Langsung ke konten utama

Laptop ASUS Seri TUF Gaming Terbaru di CES 2020

Beberapa waktu lalu, ASUS mengumumkan jajaran baru laptop TUF Gaming dengan desain baru juga performa lebih kencang dari sebelumnya. TUF Gaming A15 dan F15 yang mengusung layar 15 inci, serta TUF Gaming A17 dan F17 yang mengusung layar 17 inci. Laptop Asus terbaru ini menawarkan pengalaman gaming yang lebih baik dengan harga yang terjangkau.

Seri TUF Gaming terbaru kali ini juga ga cuma menawarkan durabilitas tinggi, tetapi juga performa yang kencang berkat adopsi prosesor generasi terbaru yaitu AMD Ryzen™ 4000 Series Mobile Processors atau 10th Gen Intel® Core™ Processors. Dukungan komputasi grafis dari NVIDIA® Turing™ GPU ditambah layar dengan refresh rate 144Hz juga membuat seri TUF Gaming semakin tidak tertandingi.

Tampil dengan Jumlah Core Lebih Banyak berkat Prosesor AMD Ryzen™ Mobile

Arsitektur “Zen 2” terbaru dari AMD kini telah hadir untuk jajaran laptop melalui AMD Ryzen™ 4000 Series Mobile Processors. TUF Gaming A15 dan A17 ditenagai oleh AMD Ryzen™ 4000 Series Mobile Processors yang menggunakan konfigurasi 8 core dan 16 thread. Prosesor generasi terbaru tersebut tidak hanya optimal untuk bermain game, tetapi juga untuk tugas berat lainnya khususnya multitasking.

AMD Ryzen™ 4000 Series Mobile Processors merupakan prosesor seri terbaru yang diproduksi menggunakan metode fabrikasi 7nm. Di seri TUF Gaming terbaru prosesor tersebut juga akan ditemani dengan memori DDR4-3200, paling kencang di antara laptop gaming pada umumnya. Kombinasi tersebut memungkinkan peningkatan performa yang signifikan secara keseluruhan.

Selain TUF Gaming A15 dan A17, ASUS juga menghadirkan TUF Gaming F15 dan F17 yang akan menggunakan 10th Gen Intel® Core™ Processors.

Ditenagai GPU NVIDIA GeForce® dan Teknologi AMD FreeSync™

Baik versi AMD maupun Intel, laptop TUF Gaming seri terbaru akan ditenagai oleh chip grafis (GPU) NVIDIA GeForce® yang telah menggunakan arsitektur Turing terkini. Laptop TUF Gaming seri terbaru akan tampil dengan chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 2060™ yang hadir menggunakan teknologi terbaru yang mengkombinasikan CUDA, RT, dan Tensor core. Berkat teknologi tersebut, laptop TUF Gaming seri terbaru sudah mampu melakukan hybrid rendering dengan fitur real-time ray tracing, serta memiliki dukungan AI acceleration.

GPU berbasis arsitektur Turing juga unggul dalam hal video encoding. Berkat teknologi terbaru, laptop yang menggunakan GPU berbasis arsitektur Turing dapat memanfaatkan fitur video encoder khusus yang memungkinkan proses rendering dengan meminimalisir penggunaan CPU. Teknologi tersebut memungkinkan pengguna dapat melakukan pekerjaan lain secara bersamaan, salah satu contohnya adalah bermain game sambil melakukan live video streaming dan recording.

Untuk menghadirkan pengalaman gaming terbaik, laptop TUF Gamings eri terbaru sudah dilengkapi dengan layar yang memiliki refresh rate 144Hz pada model 15 inci dan 120Hz pada model 17 inci. Berkat chip grafis AMD Radeon™ yang terintegrasi dengan AMD Ryzen™ 4000 Series Mobile Processors, TUF Gaming seri terbaru telah mendukung teknologi AMD FreeSync™ dan teknologi adaptive sync sehingga kompatibel digunakan bersama dengan monitor gaming yang juga mendukung teknologi tersebut.

AMD FreeSync™ merupakan teknologi yang memungkinkan singkronisasi antara refresh rate dengan frame rate yang ditampilkan. Teknologi ini membuat pengalaman bermain game yang lebih mulus tanpa gangguan efek tearing maupun stuttering.

TUF Gaming seri terbaru juga hadir dengan layar IPS berukuran 15 inci dan 17 inci dengan dukungan fitur NanoEdge bezel. Tidak hanya membuat tampilan lebih lega, NanoEdge yang membuat bezel layar lebih tipis juga membuat ukuran bodi secara keseluruhan menjadi lebih ringkas. TUF Gaming seri terbaru kini tampil dengan ukuran bodi hingga 8% lebih ringkas dari pendahulunya. Setiap varian juga telah dilengkapi dengan webcam yang diposisikan khusus untuk keperluan game streaming dan video conference.

Meski ukuran bodinya lebih kecil dari pendahulunya, TUF Gaming seri terbaru kali ini dapat hadir dengan baterai yang lebih besar berkapasitas 90WHrs. Kombinasi kapasitas baterai yang besar dengan hardware yang hemat daya membuat TUF Gaming seri terbaru mampu bertahan hingga 12,3 jam untuk memutar video.

Desain Baru yang Lebih Tangguh

ASUS mengerti bahwa tidak semua gamer ingin menampilkan sisi powerful dari TUF Gaming seri terbaru kali ini, untuk itulah TUF Gaming seri terbaru hadir dalam dua desain yang berbeda. Fortress Gray merupakan desain dengan pelat metal di bagian belakang layar yang dihadirkan secara khusus sehingga memiliki tekstur yang lekat dengan warna abu-abu. Pada pelat metal tersebut juga terdapat empat sekrup yang menegaskan ketangguhan serta logo TUG Gaming di bagian tengahnya.

Sementara Bonfire Black merupakan varian dengan desain yang lebih agresif, hadir khusus untuk gamer yang ingin menjadi pusat perhatian. Di bagian belakang layarnya terdapat desain trapezoidal cut yang berpusat pada bagian logo TUF Gaming di tengahnya. Bagian belakang layar tersebut hadir dengan brushed finish, sementara bagian sisinya menggunakan desain mesh pattern sehingga mudah untuk digenggam. Bagian sisi TUF Gaming Bonfire Black terbaru juga memiliki tampilan garis merah yang menegaskan bahwa laptop ini sangat powerful.

Baik varian Fortress Gray dan Bonfire Black, keduanya dirancang sangat tangguh untuk digunakan sehari-hari. Keduanya juga mengantongi sertifikasi ketahanan standar militer MIL-STD-810H dan telah lolos berbagai pengujian ekstrem seperti uji getaran, uji jatuh, dan uji ketahanan pada suhu serta kelembapan ekstrem.

Dilengkapi Pendingin Khusus dan Mudah di-Upgrade

Sistem pendinginan yang mumpuni merupakan kebutuhan mutlak untuk sebuah laptop gaming agar selalu dapat menghadirkan performa yang optimal. TUF Gaming seri terbaru hadir dengan struktur honeycomb pattern pada bagian bawah chassis-nya yang memungkinkan aliran udara lebih baik untuk keseluruha  sistem pendinginan. Selian itu, struktur honeycomb pattern memungkinkan TUF Gaming seri terbaru tampil lebih tangguh.

Fitur anti-dust cooling kembali hadir di TUF Gaming seri terbaru. Fitur tersebut tidak hanya membuat debu dan kotoran yang dapat menyumbat heatsink di sistem pendingin dikeluarkan secara otomatis, tetapi juga meningkatkan durabilitas hardware dalam jangka panjang serta memastikan performa tertap terjaga melalui pendinginan yang optimal tanpa kompromi.

Sejak pertama kali hadir hingga saat ini, laptop TUG Gaming telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan komunitas gamer di seluruh dunia. Untuk itulah, ASUS mendesain TUF Gaming seri terbaru agar dapat mudah di-upgrade oleh para gamer. Di bagian bawah laptop gaming ini terdapat akses ke M.2 NVMe SSD serta RAM. TUF Gaming seri terbaru kali ini mendukung penggunaan M.2 NVMe SSD hingga 1TB dan RAM hingga 32GB.

Keyboard Gaming Khusus

Keyboard merupakan salah satu bagian paling penting dari laptop gaming yang juga berperan sebagai perangkat kontrol utama. Didesain secara khusus untuk bermain game, TUF Gaming seri terbaru menggunakan keyboard dengan layout seperti halnya keyboard PC desktop. Tombol-tombol penting seperti WASD dan spasi didesain khusus agar mudah diakses oleh gamer.

Tombol pada keyboard TUF Gaming seri terbaru juga dilengkapi dengan Overstroke Technology yang telah terbukti andal untuk bermain game. Selain membuat setiap tombol di keyboard menjadi lebih responsif, Overstroke Technology juga memastikan tombol memiliki durabilitas tinggi dan tahan hingga 20 juta kali tekan. Hal tersebut tentunya sejalan dengan nama TUF Gaming yang sangat dikenal dengan durabilitasnya.

Keyboard TUF Gaming seri terbaru hadir dengan desain unik dan memberikan nuansa dekat dengan gamer. Tombol WASD pada keyboard di laptop gaming ini hadir dengan warna transparan sehingga gamer lebih mudah mengenalinya. Ditambah dukungan RGB LED yang dapat dikustomasi sesuai dengan selera gamer, TUF Gaming seri terbaru tidak hanya sekadar tangguh dan powerful tetapi juga memiliki kesan personal dan dekat dengan gamer.

Konektivitas Lengkap

TUF Gaming seri terbaru memiliki konektivitas lengkap dan memungkinkan gamer dapat menghubungkan perangkat gaming-nya dengan mudah. Di bagian sisi kiri laptop gaming ini terdapat dua USB 3.2 Gen 1 Type A dan satu USB 3.2 Gen 2 Type-C untuk menghubungkan berbagai perangkat gaming. Laptop ini juga akan hadir dengan DisplayPort 1.4 yang mendukung monitor G-SYNC, serta HDMI 2.0b. Sebagai tambahan, terdapat pula port USB tambahan di bagian sisi kanannya.

TUF Gaming seri terbaru kali ini dilengkapi dengan port LAN sehingga gamer yang lebih suka terkoneksi melalui kabel dapat menggunakan port tersebut. Sementara gamer yang suka menggunakan koneksi wireless, TUF Gaming seri terbaru kali ini juga hadir dengan WiFi 5 (802.11ac). Gamer juga dapat menghubungkan perangkat gaming lainnya secara nirkabel melalui fitur Bluetooth.

Khusus TUF Gaming F15 dan F17 akan menggunakan Intel WiFi 6 (Gig+) yang dapat menghadirkan kecepatan transfer data hingga 2,4Gbps jika dihubungkan dengan router yang kompatibel. Dikenal juga dengan sebutan WiFi 802.11ax, WiFi 6 merupakan generasi terbaru konektivitas nirkabel yang tidak hanya memiliki kecepatan tinggi, tetapi juga rendah latensi sehingga cocok untuk bermain game online dan melalukan live streaming.

TUF Gaming seri terbaru juga dilengkapi dengan combo audio jack sehingga gamer dapat menghubungkan headset yang menggunakan jack 3.5mm. Dukungan fitur audio yang tersedia termasuk virtual surround sound melalui DTS:X® Ultra dengan beragam profil audio yang dapat diatur melalui equalizer.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Ticket KA Melalui Indomaret

Sejak kemunculan layanan online, PT. KAI terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat terutama pengguna setia jasa kereta api di Indonesia. Salah satunya dengan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre 121 yang bisa dihubungi selama 24 jam penuh. Reservasi ticket melalui contact centre ini memang sudah lama diperkenalkan dan dirilis oleh PT. KAI. Sekarang calon penumpang dengan mudah bisa mendapatkan ticket kereta api tanpa antri hanya dengan menghubungi 121.Setelah calon penumpang melakukan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre kereta api 121. Calon penumpang akan mendapatkan kode booking, kode pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan. Calon penumpang bisa melakukan pembayaran melalui atm atau transfer bank yang ditunjuk. Saat ini sudah hampir semua pembayaran dari bank mana saja bisa dilakukan.Kalau pas lagi gak ada saldo di atm, atau di rekening kita, sekarang ada cara baru lho melakukan pembayaran ticket online kereta api. Yaitu dengan da…

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan "user ID Anda telah terhubung dengan device lain"
Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email.
Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama.
Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata:

1.Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X.Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah.Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”.Jawab “TIDAK” pada pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID Permata…

Bocoran Daihatsu Ayla Terbaru 2020

Sepekan terakhir kabar kehadiran Daihatsu Ayla Facelift makin santer saja. Kabar ini pun juga diikuti dengan kembarannya yaitu Toyota Agya. Dan dikabarkan Daihatsu Ayla Facelift Terbaru 2020 ini rencananya akan dijual mulai bulan Maret ini.
Sejak kehadirannya beberapa tahun silam, Daihatsu Ayla sudah mengalami beberapa ubahan. Dan ubahan demi ubahan ada punya banyak perubahan diberbagai sektor.
Berikut beberapa photo-photo Daihatsu Ayla Terbaru 2020 yang terposting diakun @Indra_Fathan





Mulai dari fender depan, samping, dan belakang ada sedikit ubahan yang terlihat dari sisi eksterior. Velg yang digunakan pun mengikuti Sigra maupun Calya terbaru dengan dual tone yang terlihat makin tajam.
Apakah mesin yang digunakan masih menggunakan 1.000 cc dan 1.200 cc? Kubikasi lengkap belum diumumkan secara resmi, tapi melihat dari spesifikasi di LCGC masih akan menggunakan kapasitas mesin yang di angka tersebut.
Kita tunggu saja update berikutnya.