Langsung ke konten utama

#O2SN2018 Mengasah Bakat Lewat Kompetisi

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan kembali menggelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Di Yogyakarta yang berlangsung pada 16 hingga 22 September 2018.

O2SN 2018 merupakan penyelenggaraan yang Ke-11 sejak pertama kali digelar pada tahun 2008. Sebanyak 1.938 siswa SD, SMP, SMA, SMK, SLB, MI, MTS, MA akan memperebutkan 138 medali emas, 138 medali perak dan 172 medali perunggu dalam ajang O2SN kali ini.

O2SN 2018 diikuti 4.423 peserta, terdiri dari 1.938 atlet, 306 official, 510 pendamping, 204 pembina, 1.057 wasit dan asisten wasit, dan 408 panitia dan fasilitator. Menjadi juara atau menjadi orang nomor 1 di dalam O2SN memang sangat penting namun kejujuran, usaha keras, dan percaya diri lebih penting dari capaian yang diraih.

Rabu lalu, 19 September 2018 saya mendapat kesempatan untuk menyaksikan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2018 yang diselenggarakan di Yogyakarta. Pada kesempatan ini, cabang olahraga yang saya tuju adalah cabang olahraga Senam. Cabang olahraga senam ini dipertandingkan di lokasi Lapangan Tenis FIK Universitas Negeri Yogyakarta. Lokasinya tidak jauh dari cabang olahraga Pencak Silat yang mana juga dipertandingkan di lokasi Lapangan Tenis FIK Universitas Negeri Yogyakarta ini.

Cabang olahraga senam pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) ini diikuti oleh perwakilan dari masing-masing provinsi di Indonesia. Dan cabang olahraga senam yang dipertandingkan ini adalah untuk usia SD. Mereka datang dari ujung barat Indonesia hingga ujung timur Indonesia. Didampingi oleh pelatih, official, bahkan ada orangtua mereka yang turut mendampingi.

Pada cabang olahraga Senam ini ada 3 jenis senam yang dipertandingkan. Diantaranya adalah senam lantai, senam ritmik, dan senam artistik.

Para peserta menunjukkan aksinya untuk memikat para juri yang menilai.

Cabang olahraga senam ini diikuti oleh putra-putri terbaik dan terpilih dari berbagai provinsi yang datang ke Yogyakarta. Tidak begitu terlihat sebagai siswa SMP atau SMA, karena cabang olahraga senam yang sedang dipertandingkan ini adalah cabang olahraga senam untuk usia SD.

Cabor Senam untuk atlet jenjang SD dibagi menjadi dua, yaitu Senam Ritmik Putri dan Senam Artistik Putra, yang masing-masing memiliki tiga nomor. Pada Senam Ritmik Putri, setiap peserta tampil untuk nomor Free Hand (senam dengan musik, tanpa alat), Hoop/Simpai, dan Gada/Clubs. Senam Artistik Putra mempertandingkan tiga nomor, yaitu Meja Lompat, Lantai, dan Meja Jamur.

Dari tiga nomor itu akan dipilih tiga terbaik (medali emas, perak dan perunggu) untuk kategori Serba Bisa, yang penilaiannya digabung dari ketiga nomor.

Selain itu, cabor Senam Artistik Putra memiliki tiga final, yaitu final nomor Meja Lompat, final nomor Meja Jamur, dan final nomor Lantai. Total peserta untuk cabor Senam Artistik Putra tahun ini adalah 28 orang, sehingga semuanya bisa masuk final.

Terkait dengan teknis penilaian dalam cabor Senam Artistis Putra. Pada nomor Senam Lantai, ada 11 gerakan yang harus ditampilkan peserta dengan urutan yang tergantung pilihan peserta. Lalu di nomor Meja Jamur, yang diuji adalah gerakan Double X Circle. “Boleh sekaligus 10 kali, boleh 4-4-2, atau 5-5. Kalau turun atau jatuh dari meja nilainya dikurangi 1,0 dari nilai awal 10. Nanti dikurangi oleh Juri Pemotongan,” jelas Pepen. Kemudian untuk nomor Meja Lompat, dari dua kali lompatan, akan diambil nilai yang paling tinggi. Namun, untuk penilaian di final, nilai yang diambil dalam nomor Meja Lompat adalah nilai rata-rata dari dua kali lompatan.

Mari kita dukung adik-adik kita dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional 2018 ini. Dan #SukseskanO2SN2018.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK

Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir

Pernah mengalami pada saat transaksi, saat genting-gentingnya, eh aplikasi perbankan kena blokir karena salah memasukkan PIN ? Ini saya seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu tengah malam saat mau melakukan pembayaran atas suatu invoice. Duh, rasanya pasti males banget kalau harus ngantri ke bank esok harinya kan? Nah, untung saja kejadian ini gak perlu saya harus ngantre ke bank hanya gara-gara reset PIN atas PIN yang terblokir pada malam hari saat kejadian tersebut.  Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari informasi yang saya dapat melalui layar smartphone saya. Kebetulan pada saat kejadian, ada notif yang disarankan oleh aplikasi perbankan dari Bank Permata yang saya gunakan yaitu PermataMobile X untuk menghubungi PermataTel di nomor 1500111. Langsung seketika itu juga saya menghubungi layanan PermataTel di 1500111. Beberapa hal atau step-step Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir Menghubungi PermataTel di nomor 1500111 Setelah tersambung, pilih layanan perban

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.