Langsung ke konten utama

Pentingnya Upaya Pemerataan Beasiswa

​Peran pendidikan sangat penting dalam peningkatan berbagai sektor. Mulai dari ekonomi, budaya, seni, dan teknologi menuntut adanya pendidikan yang tinggi.

Banyak masyarakat ingin cerdas, namun memiliki keterbatasan dalam biaya pendidikan. Disinilah ada peran pemerintah dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Ada berbagai cara pemerintah untuk bisa memajukan pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah dengan adanya dukungan beasiswa gratis untuk mereka yang memiliki keinginan untuk menuntut ilmu namun mereka memiliki keterbatasan ekonomi. Beasiswa tak hanya diberikan kepada mereka yang cerdas saja, namun mereka yang tidak mampu pun punya hak yang sama untuk mendapatkan beasiswa pendidikan.

Beasiswa pada umumnya merupakan pemberian biaya untuk pendidikan bagi mahasiswa yang masih aktif mengikuti perkuliahan di suatu perguruan tinggi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, beasiswa dimaknai sebagai tunjangan yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa sebagai bantuan biaya belajar. Beasiswa juga bisa dimaknai lain yakni sebagai dana siswa atau dharma siswa. Beasiswa adalah bantuan untuk membantu orang terutama bagi yang masih sekolah atau kuliah agar mereka dapat menyelesaikan tugasnya 3 dalam rangka mencari ilmu pengetahuan hingga selesai (anneahira.com). Bantuan ini biasanya berbentuk dana untuk menunjang biaya atau ongkos yang harus dikeluarkan oleh anak sekolah atau mahasiswa selama menempuh masa pendidikan di tempat belajar yang diinginkan. Menurut Agus Lahinta (2009) mengatakan pengertian beasiswa adalah pemberian berupa bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Beasiswa dapat diberikan oleh lembaga pemerintah, perusahaan ataupun yayasan.

Pentingnya upaya pemerataan beasiswa di Indonesia sangat berpengaruh pada kemajuan pendidikan. Bagaimanapun juga pendidikan punya peran penting dalam berbagai sektor.

Jenis beasiswa bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan calon didik. Misalnya beasiswa prestasi, beasiswa tidak mampu, beasiswa program csr, dan lainnya. Untuk jenjangnya pun juga bisa disesuaikan sesuai dengan program yang akan berjalan.Dengan adanya pemerataan beasiswa, akan memb​​uat pemerataan pendidikan pula. Tak hanya yang berada di kota besar saja, tapi setidaknya beasiswa yang disasar juga dapat menjangkau mereka yang ada di pelosok desa. Bukan hanya mereka yang sudah pandai saja, namun mereka yang kurang pandai pun turut mendapatkan beasiswa yang sama.

Beasiswa bisa juga diwujudkan lewat barang. Misal bisa tas sekolah, laptop, baju seragam. Untuk mendapatkan dalam harga terjangkau bisa cek situs pembanding harga, promo, kode kupon, dan diskon lewat IPrice.

Saat ini rata-rata pemanfaatan beasiswa yang digunakan oleh siswa usia sekolah masih berkisar pada kepentingan ekonomi, yakni membayar SPP dan meringankan beban orang tua. Mereka memanfaatkan hal ini untuk dapat digunakan maksimal dalam hal studi di sekolah. Termasuk membeli peralatan sekolah maupun juga seragam sekolah.

Beasiswa rutin yang digelontorkan oleh Pemerintah maupun Swasta pada umumnya untuk membantu mereka dengan beberapa kategori yang membutuhkan, secara ekonomi, finansial, dan juga kebutuhan khusus. Untuk itu, semoga program ini dapat terus berkelanjutan untuk dapat memajukan pendidikan di Indonesia. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, dan untuk menjadikan generasi muda kita dapat bersaing dengan negara lain diluar sana.

Semoga Hari Pendidikan Nasional yang akan datang, semua anak di Indonesia dapat bersekolah, berprestasi, dan meraih apa yang mereka inginkan, meraih apa yang dicita-citakan, dan menjadi generasi muda yang mempunyai karakter di masa yang akan datang.

Selamat Hari Pendidikan Nasional.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir

Pernah mengalami pada saat transaksi, saat genting-gentingnya, eh aplikasi perbankan kena blokir karena salah memasukkan PIN ? Ini saya seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu tengah malam saat mau melakukan pembayaran atas suatu invoice. Duh, rasanya pasti males banget kalau harus ngantri ke bank esok harinya kan? Nah, untung saja kejadian ini gak perlu saya harus ngantre ke bank hanya gara-gara reset PIN atas PIN yang terblokir pada malam hari saat kejadian tersebut.  Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari informasi yang saya dapat melalui layar smartphone saya. Kebetulan pada saat kejadian, ada notif yang disarankan oleh aplikasi perbankan dari Bank Permata yang saya gunakan yaitu PermataMobile X untuk menghubungi PermataTel di nomor 1500111. Langsung seketika itu juga saya menghubungi layanan PermataTel di 1500111. Beberapa hal atau step-step Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir Menghubungi PermataTel di nomor 1500111 Setelah tersambung, pilih layanan perban

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.