Langsung ke konten utama

Songket Dari Generasi Ke Generasi

kemeja songketSiapa yang tidak kenal dengan kekayaan seni Indonesia yang satu ini. Bahkan keindahannya sudah diakui di dunia internasional. Kain songket adalah kekayaan seni yang harus dipertahankan dan terus dilestarikan.

Beberapa perancang ternama Indonesia terus menerus membawa kain songket ke dunia fashion internasional.  Salah satunya adalah Amy Atmanto yang telah memiliki butik di beberapa kota besar di Indonesia ini membawa hasil rancangannya yang menggunakan songket Aceh ke fashion show internasional di Italia dan Perancis. Sambutan para pemerhati fashion di sana begitu antusias.

Hasil rancangan Amy Atmanto juga  pernah digunakan oleh Miss Universe 2007 Riyo Mori dengan kain songket Padang. Tidak hanya itu, songket pun dibawa oleh aktris muda Indonesia, Cinta Laura, pada penghelatan Red Carpet Academy Award Oscar 2014. Ia mengenakan kemeja songket hasil rancangan Intan Avantie. Keren kan?

Songket itu sendiri adalah jenis kain tenunan tradisional Melayu, Indonesia (Minangkabau), Malaysia dan Brunei. Songket berasal dari kata sungkit yang berarti “mengait” atau “mencungkil”. Istilah ini diambil dari proses pembuatan songket dengan cara mengaitkan dan menyelipkan benang emas dan perak.

Jaman dulu, Kain songket digunakan pada setiap upacara keagamaan, perkawinan ataupun upacara adat lainnya dan tidak untuk dipakai sehari-hari. Sama halnya dengan tradisi dulu yang mengatakan kalau songket hanya boleh ditenun oleh gadis remaja tetapi seiring waktu berkembang kaum lelaki pun kini turut menenun songket. Hingga kini, songket sering juga digunakan untuk acara-acara informal. Bahkan sudah ada kemeja pria yang menggunakan kain songket.

Songket lain yang terkenal adalah songket dari Palembang. Songket mulai dikenakan oleh perempuan-perempuan kerajaan mulai dari kerajaan Sriwijaya sampai Kesultanan Palembang. Saat itu, songket pun menunjukkan status sosial seseorang. Jadi tidak sembarangan mengenakan kain songket. Semuanya memiliki makna, mulai dari warna, motif dan benang yang digunakan.

Salah satu songket yang terkenal adalah songket yang berasal dari Palembang. Songket Palembang memiliki beragam motif, seperti :

1. Songket Lepus

Songket ini memiliki ciri khas dengan motif benang emas yang hampir menutupi seluruh bagian kain. Motif songket ini adalah motif tertua dan termahal dari jenis songket lainnya. Benang emas yang digunakan pun tidak sembarangan, benang emas khusus dikirim dari China atau diambil dari kain tua yang umurnya sudah ratusan tahun.

2. Songket Tawur

Pada songket ini motif emas tidak menutupi seluruh kain tapi hanya bagian pinggirnya saja dan berkelompok-kelompok. Songket tawur ada yang model songket tawur lintang, songket tawus tampak manggis atau songket tawus nampan perak.

3. Songket Kombinasi

Songket ini merupakan kombinasi dari motif-motif songket lain.

Setiap motif songket memiliki makna yang berbeda-beda, seperti

  1. Motif bunga tanjung, melambangkan keramah-tamahan dan ucapan selamat datang
  2. Motif bunga melati, melambangkan kesucian, keanggunan, dan sopan satun. Biasanya digunakan oleh gadis-gadis dari kerajaan.
  3. Motif pucuk rebung, melambangkan harapan baik dalam setiap langkah hidup.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan "user ID Anda telah terhubung dengan device lain"
Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email.
Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama.
Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata:

1.Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X.Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah.Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”.Jawab “TIDAK” pada pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID Permata…

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Ticket KA Melalui Indomaret

Sejak kemunculan layanan online, PT. KAI terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat terutama pengguna setia jasa kereta api di Indonesia. Salah satunya dengan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre 121 yang bisa dihubungi selama 24 jam penuh. Reservasi ticket melalui contact centre ini memang sudah lama diperkenalkan dan dirilis oleh PT. KAI. Sekarang calon penumpang dengan mudah bisa mendapatkan ticket kereta api tanpa antri hanya dengan menghubungi 121.Setelah calon penumpang melakukan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre kereta api 121. Calon penumpang akan mendapatkan kode booking, kode pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan. Calon penumpang bisa melakukan pembayaran melalui atm atau transfer bank yang ditunjuk. Saat ini sudah hampir semua pembayaran dari bank mana saja bisa dilakukan.Kalau pas lagi gak ada saldo di atm, atau di rekening kita, sekarang ada cara baru lho melakukan pembayaran ticket online kereta api. Yaitu dengan da…

Bocoran Daihatsu Ayla Terbaru 2020

Sepekan terakhir kabar kehadiran Daihatsu Ayla Facelift makin santer saja. Kabar ini pun juga diikuti dengan kembarannya yaitu Toyota Agya. Dan dikabarkan Daihatsu Ayla Facelift Terbaru 2020 ini rencananya akan dijual mulai bulan Maret ini.
Sejak kehadirannya beberapa tahun silam, Daihatsu Ayla sudah mengalami beberapa ubahan. Dan ubahan demi ubahan ada punya banyak perubahan diberbagai sektor.
Berikut beberapa photo-photo Daihatsu Ayla Terbaru 2020 yang terposting diakun @Indra_Fathan





Mulai dari fender depan, samping, dan belakang ada sedikit ubahan yang terlihat dari sisi eksterior. Velg yang digunakan pun mengikuti Sigra maupun Calya terbaru dengan dual tone yang terlihat makin tajam.
Apakah mesin yang digunakan masih menggunakan 1.000 cc dan 1.200 cc? Kubikasi lengkap belum diumumkan secara resmi, tapi melihat dari spesifikasi di LCGC masih akan menggunakan kapasitas mesin yang di angka tersebut.
Kita tunggu saja update berikutnya.