Langsung ke konten utama

Liburan Yuk! 4 Taman Safari ini Ciptakan Kenangan Liburan di Alam Bebas

Berencana untuk berlibur bersama keluarga? Salah satu destinasi wisata yang kerap didatangi  bersama dengan keluarga, terutama yang memiliki anak kecil adalah jenis wisata edukasi. Nah, untuk menemukan tempat berlibur yang mengusung konsep edukasi di Indonesia sangatlah mudah. Sobat Qupas bahkan dapat mendatangi sejumlah theme park hingga taman safari. Apa yang membedakan Taman Safari dengan kebun binatang ?, taman safari membuat para pengunjung dapat berinteraksi lebih dekat dengan satwa-satwa liar. Tidak hanya itu saja, sobat Qupas juga dapat melakukan sejumlah kegiatan seru dan menyenangkan selama berada di dalam area taman safari.

Sebut saja seperti menikmati pertunjukan sejumlah hewan menggemaskan seperti beruang, gajah hingga burung-burung nan eksotis, menjelajah area taman safari dengan menunggang gajah hingga menikmati sajian ditemani langsung oleh koleksi hewan buas yang ada disini. Bicara soal taman safari, sobat Qupas tidak hanya dapat mengunjungi Taman Safari I yang ada di Bogor. Apalagi mengingat Indonesia memiliki taman safari yang cukup banyak dan tersebar di sejumlah daerah berbeda-beda seperti berikut:

1. Taman Safari Indonesia, Cisarua

Taman Safari Indonesia Cisarua (Source Image: https://wisatajawa.wordpress.com/ )


Taman Safari Indonesia I merupakan taman safari tertua yang ada di Indonesia. Lokasinya berada di desa Cibeureum dan menjadikan tempat rekreasi ini selalu ramai pengunjung. Terutama bagi para wisatawan yang ingin menikmati liburan ke arah Bogor atau Puncak. Tak hanya menjadi tempat yang strategis untuk didatangi, salah satu daya tarik dari Taman Safari I adalah lokasinya yang masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Tidak heran jika udara di destinasi berlibur satu ini masih terasa sejuk, lengkap dengan hamparan khas pegunungan hijau sebagai panoramanya. 

Hal lainnya yang menjadi keunikan tersendiri dari Taman Safari Indonesia I adalah adanya Istana Panda. Bangunan ini dibuat khusus untuk merayakan kedatangan sepasang hewan lucu berbulu hitam putih dari China. Ialah Cai Tao dan Yu Chun yang menjadi primadona di Istana Panda. Tidak hanya dapat melihat tingkah menggemaskan sepasang hewan gembul tersebut, anda yang berkunjung tentunya juga dapat berfoto di photo booth yang telah tersedia. Kendati demikian, rupanya siapa saja yang berniat menengok duo menggemaskan ini harus mematuhi aturan yang berlaku. Salah satunya adalah membuang sampah pada tempatnya si lucu ini rawan menelan bungkus atau sisa makanan yang tertinggal.

Alamat:
Jalan Kapten Harun Kabir No. 724, Cibereum, Cisarua, Bogor, Jawa Barat (16750)

2. Taman Safari II, Prigen

Taman Safari II Prigen (Source Image: Taman Safari Prigen)


Selain Taman Safari Indonesia I, sobat Qupas yang berada di sekitar Jawa Timur juga dapat mendatangi Taman Safari 2 Prigen. Jika Taman Safari I berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Taman Safari Prigen masih berada di lereng gunung Arjuna. Tidak heran jika kedua tempat rekreasi ini memiliki pemandangan alam yang hampir sama. Kendati demikian, Taman Safari Prigen merupakan taman safari terluas yang ada di Asia sehingga pengunjung dapat menjelajah dengan puas. Apalagi Taman Safari Prigen juga memiliki koleksi hewan yang lebih banyak dan lebih lengkap. Mulai dari hewan endemik khas Indonesia hingga satwa yang hampir punah dari berbagai belahan dunia.

Pengunjung tidak hanya bisa menikmati Safari Adventure untuk mengintip tingkah laku hewan-hewan yang ada di sini, sejumlah aktivitas seperti outbond, menonton animal show hingga merasakan sajian Tiger Cave Restaurantjuga pantang untuk dilewatkan. Apalagi di Tiger Cave Restaurant tamu yang datang dapat menyantap makanan yang dipesan sembari melihat tingkah laku harimau koleksi Taman Safari Prigen. Kamu juga bisa menginap di sana lho! Tak hanya itu, ada resort dengan pemandangan keren.  Tak hanya menyediakan fasilitas modern yang lengkap, Baobab Safari Resort juga dibangun di area yang dikelilingi oleh satwa-satwa khas savana di Afrika.

Alamat:
Desa Jatiarjo, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur (67157)

3. Bali Safari & Marine Park


Bali Safari & Marine Park (Source Image: Kintamani.id)


Taman safari ketiga yang ada di Indonesia adalah Bali Safari & Marine Park. Berlokasi di Gianyar menjadikan Bali Safari & Marine Park sebagai salah satu tempat beribur favorit bagi para turis. Jika dibandingkan dengan yang lainnya, koleksi satwanya lebih sedikit jika dibandingkan dengan Taman Safari Prigen, di Bali Safari & Marine Park sobat Qupas masih bisa melihat beberapa hewan liar yang hampir punah. Bali Safari & Marine Park juga menjadi tempat penangkaran binatang endemik yang butuh dikembangbiakkan secara masif, baik yang berasal dari Indonesia atau luar negeri.

Hal yang lebih mengejutkan lainnya, para tamu yang berkunjung di Bali Safari & Marine Park juga dapat mempelajari tentang budaya Bali. Apalagi mengingat Bali Safari & Marine Park mengusung konsep wisata edukasi dan budaya. Tidak heran jika sejumlah kegiatan dan atraksi yang ada di sini berkaitan dengan budaya Bali. Salah satunya adalah Agung Show yang menampilkan pagelaran seni khas Bali dan melibatkan lebih dari 100 orang musisi maupun penari. Namun, bagi sobat Qupas yang ingin menjajal hal yang lebih menantang dapat mengambil paket safari di malam hari.

Alamat:
Jalan Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra Km 19,8, Serongga, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali (80551)

4. Batang Dolphin Center

Batang Dolphin Center (Source Image: http://boladiensadventure.blogspot.com)


Unit Taman Safari Indonesia yang bentuk bangunannya menyerupai perahu ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di wilayah Jawa Tengah Seperti namanya, Batang Dolphin Center memang memiliki daya tarik utamanya pada hewan lumba-lumba. Tidak heran jika di tempat ini sobat Qupas dapat melihat atraksi mamalia yang terkenal akan kecerdasannya tersebut. Selain itu, Batang Dolphin Center juga menjadi tempat konservasi dari sejumlah jenis lumba-lumba berikut binatang yang berada di Mini Zoo. Tidak heran jika sobat Qupas juga dapat melihat hewan darat lain seperti emmu hingga llama. 

Berbeda dari tiga taman safari sebelumnya, tempat berlibur satu ini masih berada di kawasan Pantai Sigandu, Batang. Tidak heran jika pelancong yang berkunjung ke Batang Dolphin Center tentunya dapat melakukan sejumlah kegiatan di area pantai karena lokasinya yang tidak jauh dari Pantai Sigandu. Salah satunya adalah menyusuri area pantai dengan menaiki unta. Kegiatan satu ini akan terasa lebih menarik saat mendekati waktu sunset.

Alamat:
Kidanglor, Kidang Lor, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah (51216)

Siapa yang akan menyangka ternyata setiap taman safari yang ada di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri. Beberapa diantaranya seperti Taman Safari I yang berada di Cisarua yang kerap dikunjungi wisatawan yang akan menuju ke Puncak atau Bogor. Atau Taman Safari Prigen yang menjadi taman safari terbesar se-Asia Tenggara dengan beragam koleksi satwa dan atraksinya. Kendati demikian, sobat Qupas yang ingin menikmati pengalaman tak biasa seperti menikmati sarapan ditemani para satwa liar dapat mendatangi Bali Safari & Marine Park yang terletak di Pulau Bali ini. Berbeda lagi jika sobat Qupas ingin melihat atraksi lumba-lumba dan penangkaran sejumlah satwa liar dengan latar belakang Pantai SIgandu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Ticket KA Melalui Indomaret

Sejak kemunculan layanan online, PT. KAI terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat terutama pengguna setia jasa kereta api di Indonesia. Salah satunya dengan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre 121 yang bisa dihubungi selama 24 jam penuh. Reservasi ticket melalui contact centre ini memang sudah lama diperkenalkan dan dirilis oleh PT. KAI. Sekarang calon penumpang dengan mudah bisa mendapatkan ticket kereta api tanpa antri hanya dengan menghubungi 121.Setelah calon penumpang melakukan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre kereta api 121. Calon penumpang akan mendapatkan kode booking, kode pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan. Calon penumpang bisa melakukan pembayaran melalui atm atau transfer bank yang ditunjuk. Saat ini sudah hampir semua pembayaran dari bank mana saja bisa dilakukan.Kalau pas lagi gak ada saldo di atm, atau di rekening kita, sekarang ada cara baru lho melakukan pembayaran ticket online kereta api. Yaitu dengan da…

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan "user ID Anda telah terhubung dengan device lain"
Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email.
Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama.
Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata:

1.Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X.Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah.Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”.Jawab “TIDAK” pada pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID Permata…

Bocoran Daihatsu Ayla Terbaru 2020

Sepekan terakhir kabar kehadiran Daihatsu Ayla Facelift makin santer saja. Kabar ini pun juga diikuti dengan kembarannya yaitu Toyota Agya. Dan dikabarkan Daihatsu Ayla Facelift Terbaru 2020 ini rencananya akan dijual mulai bulan Maret ini.
Sejak kehadirannya beberapa tahun silam, Daihatsu Ayla sudah mengalami beberapa ubahan. Dan ubahan demi ubahan ada punya banyak perubahan diberbagai sektor.
Berikut beberapa photo-photo Daihatsu Ayla Terbaru 2020 yang terposting diakun @Indra_Fathan





Mulai dari fender depan, samping, dan belakang ada sedikit ubahan yang terlihat dari sisi eksterior. Velg yang digunakan pun mengikuti Sigra maupun Calya terbaru dengan dual tone yang terlihat makin tajam.
Apakah mesin yang digunakan masih menggunakan 1.000 cc dan 1.200 cc? Kubikasi lengkap belum diumumkan secara resmi, tapi melihat dari spesifikasi di LCGC masih akan menggunakan kapasitas mesin yang di angka tersebut.
Kita tunggu saja update berikutnya.