Langsung ke konten utama

Makanan-makanan khas yang bisa kalian temukan di surabaya


Kota Surabaya juga sering dikenal sebagai kota pahlawan, dimana kota ini menjadi salah satu saksi perjuangan para pahlawan indonesia melawan para penjajah pada masanya. Sekarang ini Surabaya merupakan salah satu kota terbesar yang ada di negara Indonesia. sekarang ini Surabaya menjadi salah satu tempat wisata yang memiliki banyak sekali destinasi tempat wisata, salah satu wisata yang sering ramai dikunjungi oleh para wisatawan yaitu adalah wisata kuliner. Wisata kuliner memang merupakan wisata yang sangat populer hampir disemua kota wisata, penasaran dengan wisata kuliner Surabaya? Langsung saja yuk, kita simak artikel kali ini, yang akan membahas wisata kuliner di kota Surabaya.

1.       Sate klopo

Apakah kalian penggemar sate? Sebaiknya coba Sate Klopo di gang Ondomohen. Yang membuatnya istimewa adalah gurihnya parutan dan tumis kelapa yang disebut "poya" atau "serundeng" yang menutupi sate. Daging yang ditusuk dan dibakar di atas api arang adalah daging sapi, organ, dan lemak. Selain itu sambal kacang yang pedas dan manis menciptakan cita rasa yang luar biasa. Sate klopo dimakan dengan nasi atau lontong.

2.       Nasi krawu

Jika kalian menginginkan jenis nasi yang berbeda, kalian harus mencoba nasi krawu. Nasi krawu yang berwarna-warni terdiri dari nasi kukus, suwir daging, jeroan, serundeng (kelapa parut dan tumis), dan "sambal petis" (sambal terasi yang dipadukan dengan bumbu lokal bernama "petis"). Ada dua jenis serundeng yang berbeda warnanya: serundeng merah dan serundeng kuning. Disajikan secara unik di atas daun pisang menciptakan aroma yang luar biasa.

3.       Rujak cingur

Rujak cingur adalah makanan khas Surabaya yang paling populer, jadi sangat direkomendasikan untuk mencoba makanan ini. Disebut rujak cingur karena bahan utamanya adalah “cingur” (mulut sapi). Ini sebenarnya adalah jenis salad yang terbuat dari sayuran rebus (bayam, kacang panjang, dan tauge), tempe dan tahu goreng, irisan ketimun, dan “cingur” yang unik. Rujak ini menggunakan bumbu kacang pedas dengan balutan petis.

4.       Rawon

Berasal dari Surabaya, rawon adalah makanan khas Jawa Timur. Ini kadang-kadang dimakan saat upacara pernikahan atau perayaan tradisional. Sup hitam terdiri dari kaldu, daging sapi yang dipotong dadu, dan nasi kukus. Hidangannya sangat gelap karena menggunakan "kluwek", bumbu yang memiliki rasa pedas. Kaldu sapi direbus dengan beberapa bumbu termasuk “kluwek”, bawang merah, bawang putih, jahe, daun jeruk, terasi, dan serai. Biasanya dimakan dengan bawang merah goreng, tauge, sambal, dan kerupuk udang.

5.       Lontong balap

Lontong balap, asli Surabaya, punya cerita unik dibalik namanya. “Balap” secara harfiah berarti “balapan”. Dulu para penjaja makanan ini membawa-bawa keranjang berat yang berlomba-lomba mendapatkan pelanggan di pasar Wonokromo. Hidangan ini terutama dibuat dari lontong, tauge, tahu goreng, dan "lentho". Disajikan dengan kuah bening bersama dengan bawang goreng, kecap manis, kerupuk, dan sate daging cangkang.

6.       Tahu campur

Tahu campur, aslinya dari Lamongan, ini adalah sajian sop yang enak. Ini termasuk daging sapi empuk, tahu goreng, bola singkong, tauge, selada, dan bihun di piring. Bahan-bahan ini dicampur dengan kuah panas dan bawang goreng. Tahu campur biasanya dimakan dengan kerupuk udang. Kalian bisa menambahkan kecap manis, sambal, dan perasan jeruk nipis.

7.       tahu tek

Tahu tek yang terkenal terutama menggunakan tahu goreng yang dimasak sedang, menawarkan perpaduan rasa yang luar biasa (manis, gurih, dan pedas). Selain tahu, masakannya terdiri dari beberapa bahan seperti lontong, tauge, kentang goreng atau kukus, dan irisan ketimun. Di atasnya diberi saus kacang manis, bawang goreng, dan daun bawang cincang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK

Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir

Pernah mengalami pada saat transaksi, saat genting-gentingnya, eh aplikasi perbankan kena blokir karena salah memasukkan PIN ? Ini saya seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu tengah malam saat mau melakukan pembayaran atas suatu invoice. Duh, rasanya pasti males banget kalau harus ngantri ke bank esok harinya kan? Nah, untung saja kejadian ini gak perlu saya harus ngantre ke bank hanya gara-gara reset PIN atas PIN yang terblokir pada malam hari saat kejadian tersebut.  Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari informasi yang saya dapat melalui layar smartphone saya. Kebetulan pada saat kejadian, ada notif yang disarankan oleh aplikasi perbankan dari Bank Permata yang saya gunakan yaitu PermataMobile X untuk menghubungi PermataTel di nomor 1500111. Langsung seketika itu juga saya menghubungi layanan PermataTel di 1500111. Beberapa hal atau step-step Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir Menghubungi PermataTel di nomor 1500111 Setelah tersambung, pilih layanan perban

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.