Langsung ke konten utama

#O2SN2018 Mengasah Bakat Lewat Kompetisi

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan kembali menggelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Di Yogyakarta yang berlangsung pada 16 hingga 22 September 2018.

O2SN 2018 merupakan penyelenggaraan yang Ke-11 sejak pertama kali digelar pada tahun 2008. Sebanyak 1.938 siswa SD, SMP, SMA, SMK, SLB, MI, MTS, MA akan memperebutkan 138 medali emas, 138 medali perak dan 172 medali perunggu dalam ajang O2SN kali ini.

O2SN 2018 diikuti 4.423 peserta, terdiri dari 1.938 atlet, 306 official, 510 pendamping, 204 pembina, 1.057 wasit dan asisten wasit, dan 408 panitia dan fasilitator. Menjadi juara atau menjadi orang nomor 1 di dalam O2SN memang sangat penting namun kejujuran, usaha keras, dan percaya diri lebih penting dari capaian yang diraih.

Rabu lalu, 19 September 2018 saya mendapat kesempatan untuk menyaksikan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2018 yang diselenggarakan di Yogyakarta. Pada kesempatan ini, cabang olahraga yang saya tuju adalah cabang olahraga Senam. Cabang olahraga senam ini dipertandingkan di lokasi Lapangan Tenis FIK Universitas Negeri Yogyakarta. Lokasinya tidak jauh dari cabang olahraga Pencak Silat yang mana juga dipertandingkan di lokasi Lapangan Tenis FIK Universitas Negeri Yogyakarta ini.

Cabang olahraga senam pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) ini diikuti oleh perwakilan dari masing-masing provinsi di Indonesia. Dan cabang olahraga senam yang dipertandingkan ini adalah untuk usia SD. Mereka datang dari ujung barat Indonesia hingga ujung timur Indonesia. Didampingi oleh pelatih, official, bahkan ada orangtua mereka yang turut mendampingi.

Pada cabang olahraga Senam ini ada 3 jenis senam yang dipertandingkan. Diantaranya adalah senam lantai, senam ritmik, dan senam artistik.

Para peserta menunjukkan aksinya untuk memikat para juri yang menilai.

Cabang olahraga senam ini diikuti oleh putra-putri terbaik dan terpilih dari berbagai provinsi yang datang ke Yogyakarta. Tidak begitu terlihat sebagai siswa SMP atau SMA, karena cabang olahraga senam yang sedang dipertandingkan ini adalah cabang olahraga senam untuk usia SD.

Cabor Senam untuk atlet jenjang SD dibagi menjadi dua, yaitu Senam Ritmik Putri dan Senam Artistik Putra, yang masing-masing memiliki tiga nomor. Pada Senam Ritmik Putri, setiap peserta tampil untuk nomor Free Hand (senam dengan musik, tanpa alat), Hoop/Simpai, dan Gada/Clubs. Senam Artistik Putra mempertandingkan tiga nomor, yaitu Meja Lompat, Lantai, dan Meja Jamur.

Dari tiga nomor itu akan dipilih tiga terbaik (medali emas, perak dan perunggu) untuk kategori Serba Bisa, yang penilaiannya digabung dari ketiga nomor.

Selain itu, cabor Senam Artistik Putra memiliki tiga final, yaitu final nomor Meja Lompat, final nomor Meja Jamur, dan final nomor Lantai. Total peserta untuk cabor Senam Artistik Putra tahun ini adalah 28 orang, sehingga semuanya bisa masuk final.

Terkait dengan teknis penilaian dalam cabor Senam Artistis Putra. Pada nomor Senam Lantai, ada 11 gerakan yang harus ditampilkan peserta dengan urutan yang tergantung pilihan peserta. Lalu di nomor Meja Jamur, yang diuji adalah gerakan Double X Circle. “Boleh sekaligus 10 kali, boleh 4-4-2, atau 5-5. Kalau turun atau jatuh dari meja nilainya dikurangi 1,0 dari nilai awal 10. Nanti dikurangi oleh Juri Pemotongan,” jelas Pepen. Kemudian untuk nomor Meja Lompat, dari dua kali lompatan, akan diambil nilai yang paling tinggi. Namun, untuk penilaian di final, nilai yang diambil dalam nomor Meja Lompat adalah nilai rata-rata dari dua kali lompatan.

Mari kita dukung adik-adik kita dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional 2018 ini. Dan #SukseskanO2SN2018.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan "user ID Anda telah terhubung dengan device lain"
Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email.
Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama.
Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata:

1.Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X.Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah.Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”.Jawab “TIDAK” pada pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID Permata…

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Ticket KA Melalui Indomaret

Sejak kemunculan layanan online, PT. KAI terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat terutama pengguna setia jasa kereta api di Indonesia. Salah satunya dengan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre 121 yang bisa dihubungi selama 24 jam penuh. Reservasi ticket melalui contact centre ini memang sudah lama diperkenalkan dan dirilis oleh PT. KAI. Sekarang calon penumpang dengan mudah bisa mendapatkan ticket kereta api tanpa antri hanya dengan menghubungi 121.Setelah calon penumpang melakukan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre kereta api 121. Calon penumpang akan mendapatkan kode booking, kode pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan. Calon penumpang bisa melakukan pembayaran melalui atm atau transfer bank yang ditunjuk. Saat ini sudah hampir semua pembayaran dari bank mana saja bisa dilakukan.Kalau pas lagi gak ada saldo di atm, atau di rekening kita, sekarang ada cara baru lho melakukan pembayaran ticket online kereta api. Yaitu dengan da…

Bocoran Daihatsu Ayla Terbaru 2020

Sepekan terakhir kabar kehadiran Daihatsu Ayla Facelift makin santer saja. Kabar ini pun juga diikuti dengan kembarannya yaitu Toyota Agya. Dan dikabarkan Daihatsu Ayla Facelift Terbaru 2020 ini rencananya akan dijual mulai bulan Maret ini.
Sejak kehadirannya beberapa tahun silam, Daihatsu Ayla sudah mengalami beberapa ubahan. Dan ubahan demi ubahan ada punya banyak perubahan diberbagai sektor.
Berikut beberapa photo-photo Daihatsu Ayla Terbaru 2020 yang terposting diakun @Indra_Fathan





Mulai dari fender depan, samping, dan belakang ada sedikit ubahan yang terlihat dari sisi eksterior. Velg yang digunakan pun mengikuti Sigra maupun Calya terbaru dengan dual tone yang terlihat makin tajam.
Apakah mesin yang digunakan masih menggunakan 1.000 cc dan 1.200 cc? Kubikasi lengkap belum diumumkan secara resmi, tapi melihat dari spesifikasi di LCGC masih akan menggunakan kapasitas mesin yang di angka tersebut.
Kita tunggu saja update berikutnya.