Langsung ke konten utama

Berawal dari Hobi Berselancar


Hobi berselancar sudah saya kenal sejak tahun 2002/2003 lalu. Sejak awal mula kehadiran elektronik mail/e-mail yang sudah mulai banyak digunakan. Pada awalnya, web yang cukup popular dikenal salah satunya adalah Boleh.COM, dan Plasa.COM. Kedua website ini menawarkan layanan elektronik mail secara gratis kepada pengguna tanpa dipungut bayaran sepeserpun.

Kegiatan berselancar di dunia maya ini saya lakukan disela-sela aktivitas saya sebagai pelajar di Sekolah Menengah Pertama. Ketahuan dong, saya waktu itu masih usia anak-anak sekolah berseragam putih biru.

Dengan menyewa bilik di salah satu warung internet atau lebih dikenalnya sebagai Warnet, dengan harga Rp 3.000 per jam pun dihabiskan demi kesenangan berselancar waktu itu. Tak jarang setiap ke warnet biasanya lebih kurang bertahan hingga 2 jam per harinya. Dengan berbekal uang saku yang waktu saya bersekolah, uang Rp 3.000 saya dapat hasil menyisihkan uang jajan saya yang waktu.

Cukup lama berselancar, mulai mengenal blog atau platform blog lebih kurang baru di tahun 2008/2009 dimana banyak referensi yang dicari lewat media blog saat berstatus sebagai mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Solo.

Tahun berganti tahun, mulai dari platform blogspot, multiply, hingga wordpress pun menjadi familiar. Hingga tercetuslah alamat blog pertama yang pernah dikelola yaitu https://sutradara-cinta.blogspot.com . Cukup lama menggunakan alamat blog ini, hingga sekitar 2011 saya mulai melebar dengan menggunakan domain https://www.rikaverrykurniawan.com . Dan dari sinilah mulai membuka peluang saya mendapatkan job review dari yang nominalnya mulai dari Rp 800.000 hingga Rp 3.500.000 per tulisan.

Ada banyak peluang-peluang pula yang saya dapat dari ngeblog melalui alamat blog https://www.rikaverrykurniawan.com ini, diantaranya:

1.      Bisa keluar negeri dari NgeBlog







Ini adalah cerita beberapa tahun lalu, lebih tepatnya sekitar 2011 saya bisa berangkat ke luar negeri dari ngeblog. Pada waktu itu negara yang dikunjungi adalah Singapore. Negara tetangga ini menjadi tujuan kunjungan Bersama dengan rekan-rekan lain. Bersama itu pula, saya berkesempatan hadir pada event international yaitu Tech In Asia 2011 yang pada waktu itu diselenggarakan di Marina Bay Sand. Rasanya benar-benar seperti mimpi. Seumur-umur diajak kesini dari aktifitas ngeblog. Dan ini baru pertama semenjak bergabung dengan team IDBlogNetwork. Tak hanya itu pula selang beberapa tahun kemudian, dari aktivitas ngeblog ada brand otomotif yang ngajakin jalan-jalan ke luar negeri lagi Bersama beberapa media ke Singapore lagi. Menuju ke Safety Riding Centernya Singapore, kemudian tahu bagaimana cara mendapatkan Driving License atau Surat Ijin Mengemudi di Singapore, sampai dengan jalan-jalan dibeberapa lokasi disana.

2.      Menjadi pembicara dibeberapa Seminar





Tidak hanya berlatar belakang pernah bekerja sebagai penyiar radio, atau sebagai MC, aktivitas ngeblog saya cukup menjadikan aktivitas ini menjadi mengasyikan. Bertemu dengan banyak orang lewat social media, hingga dihubungi untuk menjadi pengisi acara sebagai pembicara di beberapa kegiatan atau event. Sebagai pembicara di CHIP MEET UP 2013, hingga acara-acara komunitas seperti di YOGYAKOMTEK beberapa tahun silam. Tak hanya itu, beberapa event seminar yang berkaitan dengan internet dan blog yang diadakan dibeberapa Universitas pun sempat menjadi pembicara dikala itu.

3.      Banyak kenal dengan berbagai Brand









Inilah untungnya Ketika tulisan sudah banyak terindeks melalui google search. Dan berkat banyak tulisan atau review yang pernah dibuat, dihubungi oleh beberapa brand untuk Kerjasama penulisan review produk mereka. Tak hanya itu pula, tak jarang berbagai undangan launching produk pun sering diundang.

4.      Banyak produk endorsement yang pernah didapat

Ngeblog tak hanya sekedar fun saja, tapi dengan profesionalisme dalam menulis, membuat banyak produk endorsement dikirim ke rumah untuk direview. Mulai dari produk minuman, makanan ringan, perawatan tubuh, sampai dengan produk gadget pun dikirim ke rumah. Siapa yang menyangka jika dengan tulisan kita, banyak hal yang bisa didapat dari menulis blog tadi.

5.      Punya penghasilan bulanan tambahan

Pernah ada tawaran dari brand yang ngajakin Kerjasama untuk penulisan produk di blog kita dengan minimal 10 tulisan setiap bulan. Disini, bentuk kerjasamanya adalah dengan pembayaran bulanan minimal 10 tulisan di posting. Kerjasama ini cukup membuahkan hasil, hampir 2 tahun berjalan, sudah menghasilkan penghasilan bulanan tambahan. Ya lumayan lah untuk kebutuhan sehari-hari.

6.      Beli motor dari hasil cuitan twitter



Gak akan pernah menyangka sebelumnya, jika cuitan di twitter itu ternyata gurih. Istilah orang jaw aitu empuk, legit, dan apalah yang menjadikan sesuatu yang bisa dinikmati hasilnya. Alhamdulillah dari hasil cuitan di twitter, bisa beli motor sport untuk mobilitas sehari-hari. Ini sesuatu hal yang tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatannya. Orang yang punya blog, pasti punya twitter, tapi belum tentu orang yang punya twitter punya blog. Dan motornya sampai sekarang pun masih dipakai dan untuk aktivitas harian.

7.      Open Possibility With Smartfren








Lebih kurang hampir 3 tahun ini, dari kegiatan ngeblog sempat diberikan tanggung jawab oleh Smartfren untuk bisa membaur dengan pengguna Smartfren di Soloraya dengan menjadi Leader Smartfren Community Solo Raya. Ini adalah satu-satunya provider yang memiliki komunitas pengguna paling banyak di Indonesia yang turut banyak berkontribusi dalam berbagai hal. Membuka banyak peluang disini. Berjejaring, berkomunitas, bersosial, dan juga banyak hal yang didapat dari Komunitas ini. Belum ada sebelumnya komunitas yang cukup solid seperti ini. Selama pandemic, banyak memberikan manfaat melalui Kelas Smartfren di Instagram, Youtube Live, dan Facebook Live. Hampir gak ada hentinya, turut bisa Bersama membangun dan bersinergi Bersama Smartfren Community. Tak hanya itu, Smartfren juga menjadi sarana saya untuk terhubung dengn banyak informasi sejak 2009 lalu hingga saat ini.

Nah, teman-teman banyak peluang ada di sekitar kita. Banyak Sebagian dari kita yang takut mencoba untuk membuka peluang itu. Banyak peluang di masa pandemic ini pun bisa kita coba untuk tetap survive dan berdampingan dengan wabah yang sedang terjadi di Indonesia ini.

Ayo buka peluangmu!

Komentar

  1. panutanku...dalam dunia internet dan tulis menulis.... makasih mas

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Ticket KA Melalui Indomaret

Sejak kemunculan layanan online, PT. KAI terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat terutama pengguna setia jasa kereta api di Indonesia. Salah satunya dengan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre 121 yang bisa dihubungi selama 24 jam penuh. Reservasi ticket melalui contact centre ini memang sudah lama diperkenalkan dan dirilis oleh PT. KAI. Sekarang calon penumpang dengan mudah bisa mendapatkan ticket kereta api tanpa antri hanya dengan menghubungi 121. Setelah calon penumpang melakukan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre kereta api 121. Calon penumpang akan mendapatkan kode booking, kode pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan. Calon penumpang bisa melakukan pembayaran melalui atm atau transfer bank yang ditunjuk. Saat ini sudah hampir semua pembayaran dari bank mana saja bisa dilakukan. Kalau pas lagi gak ada saldo di atm, atau di rekening kita, sekarang ada cara baru lho melakukan pembayaran ticket online kereta api. Yaitu dengan d

IDTicket Pusat Reservasi Ticket Online Dengan Harga Termurah

Mau liburan bingung belum dapat ticket? Mau bepergian tetapi sibuk dengan pekerjaan yang sedang dihadapi? Semua tidak akan terjadi jika anda mempercayakan semua ini kepada IDTicket. IDTicket berdiri sebagai sebuah pusat pelayanan pemesanan ticket pesawat dan kereta api di Indonesia. IDTicket bekerjasama dengan beberapa maskapai penerbangan dan juga PT. KAI. Sebagai salah satu pusat pelayanan pemesanan ticket online, IDTicket hingga saat ini terus memberikan pelayanan terbaik dalam menyediakan ticket sesuai dengan pesanan pelanggan. Mulai dari ticket pesawat ataupun kereta bisa dipesan jauh – jauh hari dari tanggal keberangkatan. Untuk melakukan pemesanan ticket di IDTicket, pelanggan bisa menghubungi layanan customer service yang akan selalu stand by selama 24 jam penuh dalam melayani pemesanan ticket pesawat atau kereta secara online. Untuk layanan pemesanan ticket dilayani IDticket melalui beberapa channel, salah satunya adalah melalui twitter di @IDTicket , selain itu IDTicket juga