Langsung ke konten utama

Menjaga Baju Favorit Agar Tidak Mudah Rusak


Sedih ketika pakaian favorit yang sering dipakai menjadi rusak dan kusam. Agar hal tersebut tak terjadi sebaiknya cucilah dengan baik seperti beberapa tips di bawah ini:

1. Jangan Terlalu Sering Dicuci

Terlalu sering mencuci pakaian dengan maksud menjaga kebersihan justru akan merusak serat pakaian dan melunturkan warna asli pakaian. Jika pakaian yang telah dikenakan belum terlalu kotor atau bau, sebaiknya tidak perlu dicuci, terutama jeans atau pakaian berbahan tebal lainnya. Untuk membunuh kuman, jemurlah sekitar 2-3 jam di bawah sinar matahari.

2. Pisahkan Pakaian

Sebelum mencuci, pastikan Anda memisahkan dahulu pakaian kotor sesuai dengan warnanya karena beberapa pakaian dapat luntur (terutama warna gelap). Cara terbaik untuk mencuci pakaian adalah mendahulan yang berwarna putih, lalu pakaian berwarna terang yang sejenis, dan terakhir barulah cuci pakaian berwarna gelap. Di samping itu, jangan lupa memperhatikan tingkat kelembutan pakaian sebelum Anda mencucinya.

3. Gunakan Air Dingin

Mencuci pakaian dengan air dingin adalah pilihan yang baik karena tidak merusak kain secepat air panas. Selain itu, dengan menggunakan air dingin untuk mencuci pakaian maka Anda juga menghemat energi.

4. Pemutih Ramah Lingkungan

Pemutih pakaian tidak hanya beracun bagi manusia, namun juga berbahaya bagi lingkungan dan membuat ketebalan kain cepat menipis. Sebagai penggantinya, cobalah merendam pakaian dalam air panas yang dicampur dengan baking soda.

5. Hindari Kerusakan Saat Mencuci

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat mencuci pakaian menggunakan mesin cuci. Pastikan menutup rapat retsleting celana atau jaket agar tidak rusak saat mesin beroperasi. Jika Anda mencuci bra yang diletakkan dalam kantung jala, jangan lupa untuk mengaitkannya terlebih dahulu agar tidak menyangkut di pakaian lain.

6. Merawat Pakaian Berbahan Lembut

Ada beberapa jenis pakaian yang sangat lembut sehingga tidak boleh dicuci menggunakan mesin cuci, salah satunya pakaian dalam yang harus dicuci menggunakan tangan. Namun jika terpaksa harus mencucinya menggunakan mesin cuci, masukkan dalam kantung jala ataupun stocking yang sudah tidak terpakai untuk memisahkan dari pakaian lainnya.

7. Sebisa Mungkin Keringkan Secara Alami

Panas yang dihasilkan pengering pakaian dapat merusak pakaian jika Anda menggunakannya pada pakaian yang masih basah. Maka dari itu sebisa mungkin keringkanlah pakaian secara alami dengan menjemurnya di bawah sinar matahari.

8. Gantung Pakaian Seperlunya

Pastikan Anda menggantung pakaian yang seharusnya digantung dan melipat pakaian yang seharusnya dilipat. Menggantung semua pakaian hanya akan membuat pakaian Anda menjadi cacat dan kusut serta membuat lemari Anda terlihat sempit.

9. Simpan Pakaian Dengan Baik

Saat berganti musim dan ingin menyimpan pakaian lama Anda, gunakanlah kotak penyimpanan yang melindungi pakaian dari ngengat, debu, kotoran, dan hal lainnya yang dapat merusak pakaian Anda. Letakkan kotak penyimpanan di tempat yang sejuk untuk menghindari jamur dan perubahan warna. Anda juga bisa menambahkan pengharum pakaian agar pakaian tetap berbau sedap selama disimpan di dalam kotak.

10. Gunakan Pakaian Sesuai Fungsi

Sesuaikan pakaian dengan kegiatan yang akan Anda lakukan untuk menghindarinya dari kerusakan. Kenakan pakaian formal dan rapi untuk bekerja atau pergi dengan teman-teman. Sedangkan saat akan melakukan aktivitas luar ruangan yang aktif, kenakanlah pakaian yang tidak Anda pedulikan jika menjadi kotor atau robek.

11. Perbaiki Secepatnya

Jangan menunggu terlalu lama sampai akhirnya kerusakan yang ada di pakaian membuatnya tidak bisa digunakan lagi. Perbaiki secepatnya jika ada kerusakan kecil pada pakaian Anda seperti kancing yang hilang, robekan kecil, ataupun ritsleting yang rusak.

12. Hati-hati dengan Benda di Sekeliling

Berhati-hatilah pada kuku tajam, sudut meja, ataupun permukaan kasar yang dapat merusak pakaian Anda. Selain itu, unsur kimia seperti parfum, hairspray, deodorant, ataupun keringat juga dapat menyebabkan perubahan warna pakaian.

13. Periksa Petunjuk Perawatan

Peraturan dasar untuk membuat pakaian lebih tahan lama adalah memeriksa petunjuk perawatan sebelum mencucinya. Bahan kain yang berbeda-beda memiliki kebutuhan masing-masing dalam perawatannya maka itu pastikanlah membaca terlebih dahulu label petunjuk perawatan yang umumnya ada di semua pakaian.

14.  Gunakan Pewangi dan Pelembut

Menggunakan pelembut dapat membantu pakaian menjadi lebih awet. Gunakan pelembut pakaian terbaik seperti produk dari royale soklin yang memiliki wangi tahan lama. Pewangi ini memiliki aroma khas parfum mewah yang segar sehingga kamu akan semakin percaya diri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Ticket KA Melalui Indomaret

Sejak kemunculan layanan online, PT. KAI terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat terutama pengguna setia jasa kereta api di Indonesia. Salah satunya dengan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre 121 yang bisa dihubungi selama 24 jam penuh. Reservasi ticket melalui contact centre ini memang sudah lama diperkenalkan dan dirilis oleh PT. KAI. Sekarang calon penumpang dengan mudah bisa mendapatkan ticket kereta api tanpa antri hanya dengan menghubungi 121. Setelah calon penumpang melakukan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre kereta api 121. Calon penumpang akan mendapatkan kode booking, kode pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan. Calon penumpang bisa melakukan pembayaran melalui atm atau transfer bank yang ditunjuk. Saat ini sudah hampir semua pembayaran dari bank mana saja bisa dilakukan. Kalau pas lagi gak ada saldo di atm, atau di rekening kita, sekarang ada cara baru lho melakukan pembayaran ticket online kereta api. Yaitu dengan d

IDTicket Pusat Reservasi Ticket Online Dengan Harga Termurah

Mau liburan bingung belum dapat ticket? Mau bepergian tetapi sibuk dengan pekerjaan yang sedang dihadapi? Semua tidak akan terjadi jika anda mempercayakan semua ini kepada IDTicket. IDTicket berdiri sebagai sebuah pusat pelayanan pemesanan ticket pesawat dan kereta api di Indonesia. IDTicket bekerjasama dengan beberapa maskapai penerbangan dan juga PT. KAI. Sebagai salah satu pusat pelayanan pemesanan ticket online, IDTicket hingga saat ini terus memberikan pelayanan terbaik dalam menyediakan ticket sesuai dengan pesanan pelanggan. Mulai dari ticket pesawat ataupun kereta bisa dipesan jauh – jauh hari dari tanggal keberangkatan. Untuk melakukan pemesanan ticket di IDTicket, pelanggan bisa menghubungi layanan customer service yang akan selalu stand by selama 24 jam penuh dalam melayani pemesanan ticket pesawat atau kereta secara online. Untuk layanan pemesanan ticket dilayani IDticket melalui beberapa channel, salah satunya adalah melalui twitter di @IDTicket , selain itu IDTicket juga