Langsung ke konten utama

Tips Mengatur Keuangan untuk Pengantin Baru

Namanya pengantin baru, pasti sedang hangat-hangatnya. Sehabis menggelar resepsi pernikahan, pengantin baru biasanya menggelar acara bulan madu. Tak hanya bulan madu, pengantin baru ‘pun mesti membeli berbagai furnitur rumah sekaligus dekorasinya. Tentu, semua itu membutuhkan budget yang sangat banyak. Sayangnya, karena terlalu ‘bahagia’, pengantin baru sering lupa satu hal yaitu pengaturan keuangan. Jika keduanya kompak sejak pacaran, maka mengatur keuangan bisa saja dilakukan dengan mudah, namun jika tidak kompak bagaimana? Nah untuk membantu setiap pengantin baru, berikut ini kami akan membahas beberapa tips mengatur keuangan untuk pengantin baru.

  • Diskusikan Secepat Mungkin

Mendiskusikan tentang pengaturan keuangan idealnya dilakukan sebelum pernikahan. Namun jika belum dilakukan, maka sangat penting bagimu untuk segera mendiskusikannya bersama pasangan secepat mungkin.  Kamu harus mulai menghitung pendapatan dan pengeluaran, baik dari dirimu sendiri maupun pasanganmu. Mengenai pendapatan, jika istri tidak bekerja, maka suami mesti blak-blakan memberitahukan mengenai total pendapatan selama sebulan. Tak hanya itu, pengantin baru juga mesti mendiskusikan secara rasional mengenai target keuangan yang ingin dicapai. Pastikan setiap orang memiliki pemahaman yang baik mengenai pasanganya dari sisi finansial. Jika tidak ada kesepahaman, maka bersiap-siaplah karam dengan sangat cepat.

  • Tentukan Target

Setelah kamu dan pasangan mengetahui dan menentukan status finansial, maka langkah selanjutnya yaitu mendiskusikan target finansial jangka panjang secara mendalam. Contohnya, apakah kamu punya rencana tertentu setelah pensiun? Atau apakah kamu punya rencana untuk membangun bisnis keluarga?  Setelah mengetahui targetnya, tentu pengantin baru akan bahu membahu berhemat untuk kepentingan jangka panjang. Pastikan kamu bersama pasangan menuliskan seluruh target dan mengulasnya secara periodik di hari kemudian. Dengan menentukan target, maka akan muncul motivasi sehingga pengantin baru menjadi lebih semangat dalam menjalani hari-hari.

  • Bicarakan Mengenai Rekening Bank

Terdapat dua opsi yang bisa dipilih oleh pengantin baru terkait rekening bank yaitu membuka rekening bank bersama atau tetap menggunakan rekening pribadi. Masing-masing opsi memiliki kelebihan dan kekurangan, namun kamu bisa menggunakan keduanya. Jadi selain rekening bank bersama, pengantin baru ‘pun menggunakan rekening pribadi. Mengkombinasikan beberapa rekening bank dapat mempermudah keuangan dan juga dapat menjaga kepercayaan dalam pernikahan. Namun ada baiknya sang istri memegang lebih sari satu rekening bank, khususnya yang berkaitan dengan kebutuhan-kebutuhan yang lebih spesifik misalnya seperti rekening tabungan pendidikan anak, rekening tabungan belanja, rekening tabungan pensiun, dan lainnya. Dengan memisahkan beberapa rekening bank dapat menghindari yang namanya over-spending dan dapat membantu lebih fokus.

  • Dana Darurat

Selain mempersiapkan berbagai dana kebutuhan keluarga, pengantin baru juga mesti mempersiapkan dana darurat. Dana darurat ini merupakan dana yang digunakan untuk kepentingan-kepentingan darurat misalnya seperti kehilangan pekerjaan, anak sakit, kecelakaan, rumah rusak karena bencana alam, dan lain-lain. Kebanyakan pengantin menggunakan asuransi untuk dana darurat ini. Namun jika kamu lebih suka mengelolanya sendiri, maka kamu bisa menyimpan beberapa presentase pendapatan kedalam dana darurat.

  • Hemat Dari Awal

Pengantin baru tentunya ingin menikmati momen-momen pernikahan hingga level maksimal. Namun pengantin baru sebaiknya jangan terlalu terlena dan mulailah berhemat dari awal pernikahan. Salah satu cara menghemat budget yaitu dengan shopping saat harbolnas. Harbolnas Blibli merupakan momen dimana produk-produk Blibli ditawarkan dengan harga yang sangat murah. Dengan memanfaatkan promo diskon harbolnas Blibli ini, kamu bisa menghemat banyak sekali uang di awal pernikahan. Jika di awal saja sudah bagus kondisi finansialnya, maka kedepannya ‘pun pasti lebih bagus.

  • Tentukan Budget Belanja Bulanan

Setelah berkeluarga, pengantin baru tentunya mesti memikirkan banyak sekali pengeluaran bulanan. Beberapa diantaranya yaitu berkenaan dengan kebutuhan dapur. Tak hanya itu, pengantin baru juga mesti menentukan budget lainnya seperti tagihan Wi-Fi, tagihan listrik, tagihan air, dan lain-lain. Beberapa pengantin baru bahkan menentukan budget belanja lebih pendek lagi yaitu mingguan.

Nah itulah beberapa tips mengatur keuangan untuk pengantin baru. Jangan pernah menganggap sepele pernikahan, apalagi untuk urusan keuangan. Jadi usahakan tetap keep dengan rencana keuangan yang tepat ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama

Ini adalah pengalaman saya dengan PermataMobile X. Suatu hari saya ingin login PermataMobile X di handphone yang berbeda, saya mengalami kendala muncul pesan " user ID Anda telah terhubung dengan device lain" Dari beberapa cara yang pernah ditemukan di google ternyata tidak bisa digunakan. Namun akhirnya saya menghubungi langsung Permata Bank melalui layanan Permata Care melalui email. Setelah email dikirimkan, beberapa jam kemudian ada balasan tentang Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama. Berikut Cara Unlink Device User ID PermataMobile X Dari Handphone Lama yang diberikan oleh salah satu Staf Permata: 1.         Lakukan re-install aplikasi PermataMobile X (uninstall dulu, kemudian install kembali). 2.         Setelah re-install, lakukan registrasi ulang, sebagai berikut: Buka aplikasi PermataMobile X. Klik tombol “Mulai” pada bagian bawah. Jawab “YA” pada pertanyaan “Apakah kamu punya Rekening PermataBank?”. Jawab “TIDAK

Cara Mudah Melakukan Pembayaran Ticket KA Melalui Indomaret

Sejak kemunculan layanan online, PT. KAI terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat terutama pengguna setia jasa kereta api di Indonesia. Salah satunya dengan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre 121 yang bisa dihubungi selama 24 jam penuh. Reservasi ticket melalui contact centre ini memang sudah lama diperkenalkan dan dirilis oleh PT. KAI. Sekarang calon penumpang dengan mudah bisa mendapatkan ticket kereta api tanpa antri hanya dengan menghubungi 121. Setelah calon penumpang melakukan pemesanan ticket kereta api melalui contact centre kereta api 121. Calon penumpang akan mendapatkan kode booking, kode pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan. Calon penumpang bisa melakukan pembayaran melalui atm atau transfer bank yang ditunjuk. Saat ini sudah hampir semua pembayaran dari bank mana saja bisa dilakukan. Kalau pas lagi gak ada saldo di atm, atau di rekening kita, sekarang ada cara baru lho melakukan pembayaran ticket online kereta api. Yaitu dengan d

IDTicket Pusat Reservasi Ticket Online Dengan Harga Termurah

Mau liburan bingung belum dapat ticket? Mau bepergian tetapi sibuk dengan pekerjaan yang sedang dihadapi? Semua tidak akan terjadi jika anda mempercayakan semua ini kepada IDTicket. IDTicket berdiri sebagai sebuah pusat pelayanan pemesanan ticket pesawat dan kereta api di Indonesia. IDTicket bekerjasama dengan beberapa maskapai penerbangan dan juga PT. KAI. Sebagai salah satu pusat pelayanan pemesanan ticket online, IDTicket hingga saat ini terus memberikan pelayanan terbaik dalam menyediakan ticket sesuai dengan pesanan pelanggan. Mulai dari ticket pesawat ataupun kereta bisa dipesan jauh – jauh hari dari tanggal keberangkatan. Untuk melakukan pemesanan ticket di IDTicket, pelanggan bisa menghubungi layanan customer service yang akan selalu stand by selama 24 jam penuh dalam melayani pemesanan ticket pesawat atau kereta secara online. Untuk layanan pemesanan ticket dilayani IDticket melalui beberapa channel, salah satunya adalah melalui twitter di @IDTicket , selain itu IDTicket juga