Langsung ke konten utama

Melepas Lampion Terbang, Memanjatkan Pengharapan

Lampion TerbangBudaya nasional Indonesia dipengaruhi berbagai luar/asing, salah satunya budaya Cina. Dari sekian banyak budaya Cina yang mempengaruhi budaya Indonesia adalah tradisi pelepasan lampion terbang di acara-acara tertentu, salah satunya saat malam Imlek. Kebetulan perayaan Imlek di Indonesia tahun ini akan jatuh pada tanggal 8 Februari nanti.

Pasti ada makna tersendiri dalam setiap tradisi. Khusus untuk Imlek, memang selalu identik dengan pelepasan lampion terbang. Lampion terbang merupakan item budaya Cina yang menunjukkan pergantian tahun. Rasanya kurang meriah jika rumah-rumah warga Tionghoa, sudut-sudut jalan maupun kelentang tidak dihiasi dengan lampion di malam Imlek.

Menurut sejarahnya, tradisi pelepasan lampion terbang sendiri telah dimulai sejak abad ke-3 masehi di era dinasti Han. Lampion yang dipasang warga Tionghoa akan memancarkan cahaya merah dan memiliki makna tersendiri. Cahaya merah pada lampion terbang di malam Imlek menunjukkan sebuah pengharapan agar tahun yang akan datang dipenuhi dengan rezeki, keberuntungan dan juga kebahagiaan. Makna lain dari pemasangan lampion pada saat imlek adalah sebagai pengusir berbagai ancaman kejahatan yang mungkin datang.

Lampion terbang dan prajurit bernama Khung Min

Filosofi melepas lampion terbang harapan juga berasal dari sebuah kisah di zaman dulu. Kala itu ada sekelompok prajurit yang terjebak dalam situasi perang yang sulit. Mereka tidak bisa lagi menyelamatkan diri dari kepungan musuh. Lalu, salah seorang prajurit bernama Khung Min mempunyai ide menciptakan lentera terbang

Khung Min melepaskan lampion terbang dan memohon pertolongan Tuhan. Ternyata lampion terbang ini dilihat kelompok tentara lainnya. Mereka segera datang untuk membantu dan akhirnya berhasil selamat dari peperangan itu. Oleh karena itu, sampai sekarang ini orang Tionghoa percaya kalau bersungguh-sungguh berdoa kepada Tuhan, maka Tuhan akan membantunya.

Lampion Khong Beng

Dalam kisah lainnya, lampion terbang juga dikenal dengan nama Lampion Khong Beng. Khong Beng adalah tokoh sejarah ahli strategi perang terkenal pada zaman Sam Kok. Khong Beng dikenal juga dengan nama Zhuge Liang yang merupakan ahli strategi perang yang berkubu dengan Liu Bei dalam Kisah Perang Tiga Negara.

Khong Beng memakai lampion terbang untuk mengirimkan pesan tertulis kepada bala tentaranya ketika Ia terkepung dalam peperangan. Versi lain mengatakan nama Khong Beng dipakai sebagai nama lampion bukan karena strategi militernya, tapi karena bentuk lampion yang mirip dengan topi yang biasa dipakai Khong Beng.

Kini, ada banyak ragam lampion terbang dengan berbagai bentuk dan desainnya. Warga Tionghoa ada juga yang membuat lampion sendiri. Mereka lalu menuliskan harapan mereka dalam lampion itu dan melepaskannya saat malam Imlek. Tradisi ini kini menjadi daya tarik sendiri yang menarik minat wisatawan mancanegara maupun domestik. (*)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir

Pernah mengalami pada saat transaksi, saat genting-gentingnya, eh aplikasi perbankan kena blokir karena salah memasukkan PIN ? Ini saya seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu tengah malam saat mau melakukan pembayaran atas suatu invoice. Duh, rasanya pasti males banget kalau harus ngantri ke bank esok harinya kan? Nah, untung saja kejadian ini gak perlu saya harus ngantre ke bank hanya gara-gara reset PIN atas PIN yang terblokir pada malam hari saat kejadian tersebut.  Lalu apa yang saya lakukan? Saya mencari informasi yang saya dapat melalui layar smartphone saya. Kebetulan pada saat kejadian, ada notif yang disarankan oleh aplikasi perbankan dari Bank Permata yang saya gunakan yaitu PermataMobile X untuk menghubungi PermataTel di nomor 1500111. Langsung seketika itu juga saya menghubungi layanan PermataTel di 1500111. Beberapa hal atau step-step Cara Mengatasi PIN PermataMobile X yang Terblokir Menghubungi PermataTel di nomor 1500111 Setelah tersambung, pilih layanan perban

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK

5 Cara Merawat Jam Tangan Alexandre Christie

Jam tangan Alexander Christie tidak pernah berhenti berinovasi dengan model-model terbarunya. Ia tetap berada di puncak karena terus mengikuti tren fashion bahkan menjadi salah satu trend setter jam tangan dunia. Jam tangan Alexander Christie tidak sekedar produk jam biasa tapi juga symbol elegan dan maha karya seni bagi penggunanya Sejak kemunculannya lebih dari 50 puluh tahun lalu,  Alexander Christie tetap konsisten dalam setiap produknya. Para pencipta di balik produk jam ini menjamin kualitas tanpa kompromi dan menjunjung tinggi kesempurnaan pada setiap desain jam tangan yang dihasilkan. Semua jam menggunakan stainless steel kualitas tertinggi dan harus melewati pengujian yang teliti untuk melihat daya tahan jika digunakan setiap hari.