listrik baik itu bayar listrik online  di toko online terpercaya maupun offline. Karena kesamaan biaya admin bagi yang mempunyai daya besar maupun kecil masih menjadi pertimbangan. Dari pemerintah sendiri berusaha untuk selalu memberikan layanan yang mudah dan tentunya adil buat semua masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan bawah, menengah sampai dengan atas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK

Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir

Pernah mengalami pada saat transaksi, saat genting-gentingnya, eh aplikasi perbankan kena blokir karena salah memasukkan PIN ? Ini saya seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu tengah malam saat mau melakukan pembayaran atas suatu invoice. Duh, rasanya pasti males banget kalau harus ngantri ke bank esok harinya kan? Nah, untung saja kejadian ini gak perlu saya harus ngantre ke bank hanya gara-gara reset PIN atas PIN yang terblokir pada malam hari saat kejadian tersebut.  Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari informasi yang saya dapat melalui layar smartphone saya. Kebetulan pada saat kejadian, ada notif yang disarankan oleh aplikasi perbankan dari Bank Permata yang saya gunakan yaitu PermataMobile X untuk menghubungi PermataTel di nomor 1500111. Langsung seketika itu juga saya menghubungi layanan PermataTel di 1500111. Beberapa hal atau step-step Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir Menghubungi PermataTel di nomor 1500111 Setelah tersambung, pilih layanan perban

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.