Langsung ke konten utama

Melepas Lampion Terbang, Memanjatkan Pengharapan

Lampion TerbangBudaya nasional Indonesia dipengaruhi berbagai luar/asing, salah satunya budaya Cina. Dari sekian banyak budaya Cina yang mempengaruhi budaya Indonesia adalah tradisi pelepasan lampion terbang di acara-acara tertentu, salah satunya saat malam Imlek. Kebetulan perayaan Imlek di Indonesia tahun ini akan jatuh pada tanggal 8 Februari nanti.

Pasti ada makna tersendiri dalam setiap tradisi. Khusus untuk Imlek, memang selalu identik dengan pelepasan lampion terbang. Lampion terbang merupakan item budaya Cina yang menunjukkan pergantian tahun. Rasanya kurang meriah jika rumah-rumah warga Tionghoa, sudut-sudut jalan maupun kelentang tidak dihiasi dengan lampion di malam Imlek.

Menurut sejarahnya, tradisi pelepasan lampion terbang sendiri telah dimulai sejak abad ke-3 masehi di era dinasti Han. Lampion yang dipasang warga Tionghoa akan memancarkan cahaya merah dan memiliki makna tersendiri. Cahaya merah pada lampion terbang di malam Imlek menunjukkan sebuah pengharapan agar tahun yang akan datang dipenuhi dengan rezeki, keberuntungan dan juga kebahagiaan. Makna lain dari pemasangan lampion pada saat imlek adalah sebagai pengusir berbagai ancaman kejahatan yang mungkin datang.

Lampion terbang dan prajurit bernama Khung Min

Filosofi melepas lampion terbang harapan juga berasal dari sebuah kisah di zaman dulu. Kala itu ada sekelompok prajurit yang terjebak dalam situasi perang yang sulit. Mereka tidak bisa lagi menyelamatkan diri dari kepungan musuh. Lalu, salah seorang prajurit bernama Khung Min mempunyai ide menciptakan lentera terbang

Khung Min melepaskan lampion terbang dan memohon pertolongan Tuhan. Ternyata lampion terbang ini dilihat kelompok tentara lainnya. Mereka segera datang untuk membantu dan akhirnya berhasil selamat dari peperangan itu. Oleh karena itu, sampai sekarang ini orang Tionghoa percaya kalau bersungguh-sungguh berdoa kepada Tuhan, maka Tuhan akan membantunya.

Lampion Khong Beng

Dalam kisah lainnya, lampion terbang juga dikenal dengan nama Lampion Khong Beng. Khong Beng adalah tokoh sejarah ahli strategi perang terkenal pada zaman Sam Kok. Khong Beng dikenal juga dengan nama Zhuge Liang yang merupakan ahli strategi perang yang berkubu dengan Liu Bei dalam Kisah Perang Tiga Negara.

Khong Beng memakai lampion terbang untuk mengirimkan pesan tertulis kepada bala tentaranya ketika Ia terkepung dalam peperangan. Versi lain mengatakan nama Khong Beng dipakai sebagai nama lampion bukan karena strategi militernya, tapi karena bentuk lampion yang mirip dengan topi yang biasa dipakai Khong Beng.

Kini, ada banyak ragam lampion terbang dengan berbagai bentuk dan desainnya. Warga Tionghoa ada juga yang membuat lampion sendiri. Mereka lalu menuliskan harapan mereka dalam lampion itu dan melepaskannya saat malam Imlek. Tradisi ini kini menjadi daya tarik sendiri yang menarik minat wisatawan mancanegara maupun domestik. (*)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Ticket KA Melalui Indomaret

Sejak kemunculan layanan online, PT. KAI terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat terutama pengguna setia jasa kereta api di Indonesia. Salah satunya dengan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre 121 yang bisa dihubungi selama 24 jam penuh. Reservasi ticket melalui contact centre ini memang sudah lama diperkenalkan dan dirilis oleh PT. KAI. Sekarang calon penumpang dengan mudah bisa mendapatkan ticket kereta api tanpa antri hanya dengan menghubungi 121.Setelah calon penumpang melakukan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre kereta api 121. Calon penumpang akan mendapatkan kode booking, kode pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan. Calon penumpang bisa melakukan pembayaran melalui atm atau transfer bank yang ditunjuk. Saat ini sudah hampir semua pembayaran dari bank mana saja bisa dilakukan.Kalau pas lagi gak ada saldo di atm, atau di rekening kita, sekarang ada cara baru lho melakukan pembayaran ticket online kereta api. Yaitu dengan da…

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan "user ID Anda telah terhubung dengan device lain"
Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email.
Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama.
Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata:

1.Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X.Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah.Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”.Jawab “TIDAK” pada pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID Permata…

Bocoran Daihatsu Ayla Terbaru 2020

Sepekan terakhir kabar kehadiran Daihatsu Ayla Facelift makin santer saja. Kabar ini pun juga diikuti dengan kembarannya yaitu Toyota Agya. Dan dikabarkan Daihatsu Ayla Facelift Terbaru 2020 ini rencananya akan dijual mulai bulan Maret ini.
Sejak kehadirannya beberapa tahun silam, Daihatsu Ayla sudah mengalami beberapa ubahan. Dan ubahan demi ubahan ada punya banyak perubahan diberbagai sektor.
Berikut beberapa photo-photo Daihatsu Ayla Terbaru 2020 yang terposting diakun @Indra_Fathan





Mulai dari fender depan, samping, dan belakang ada sedikit ubahan yang terlihat dari sisi eksterior. Velg yang digunakan pun mengikuti Sigra maupun Calya terbaru dengan dual tone yang terlihat makin tajam.
Apakah mesin yang digunakan masih menggunakan 1.000 cc dan 1.200 cc? Kubikasi lengkap belum diumumkan secara resmi, tapi melihat dari spesifikasi di LCGC masih akan menggunakan kapasitas mesin yang di angka tersebut.
Kita tunggu saja update berikutnya.