Langsung ke konten utama

Mengenal Lebih Dekat Batu Bacan

Batu BacanAkhir-akhir ini masyarakat Indonesia sedang dilanda demam batu akik. Belum pede jika belum menggunakan batu akik di jari. Terasa beda, dan salah satu jenis batu akik yang diminati adalah jenis batu bacan. Jika berbicara batu akik, tentunya banyak ragam jenisnya. Seperti batu yang berasal dari Maluku ini memiliki keindahan tersendiri.

Batu akik jenis bacan banyak dicari dan digemari. Melihat asal usul nama ‘bacan’, namanya bukan berasal dari nama daerah penghasil batu bacan yaitu Pulau Kasiruta. Melainkan bahwa asal mula nama ‘Bacan’ sendiri diambil dari nama sebuah pulau tempat dimana diperdagangkannya batu akik tersebut. Jenis batu akik bacan ini mulai banyak diburu sejak tahun 1994. Namun baru populer di Indonesia sendiri pada tahun 2005.

Banyak orang yang bilang, batu akik bacan adalah batu gioknya Indonesia. Batu bacan banyak bisa ditemui dipasaran dengan berbagai jenis seperti doko dan palamea. Bedanya, bacan jenis doko ini memiliki warna hijau sedangkan palamea berwarna hijau muda sedikit kebiruan. Seperti halnya bacan sendiri, jenis doko dan palamea namanya juga berasal dari nama tempat, yaitu Desa Kasiruta Barat dan Desa Palamea.

Dilihat dari proses penambangan batu bacan tidaklah mudah. Sebab, untuk mendapatkan batu ini perlu penggalian tanah lebih dari 10 meter untuk mendapatkannya. Meski sangat identik dengan warna hijau, batu bacan juga memiliki jenis warna lainnya; warna coklat, merah, putih bening, merah, putih susu kuning tua.

Batu bacan juga dikenal sebagai “batu hidup” dimana dari waktu ke waktu, batu ini akan menjadi bersih atau bening dan mengkristal. Karena kepopulerannya disamping batu bacan ini bisa dikatakan sebagai batu akik termahal di dunia lainnya, batu bacan dibandrol dengan harga yang sangat bervariasi sesuai dengan bentuknya. Untuk batu akik Bacan termahal bisa mencapai ratusan juta rupiah. Ini karena batu bacan memang sangat populer dan kian digemari oleh para pecinta batu akik.

Anda juga harus jeli membedakan mana batu bacan yang asli, mana yang palsu. Jika anda sudah mengenali, tentu akan mudah membedakan yang asli dan yang palsu.

Perbedaan batu bacan yang asli dan yang palsu:

  • Batu bacan yang asli akan memiliki serat pada bagian dalamnya, tidak seperti batu imitasi yang akan tampak lebih mulus.
  • Selain itu untuk warna, batu bacan yang asli juga memiliki warna yang jernih serta berat yang berbobot.
  • Walaupun ukurannya kecil, batu bacan ini akan terasa berbobot ketika dipegang.
  • Batu Bacan yang asli akan tampak menyala dan tembus pandang jika diterawang menggunakan lampu senter.

Nah, sudah jelas khan perbedaannya? Ingin memiliki koleksi batu bacan ? Banyak kok dijual secara online juga! Selamat berburu ya …

Batu Bacan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir

Pernah mengalami pada saat transaksi, saat genting-gentingnya, eh aplikasi perbankan kena blokir karena salah memasukkan PIN ? Ini saya seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu tengah malam saat mau melakukan pembayaran atas suatu invoice. Duh, rasanya pasti males banget kalau harus ngantri ke bank esok harinya kan? Nah, untung saja kejadian ini gak perlu saya harus ngantre ke bank hanya gara-gara reset PIN atas PIN yang terblokir pada malam hari saat kejadian tersebut.  Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari informasi yang saya dapat melalui layar smartphone saya. Kebetulan pada saat kejadian, ada notif yang disarankan oleh aplikasi perbankan dari Bank Permata yang saya gunakan yaitu PermataMobile X untuk menghubungi PermataTel di nomor 1500111. Langsung seketika itu juga saya menghubungi layanan PermataTel di 1500111. Beberapa hal atau step-step Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir Menghubungi PermataTel di nomor 1500111 Setelah tersambung, pilih layanan perban

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.