Langsung ke konten utama

Kumpulan Doa Harian Yang Bisa Diajarkan Kepada Anak

Menanamkan nilai – nilai agama kepada anak memang harus dipupuk sejak dini. Seperti yang diketahui bahwa masa kanak – kanak adalah masa keemasan. Masa dimana sedang berkembang pesatnya otak anak dan ingatannya juga sangatlah kuat. Karena itu tanamkan nilai – nilai yang baik pada anak sejak usia dini.



Jika sudah ditanamkan sedari dulu, maka nantinya anak akan tumbuh menjadi manusia yang memiliki moral dan sopan santun yang baik, seperti apa yang sudah dijelaskan di setiap ajaran agama. Untuk menanamkan nilai – nilai agama kepada anak, Ayah dan Ibu bisa memulainya dengan mengajarkan doa harian yang mudah dihafal oleh sang buah hati.

Berikut dibawah ini kumpulan doa harian yang bisa diajarkan kepada anak, diantaranya yaitu :

1.  . Doa Harian Untuk Kedua Orang Tua

Bacaan Latin :

“Allohummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumma kama rabbayaanii shagiiraa.”

Artinya :

“Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti menyayangiku diwaktu kecil.”

2.  . Doa Sebelum Tidur

Bacaan Latin :

“Bismika allahumma ahya wa bismika amut.”

Artinya :

“Dengan nama-Mu Ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati.”

3. . Doa Setelah Bangun Tidur

Bacaan Latin :

“Alhamdulillahi al-ladhi ahyana ba’da ma amatana wa ilaihi-nnushur.”

Artinya :

“Segala puji bagi Allah yang telah mengembalikan kehidupan, mematikan kami, dan hanya kepada-Nya kami kembali.”

4. Doa Sebelum Makan

Bacaan Latin :

“Allahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaa bannar.”

Artinya :

“Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”

5. Doa Setelah Makan

Bacaan Latin :

“Alhamdulillahilladzi ath-amanaa wa saqoonaa wa ja’alanaa minal muslimin.”

Artinya :

“Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk dari kaum muslimin.”

6. Doa Sebelum Belajar

Bacaan Latin :

“Rodlittu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan.”

Artinya :

“Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

7. Doa Masuk Rumah

Bacaan Latin :

“Bismillahi walajnaa wa bismillahi kharajnaa wa-alallaahi rabbina tawak-kalnaa.”

Artinya :

“Dengan nama Allah, kami masuk (ke rumah), dengan nama Allah, kami keluar (darinya) dan kepada Allah, kami berserah diri.”

8. Doa Masuk Kamar Mandi

Bacaan Latin :

“Allohumma innii a’uudzu bika minal khubutsi wal khobaaits.”

Artinya :

“Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari godaan setan laki – laki dan setan perempuan.”

9. Doa Keluar Kamar Mandi

Bacaan Latin :

“Ghufranaka Alhamdulillahil ladzii adzhaba ‘annil adzaa wa’aafaanii.”

Artinya :

“Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kotoranku dan membuatku sehat.”

10.   Doa Sebelum Naik Kendaraan

Bacaan Latin :

“Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa robbina lamunqalibuun.”

Artinya :

“Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. Padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali.”

Bagi Ayah dan Ibu, untuk mengajarkan anak – anak tentang bagaimana caranya menghafal doa – doa pendek harian diatas, ajaklah mereka secara perlahan – lahan untuk mengucapkan doa tersebut berulang kali secara lisan dengan intonasi yang jelas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Ticket KA Melalui Indomaret

Sejak kemunculan layanan online, PT. KAI terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat terutama pengguna setia jasa kereta api di Indonesia. Salah satunya dengan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre 121 yang bisa dihubungi selama 24 jam penuh. Reservasi ticket melalui contact centre ini memang sudah lama diperkenalkan dan dirilis oleh PT. KAI. Sekarang calon penumpang dengan mudah bisa mendapatkan ticket kereta api tanpa antri hanya dengan menghubungi 121. Setelah calon penumpang melakukan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre kereta api 121. Calon penumpang akan mendapatkan kode booking, kode pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan. Calon penumpang bisa melakukan pembayaran melalui atm atau transfer bank yang ditunjuk. Saat ini sudah hampir semua pembayaran dari bank mana saja bisa dilakukan. Kalau pas lagi gak ada saldo di atm, atau di rekening kita, sekarang ada cara baru lho melakukan pembayaran ticket online kereta api. Yaitu dengan d