Langsung ke konten utama

Cara Mencetak Ulang KTP Rusak Di Mall Pelayanan Publik (MPP) Magetan

Halo sedulur-sedulu dimana saja berada, kembali lagi saya menyapa panjenengan dimanapun panjenengan tinggal. Semoga selalu dalam keadaan sehat dan dalam lindungan-Nya. Minggu lalu saya ada rencana untuk melakukan penggantian KTP atau Kartu Tanda Penduduk saya yang rusak karena terkelupas, dan pada akhirnya hari ini saya bisa mendapatkan KTP baru yang dicetak ulang di Mall Pelayanan Publik Magetan.

Bagaimana prosedur dan langkah-langkahnya?

Oke, melalui tulisan ini saya akan berbagi beberapa langkah atau prosedur yang saya lakukan untuk permintaan penggantian atau cetak ulang KTP saya yang rusak.

Hari kamis lalu tepatnya 4 Maret 2021 saya mengunjungi website Dispenduk Magetan di halaman http://dispenduk.magetan.go.id/ kamudian saya masuk ke menu antrian online lalu diarahkan ke halaman berikut https://antrian-disduk.magetan.go.id/




Untuk mengambil antrean online, saya diharuskan masuk atau login pada menu pilihan sebelah kiri.



Mengapa yang saya pilih adalah menu masuk? Karena sebelumnya saya pernah melakukan antrean online untuk kedatangan ke kantor dispenduk Magetan. Jadi saya pilih menu masuk atau login dan diminta untuk mengisi email beserta password.

Lalu bagaimana jika belum pernah sama sekali menggunakan layanan antrean online ini? Anda bisa memilih menu pendaftaran pada menu sebelah kiri tersebut dan mengisi data yang diperlukan.





Setelah itu lakukan login, dan ambil nomor antrean pada menu sebelah kiri





Setelah itu, anda akan diminta memilih lokasi pelayanan berkaitan dengan data kependudukan. Dispenduk Magetan memberikan 2 lokasi pelayanan, yang pertaman di Kantor Disduk Capil Magetan, kedua di Mall Pelayanan Publik Magetan di Pasar Baru Magetan.

Pada pengalaman sebelumnya saya memilih lokasi pelayanan di Mall Pelayanan Publik Magetan di Pasar Baru Magetan. Ini sama sekali kali pertama akan mencoba pelayanan kependudukan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Magetan.

Ok. Hari kamis, saya mengambil nomor antrean online dan memilih Mall Pelayanan Publik Magetan, dan setelah itu saya menerima email notifikasi seperti berikut:



Saya diminta untuk mengirim berkas permohonan pada Jumat 5 Maret 2021 jam 07.31 sesuai dengan informasi yang saya dapat melalui nomor Whatsapp PAKTUWA. 

Mungkin ada yang belum familiar dengan istilah PAKTUWA ? PAKTUWA adalah Pelayanan Administrasi Kependudukan Tutul WhatsApp. Digunakan sebagai sarana pelayanan administrasi oleh DispendukCapil Magetan pada masa Pandemi ini untuk mengurangi penyebaran Covid-19 dan masyarakat bisa melakukan pengurusan melalui WhatsApp.

Pada hari Jumat 5 Maret 2021 saya mengirimkan berkas permohonan penggantian KTP Rusak melalui whatsapp yang tercantum di email. Adapun berkas yang dikirim adalah Photo Selfie memegang KTP, Photo KTP asli, dan Kartu Keluarga. Dengan mencantumkan keperluan pengurusannya.

Beberapa saat, masih di hari yang sama saya mendapatkan notifikasi kembali melalui WhatsApp untuk pengambilan KTP baru yang sudah dicetak ulang yaitu pada Selasa 9 Maret 2021 dan bisa diambil pada lokasi pelayanan Mall Pelayanan Publik Magetan dari jam 08.00-16.00. Dengan membawa dokumen KTP asli, KK asli dan salinannya atau yang sudah di photo copy 1 lembar.

Di hari Selasa 9 Maret 2021 atau hari ini, saya mengambil KTP saya yang baru di Mall Pelayanan Publik Magetan jam 08.00. Dengan mengikuti prokes yang berlaku, karena kali pertama juga berkunjung kesini, saya diarahkan oleh security kemudian juga dibantu oleh petugas yang bertugas mengambil antrean loket, hingga diarahkan ke loket 24 pelayanan dispendukcapil Magetan.

Suasananya tidak begitu padat, mungkin karena masih pagi dan ada pembatasan pelayanan harian ya. Begitu datang pun saya mendapat antrean T5, menunggu 5 orang sampai dengan dilayani. Pada saat kedatangan di pelayanan dispendukcapil yang on duty di meja pelayanan 2 orang, 1 di perekaman data, 1 administrasi.

Nah, mudah sekali bukan untuk pelayanan Dispendukcapil Magetan saat pandemi ini? Untuk pelayanan administrasi kependudukan sekarang bisa dilakukan melalui layanan WhatsApp dan prosesnya tidak lama.

Semoga informasi diatas bermanfaat untuk yang sedang mencari informasi cara mencetak ulang KTP rusak di Mall Pelayanan Publik (MPP) Magetan. Silahkan share informasi ini, dan jika panjenengan juga punya pengalaman yang sama bisa dishare di kolom komentar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Ticket KA Melalui Indomaret

Sejak kemunculan layanan online, PT. KAI terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat terutama pengguna setia jasa kereta api di Indonesia. Salah satunya dengan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre 121 yang bisa dihubungi selama 24 jam penuh. Reservasi ticket melalui contact centre ini memang sudah lama diperkenalkan dan dirilis oleh PT. KAI. Sekarang calon penumpang dengan mudah bisa mendapatkan ticket kereta api tanpa antri hanya dengan menghubungi 121. Setelah calon penumpang melakukan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre kereta api 121. Calon penumpang akan mendapatkan kode booking, kode pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan. Calon penumpang bisa melakukan pembayaran melalui atm atau transfer bank yang ditunjuk. Saat ini sudah hampir semua pembayaran dari bank mana saja bisa dilakukan. Kalau pas lagi gak ada saldo di atm, atau di rekening kita, sekarang ada cara baru lho melakukan pembayaran ticket online kereta api. Yaitu dengan d

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.