Langsung ke konten utama

Mengenal Lebih Dekat Batu Bacan

Batu BacanAkhir-akhir ini masyarakat Indonesia sedang dilanda demam batu akik. Belum pede jika belum menggunakan batu akik di jari. Terasa beda, dan salah satu jenis batu akik yang diminati adalah jenis batu bacan. Jika berbicara batu akik, tentunya banyak ragam jenisnya. Seperti batu yang berasal dari Maluku ini memiliki keindahan tersendiri.

Batu akik jenis bacan banyak dicari dan digemari. Melihat asal usul nama ‘bacan’, namanya bukan berasal dari nama daerah penghasil batu bacan yaitu Pulau Kasiruta. Melainkan bahwa asal mula nama ‘Bacan’ sendiri diambil dari nama sebuah pulau tempat dimana diperdagangkannya batu akik tersebut. Jenis batu akik bacan ini mulai banyak diburu sejak tahun 1994. Namun baru populer di Indonesia sendiri pada tahun 2005.

Banyak orang yang bilang, batu akik bacan adalah batu gioknya Indonesia. Batu bacan banyak bisa ditemui dipasaran dengan berbagai jenis seperti doko dan palamea. Bedanya, bacan jenis doko ini memiliki warna hijau sedangkan palamea berwarna hijau muda sedikit kebiruan. Seperti halnya bacan sendiri, jenis doko dan palamea namanya juga berasal dari nama tempat, yaitu Desa Kasiruta Barat dan Desa Palamea.

Dilihat dari proses penambangan batu bacan tidaklah mudah. Sebab, untuk mendapatkan batu ini perlu penggalian tanah lebih dari 10 meter untuk mendapatkannya. Meski sangat identik dengan warna hijau, batu bacan juga memiliki jenis warna lainnya; warna coklat, merah, putih bening, merah, putih susu kuning tua.

Batu bacan juga dikenal sebagai “batu hidup” dimana dari waktu ke waktu, batu ini akan menjadi bersih atau bening dan mengkristal. Karena kepopulerannya disamping batu bacan ini bisa dikatakan sebagai batu akik termahal di dunia lainnya, batu bacan dibandrol dengan harga yang sangat bervariasi sesuai dengan bentuknya. Untuk batu akik Bacan termahal bisa mencapai ratusan juta rupiah. Ini karena batu bacan memang sangat populer dan kian digemari oleh para pecinta batu akik.

Anda juga harus jeli membedakan mana batu bacan yang asli, mana yang palsu. Jika anda sudah mengenali, tentu akan mudah membedakan yang asli dan yang palsu.

Perbedaan batu bacan yang asli dan yang palsu:

  • Batu bacan yang asli akan memiliki serat pada bagian dalamnya, tidak seperti batu imitasi yang akan tampak lebih mulus.
  • Selain itu untuk warna, batu bacan yang asli juga memiliki warna yang jernih serta berat yang berbobot.
  • Walaupun ukurannya kecil, batu bacan ini akan terasa berbobot ketika dipegang.
  • Batu Bacan yang asli akan tampak menyala dan tembus pandang jika diterawang menggunakan lampu senter.

Nah, sudah jelas khan perbedaannya? Ingin memiliki koleksi batu bacan ? Banyak kok dijual secara online juga! Selamat berburu ya …

Batu Bacan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Ticket KA Melalui Indomaret

Sejak kemunculan layanan online, PT. KAI terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat terutama pengguna setia jasa kereta api di Indonesia. Salah satunya dengan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre 121 yang bisa dihubungi selama 24 jam penuh. Reservasi ticket melalui contact centre ini memang sudah lama diperkenalkan dan dirilis oleh PT. KAI. Sekarang calon penumpang dengan mudah bisa mendapatkan ticket kereta api tanpa antri hanya dengan menghubungi 121. Setelah calon penumpang melakukan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre kereta api 121. Calon penumpang akan mendapatkan kode booking, kode pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan. Calon penumpang bisa melakukan pembayaran melalui atm atau transfer bank yang ditunjuk. Saat ini sudah hampir semua pembayaran dari bank mana saja bisa dilakukan. Kalau pas lagi gak ada saldo di atm, atau di rekening kita, sekarang ada cara baru lho melakukan pembayaran ticket online kereta api. Yaitu dengan d

IDTicket Pusat Reservasi Ticket Online Dengan Harga Termurah

Mau liburan bingung belum dapat ticket? Mau bepergian tetapi sibuk dengan pekerjaan yang sedang dihadapi? Semua tidak akan terjadi jika anda mempercayakan semua ini kepada IDTicket. IDTicket berdiri sebagai sebuah pusat pelayanan pemesanan ticket pesawat dan kereta api di Indonesia. IDTicket bekerjasama dengan beberapa maskapai penerbangan dan juga PT. KAI. Sebagai salah satu pusat pelayanan pemesanan ticket online, IDTicket hingga saat ini terus memberikan pelayanan terbaik dalam menyediakan ticket sesuai dengan pesanan pelanggan. Mulai dari ticket pesawat ataupun kereta bisa dipesan jauh – jauh hari dari tanggal keberangkatan. Untuk melakukan pemesanan ticket di IDTicket, pelanggan bisa menghubungi layanan customer service yang akan selalu stand by selama 24 jam penuh dalam melayani pemesanan ticket pesawat atau kereta secara online. Untuk layanan pemesanan ticket dilayani IDticket melalui beberapa channel, salah satunya adalah melalui twitter di @IDTicket , selain itu IDTicket juga