Langsung ke konten utama

Makanan-makanan khas yang bisa kalian temukan di surabaya


Kota Surabaya juga sering dikenal sebagai kota pahlawan, dimana kota ini menjadi salah satu saksi perjuangan para pahlawan indonesia melawan para penjajah pada masanya. Sekarang ini Surabaya merupakan salah satu kota terbesar yang ada di negara Indonesia. sekarang ini Surabaya menjadi salah satu tempat wisata yang memiliki banyak sekali destinasi tempat wisata, salah satu wisata yang sering ramai dikunjungi oleh para wisatawan yaitu adalah wisata kuliner. Wisata kuliner memang merupakan wisata yang sangat populer hampir disemua kota wisata, penasaran dengan wisata kuliner Surabaya? Langsung saja yuk, kita simak artikel kali ini, yang akan membahas wisata kuliner di kota Surabaya.

1.       Sate klopo

Apakah kalian penggemar sate? Sebaiknya coba Sate Klopo di gang Ondomohen. Yang membuatnya istimewa adalah gurihnya parutan dan tumis kelapa yang disebut "poya" atau "serundeng" yang menutupi sate. Daging yang ditusuk dan dibakar di atas api arang adalah daging sapi, organ, dan lemak. Selain itu sambal kacang yang pedas dan manis menciptakan cita rasa yang luar biasa. Sate klopo dimakan dengan nasi atau lontong.

2.       Nasi krawu

Jika kalian menginginkan jenis nasi yang berbeda, kalian harus mencoba nasi krawu. Nasi krawu yang berwarna-warni terdiri dari nasi kukus, suwir daging, jeroan, serundeng (kelapa parut dan tumis), dan "sambal petis" (sambal terasi yang dipadukan dengan bumbu lokal bernama "petis"). Ada dua jenis serundeng yang berbeda warnanya: serundeng merah dan serundeng kuning. Disajikan secara unik di atas daun pisang menciptakan aroma yang luar biasa.

3.       Rujak cingur

Rujak cingur adalah makanan khas Surabaya yang paling populer, jadi sangat direkomendasikan untuk mencoba makanan ini. Disebut rujak cingur karena bahan utamanya adalah “cingur” (mulut sapi). Ini sebenarnya adalah jenis salad yang terbuat dari sayuran rebus (bayam, kacang panjang, dan tauge), tempe dan tahu goreng, irisan ketimun, dan “cingur” yang unik. Rujak ini menggunakan bumbu kacang pedas dengan balutan petis.

4.       Rawon

Berasal dari Surabaya, rawon adalah makanan khas Jawa Timur. Ini kadang-kadang dimakan saat upacara pernikahan atau perayaan tradisional. Sup hitam terdiri dari kaldu, daging sapi yang dipotong dadu, dan nasi kukus. Hidangannya sangat gelap karena menggunakan "kluwek", bumbu yang memiliki rasa pedas. Kaldu sapi direbus dengan beberapa bumbu termasuk “kluwek”, bawang merah, bawang putih, jahe, daun jeruk, terasi, dan serai. Biasanya dimakan dengan bawang merah goreng, tauge, sambal, dan kerupuk udang.

5.       Lontong balap

Lontong balap, asli Surabaya, punya cerita unik dibalik namanya. “Balap” secara harfiah berarti “balapan”. Dulu para penjaja makanan ini membawa-bawa keranjang berat yang berlomba-lomba mendapatkan pelanggan di pasar Wonokromo. Hidangan ini terutama dibuat dari lontong, tauge, tahu goreng, dan "lentho". Disajikan dengan kuah bening bersama dengan bawang goreng, kecap manis, kerupuk, dan sate daging cangkang.

6.       Tahu campur

Tahu campur, aslinya dari Lamongan, ini adalah sajian sop yang enak. Ini termasuk daging sapi empuk, tahu goreng, bola singkong, tauge, selada, dan bihun di piring. Bahan-bahan ini dicampur dengan kuah panas dan bawang goreng. Tahu campur biasanya dimakan dengan kerupuk udang. Kalian bisa menambahkan kecap manis, sambal, dan perasan jeruk nipis.

7.       tahu tek

Tahu tek yang terkenal terutama menggunakan tahu goreng yang dimasak sedang, menawarkan perpaduan rasa yang luar biasa (manis, gurih, dan pedas). Selain tahu, masakannya terdiri dari beberapa bahan seperti lontong, tauge, kentang goreng atau kukus, dan irisan ketimun. Di atasnya diberi saus kacang manis, bawang goreng, dan daun bawang cincang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan "user ID Anda telah terhubung dengan device lain"
Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email.
Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama.
Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata:

1.Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X.Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah.Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”.Jawab “TIDAK” pada pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID Permata…

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Ticket KA Melalui Indomaret

Sejak kemunculan layanan online, PT. KAI terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat terutama pengguna setia jasa kereta api di Indonesia. Salah satunya dengan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre 121 yang bisa dihubungi selama 24 jam penuh. Reservasi ticket melalui contact centre ini memang sudah lama diperkenalkan dan dirilis oleh PT. KAI. Sekarang calon penumpang dengan mudah bisa mendapatkan ticket kereta api tanpa antri hanya dengan menghubungi 121.Setelah calon penumpang melakukan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre kereta api 121. Calon penumpang akan mendapatkan kode booking, kode pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan. Calon penumpang bisa melakukan pembayaran melalui atm atau transfer bank yang ditunjuk. Saat ini sudah hampir semua pembayaran dari bank mana saja bisa dilakukan.Kalau pas lagi gak ada saldo di atm, atau di rekening kita, sekarang ada cara baru lho melakukan pembayaran ticket online kereta api. Yaitu dengan da…

Bocoran Daihatsu Ayla Terbaru 2020

Sepekan terakhir kabar kehadiran Daihatsu Ayla Facelift makin santer saja. Kabar ini pun juga diikuti dengan kembarannya yaitu Toyota Agya. Dan dikabarkan Daihatsu Ayla Facelift Terbaru 2020 ini rencananya akan dijual mulai bulan Maret ini.
Sejak kehadirannya beberapa tahun silam, Daihatsu Ayla sudah mengalami beberapa ubahan. Dan ubahan demi ubahan ada punya banyak perubahan diberbagai sektor.
Berikut beberapa photo-photo Daihatsu Ayla Terbaru 2020 yang terposting diakun @Indra_Fathan





Mulai dari fender depan, samping, dan belakang ada sedikit ubahan yang terlihat dari sisi eksterior. Velg yang digunakan pun mengikuti Sigra maupun Calya terbaru dengan dual tone yang terlihat makin tajam.
Apakah mesin yang digunakan masih menggunakan 1.000 cc dan 1.200 cc? Kubikasi lengkap belum diumumkan secara resmi, tapi melihat dari spesifikasi di LCGC masih akan menggunakan kapasitas mesin yang di angka tersebut.
Kita tunggu saja update berikutnya.