Langsung ke konten utama

Berbagai Cara Mudah yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mendapatkan Pinjaman Dana Tunai

Uang menjadi sebuah benda yang seakan tak pernah habis dicari orang. Tak jarang, meski perencanaan keuangan telah dilakukan sedemikian rupa, Anda masih saja membutuhkan dana mendesak.  Kalau sudah begini, solusinya adalah pinjaman dana tunai.  Berikut ini berbagai cara yang bisa Anda lakukan saat membutuhkan pinjaman.

1. Pinjaman Ke Keluarga

Keluarga adalah alternatif pertama saat seseorang sedang mencari pinjaman dana dalam jumlah banyak dan cepat.  Dengan meminjam kepada keluarga, tentu uang akan bisa Anda terima dengan cepat, tentunya tanpa adanya jaminan apapun. Tentunya keluarga yang baik tidak akan pernah membiarkan anggota keluarga lain berada dalam kesulitan seorang diri.  Mereka pasti akan membantu Anda jika mereka mampu.

2. Pinjaman Koperasi Karyawan

Jika Anda merupakan seorang karyawan, Anda bisa meminjam uang yang di koperasi karyawan.  Sebab, koperasi karyawan menyediakan layanan peminjaman uang bagi karyawan. Selain itu, Anda juga akan dipermudah ketika melakukan peminjaman karena Anda yang berprofesi sebagai karyawan adalah anggota koperasi tersebut.  Biasanya pinjaman sudah terintegrasi langsung dengan sistem gaji karyawan di perusahaan Anda bekerja.

3. Pegadaian

Pegadaian, ini merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bisa membantu Anda dalam melakukan peminjaman dana.  Kelebihan pegadaian adalah tempat peminjaman uang yang memiliki sistem cepat dan mudah. Namun, seperti namanya pegadaian, Anda harus menggadaikan barang berharga atau aset yang Anda miliki.  Caranya, Anda hanya perlu membawa satu atau lebih barang berharga yang Anda miliki yang akan anda gadaikan tersebut ke pegadaian, kemudian pihak pegadaian akan menentukan nominal dana pinjaman yang bisa diberikan.  Dana pinjaman tentu akan disesuaikan dengan perkiraan nominal barang yang Anda serahkan untuk Anda gadaikan.

4. Bank

Bank adalah salah satu opsi yang sering terpikirkan jika seseorang membutuhkan dana pinjaman.  Hal ini disebabkan bank mampu meminjamkan uang dalam jumlah yang relatif banyak. Namun, tentunya ada persyaratan khusus yang harus Anda penuhi sebelum Anda bisa mendapatkan uang yang Anda pinjam.  Ada berbagai produk layanan pinjaman dana yang ditawarkan bank, mulai dari yang menggunakan agunan ataupun tanpa agunan. Anda bisa memilih layanan yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Perusahaan Pembiayaan

Banyak perusahaan di bidang pembiayaan yang telah hadir serta menawarkan berbagai produk pinjaman. Salah satunya adalah leasingLeasing adalah salah satu penyedia pinjaman dana ketika Anda akan membeli kendaraan, baik itu motor, mobil, ataupun kendaraan lainnya.  Selain itu, leasing juga dapat menjadi salah satu alternatif tempat peminjaman ketika Anda ingin meminjam uang dengan jumlah banyak dalam waktu singkat.  Adapun syarat yang diajukan biasanya adalah Anda akan diminta untuk menjaminkan surat-surat berharga yang Anda miliki sebagai jaminan.  Kebanyakan orang biasanya akan lebih memilih untuk menjaminkan surat BPKB motor mereka.

6. Pinjaman Online

Dengan teknologi yang berkembang pesat menghadirkan berbagai inovasi yang baru pula pada bidang pinjaman.  Salah satunya adalah adanya menggunakan pinjaman online. Pinjaman ini bisa Anda dapatkan bahkan dimana saja dan kapan saja.  Hal yang perlu Anda lakukan hanya membuka situs penyedia jasa peminjaman online yang Anda pilih.  Kemudian Anda tinggal mengisi formulir dan memenuhi persyaratan yang ada, lalu silahkan berduduk diam dan menunggu pemberitahuan mengenai pengajuan pinjaman Anda. Apabila pengajuan Anda diterima, maka uang tersebut akan dikirimkan ke rekening Anda.

7.  Tarik Dana Tunai Melalui Kartu Kredit

Ini adalah opsi terakhir yang disarankan, Anda bisa memanfaatkan hanya jika benar-benar dalam keadaan terdesak. Sebab, bunga yang diberikan untuk pinjaman kartu kredit ini biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan pinjaman dana lainnya.  Wajar saja, karena prosesnya yang sangat mudah dan cepat. Hanya dalam hitungan sekian detik, dana pinjaman dari tarik tunai kartu kredit sudah bisa berada di tangan.

Namun ada biaya yang diberikan untuk tarik tunai kartu kredit di mesin ATM.  Biaya tersebut belum termasuk bunga pinjaman. Oleh sebab itu, tarik tunai kartu kredit ini hanya digunakan jika mendesak, dan lebih baik jika tagihannya langsung dilunasi.  Sebab, jika semakin ditunda, semakin besar pula beban yang dibayar.

Berkat adanya berbagai layanan pinjaman serta fintech, sekarang jadi lebih mudah jika mencari alternatif dana pinjaman cepat.  Tapi perlu diingat, Anda tetap harus menghitung kemampuan bayar Anda saat akan mengajukan permohonan pinjaman.

Solusi pinjaman dana cepat ini terkadang bisa membuat Anda menjadi terjebak karena begitu mudahnya untuk didapat.  Lihat dan bandingkan dahulu bunganya. Hitung tenor pinjaman yang pas dengan kemampuan keuangan Anda.

Meski pinjaman bisa didapat secara mudah dan online, bukan berarti debitur bisa lari dan tidak menjalankan kewajibannya tanpa terdeteksi setelah mendapat pinjaman.  Karena setiap debitur akan bisa dengan mudah dilacak dengan menggunakan peralatan teknologi. Jadi selalu cermatlah menghitung kemampuan bayar dan kebutuhan sebelum mengajukan pinjaman.

Demikian artikel mengenai berbagai cara untuk mendapatkan pinjaman dana.  Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan Anda tolak ukur dan informasi yang membantu.  Semoga berhasil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir

Pernah mengalami pada saat transaksi, saat genting-gentingnya, eh aplikasi perbankan kena blokir karena salah memasukkan PIN ? Ini saya seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu tengah malam saat mau melakukan pembayaran atas suatu invoice. Duh, rasanya pasti males banget kalau harus ngantri ke bank esok harinya kan? Nah, untung saja kejadian ini gak perlu saya harus ngantre ke bank hanya gara-gara reset PIN atas PIN yang terblokir pada malam hari saat kejadian tersebut.  Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari informasi yang saya dapat melalui layar smartphone saya. Kebetulan pada saat kejadian, ada notif yang disarankan oleh aplikasi perbankan dari Bank Permata yang saya gunakan yaitu PermataMobile X untuk menghubungi PermataTel di nomor 1500111. Langsung seketika itu juga saya menghubungi layanan PermataTel di 1500111. Beberapa hal atau step-step Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir Menghubungi PermataTel di nomor 1500111 Setelah tersambung, pilih layanan perban

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.