Langsung ke konten utama

Cara Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Mudah Tanpa Ribet

Cara Menghilangkan Bau Sepatu bisa dibilang mudah tapi kadang sulit dilakukan. Ada berbagai alasan yang membuat banyak orang bermasalah dengan bau sepatu. Sering beraktivitas diluaran membuat kaki berkeringat dan berbau.

Bau dalam sepatu bisa dipicu beberapa hal. Salah satunya adalah bakteri yang bercampur dengan keringat. Selain itu, iklim, cuaca, kondisi pengguna sepatu, kebiasaan dan kondisi sepatu itu sendiri juga punya pengaruh.

Bau kaki dapat menyebabkan gangguan karena bau yang tidak sedap, serta mengurangi rasa percaya diri. Bagi Anda yang memiliki masalah ini, penting untuk mengetahui cara menghilangkan bau kaki.

Cara menghilangkan bau kaki sebenarnya tidak sulit. Yang penting untuk diperhatikan adalah menjaga kebersihan kaki yang baik. Selain itu, pastikan Anda juga membersihkan sepatu secara teratur. Dengan mengetahui apa yang menyebabkan timbulnya bau kaki, akan membantu Anda untuk menghilangkan bau kaki.

Penyebab bau kaki

Bau kaki seringkali dipicu oleh kaki lembab dan keringat berlebihan di kaki. Pada dasarnya, kelenjar keringat bertugas menjaga kelembaban kulit dan mengatur suhu tubuh saat cuaca panas atau saat Anda berolahraga. Kelenjar keringat di kaki lebih dari di bagian lain dari tubuh, dan keringat di kaki bisa lebih dari yang seharusnya jika mereka stres, mengalami hiperhidrosis (keringat berlebihan), atau memakai sepatu selama satu hari.

Selain itu, beberapa kondisi juga dapat menyebabkan bau kaki, seperti:

  • Pola hidup bersih yang kurang
  • Keringat pada kaki yang bisa menempel pada sepatu dan membuat sepatu juga menimbulkan bau. Kaki bisa lebih berbau jika Anda menggunakan sepatu yang sama setiap hari.
  • Perubahan hormon, seperti pada remaja dan wanita hamil, yang dapat menyebabkan keringat kaki yang berlebihan.
  • Infeksi jamur, yang akan membuat kaki Anda bau.

Kita sering mengabaikan atau bahkan tidak menyadari bahwa ada banyak hal yang memengaruhi timbulnya bau kaki. Hal-hal ini bisa dihindari agar kaki bebas bau.

Langkah-langkah untuk Menghilangkan Bau Kaki

Jika Anda memiliki masalah bau kaki, berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan bau kaki, termasuk:

  • Cuci kaki Anda setiap hari dan keringkan di antara jari-jari Anda.
  • Selain mencuci kaki, disarankan untuk merendam kaki dalam air garam atau air campuran cuka, selama 10-20 menit. Air garam dan cuka mampu menghilangkan bakteri penyebab bau.
  • Pertahankan kuku bersih dengan benar, antara lain dengan memotong kuku kaki secara rutin.
  • Gunakan sepatu yang terbuat dari kanvas atau kulit, karena memungkinkan kaki bernafas lebih dari sepatu plastik. Saat cuaca sedang panas, bisa memilih alas kaki yang lebih terbuka, seperti sandal.
  • Jangan gunakan sepatu yang sama selama dua hari berturut-turut. Sepatu juga perlu dicuci secara teratur.
  • Simpan sepatu di tempat yang kering dan cerah, agar bakteri tidak berkembang.
  • Bungkus baking soda menggunakan kasa atau saringan kopi, lalu masukkan sepatu. Lakukan ini setiap kali Anda menggunakan sepatu selama satu hari penuh.
  • Gunakan kaus kaki bersih setiap hari. Jika cuaca sedang panas atau berolahraga, disarankan untuk lebih sering berganti kaus kaki. Ini karena kaki lebih mudah berkeringat.
  • Pilih kaus kaki yang terbuat dari katun atau wol, daripada bahan sintetis seperti kaus kaki olahraga dengan lubang ventilasi yang dapat membantu menjaga kaki tetap kering.
  • Gunakan deodoran kaki khusus, atau Anda juga bisa menggunakan deodoran ketiak khusus untuk menyemprotkannya
  • Kenakan sepatu dengan sol yang dibuat khusus untuk menghilangkan bau kaki.

Jika metode menghilangkan bau kaki di atas belum berhasil dan bau kaki tetap mengganggu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Apalagi jika Anda mengalami keringat berlebih. Dokter Anda mungkin meresepkan antiperspiran yang kuat atau merekomendasikan terapi iontophoresis. Terapi ini menggunakan listrik ringan yang disuplai ke air untuk mengurangi keringat berlebih di kaki.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir

Pernah mengalami pada saat transaksi, saat genting-gentingnya, eh aplikasi perbankan kena blokir karena salah memasukkan PIN ? Ini saya seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu tengah malam saat mau melakukan pembayaran atas suatu invoice. Duh, rasanya pasti males banget kalau harus ngantri ke bank esok harinya kan? Nah, untung saja kejadian ini gak perlu saya harus ngantre ke bank hanya gara-gara reset PIN atas PIN yang terblokir pada malam hari saat kejadian tersebut.  Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari informasi yang saya dapat melalui layar smartphone saya. Kebetulan pada saat kejadian, ada notif yang disarankan oleh aplikasi perbankan dari Bank Permata yang saya gunakan yaitu PermataMobile X untuk menghubungi PermataTel di nomor 1500111. Langsung seketika itu juga saya menghubungi layanan PermataTel di 1500111. Beberapa hal atau step-step Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir Menghubungi PermataTel di nomor 1500111 Setelah tersambung, pilih layanan perban

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK